badge

18.5.17

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Supermarket


Lebaran sebentar lagi tiba. Di hari raya tersebut, para umat muslim yang tinggal di ibu kota, biasanya akan kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Untuk hal tersebut, berbagai persiapan pun dilakukan dari jauh-jauh hari. Bahkan 3 bulan sebelum hari raya itu tiba. Apa saja yang biasanya dipersiapkan?

Hal pertama dan yang paling penting untuk disiapkan adalah kendaraan yang akan digunakan. Banyak sekali memang macam dan jenis kendaraan yang bisa dipilih. Namun jika kampung halaman tersebut masih berada dalam satu pulau, akan lebih baik menggunakan kendaraan darat. Tujuannya tentu agar lebih efisien serta ekonomis. Kereta api misalnya. Untuk bisa mendapatkan kereta ini maka pemudik perlu membeli tiket kereta api yang akan digunakan.

Di zaman sekarang ini, mendapatkan tiket kereta api sangatlah mudah. Ada banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan membeli tiket ke supermarket atau minimarket terdekat yang telah bekerjasama dengan PT. KAI. Membeli tiket melalui supermarket menjadi pilihan terbaik. Ada beberapa kelebihan dari hal ini. Misalnya saja sebagai berikut.

Cara melakukan pembelian yang sangat mudah
Keuntungan pertama yang bisa dirasakan dari membeli tiket melalui supermarket adalah sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dalam hal ini, Anda hanya perlu pergi ke supermarket terdekat di sekitar tempat tinggal Anda. Lalu menemui petugas atau penjaga supermarket dan kemudian mengutarakan keinginan Anda datang ke sana untuk membeli tiket. Petugas supermarket akan mengarahkan dan memberikan langkah-langkah untuk membeli tiket tersebut. Sedangkan Anda hanya diminta untuk menyebutkan nama, stasiun keberangkatan, dan juga stasiun kota tujuan.

Bisa melihat harga tiket
Nah, ketika membeli tiket di supermarket, Anda bisa mengetahui harga dari tiket tersebut. Biasanya layar komputer yang digunakan oleh petugas akan menghadap pada Anda dan Anda pun bisa melihat harga-harga yang ditawarkan dari setiap jenis kereta yang tersedia. Di sini, Anda bisa memilih kereta mana yang memiliki harga yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Ada diskon
Siapa bilang beli tiket di supermarket tidak dapat diskon? Ini kelebihannya. Misalnya jika Anda membeli tiket lebih dari satu. Jelas, Anda akan mendapatkan potongan harga. Biasanya jika Anda membeli tiket dengan pergi langsung ke stasiun dan lalu mengantri di loket, walau pun Anda membeli tiket lebih dari satu, Anda akan dikenakan biaya tambahan, yaitu berupa biaya administrasi. Jadi jika Anda melakukan pembelian melalui supermarket, biaya admnistrasi biasanya dihilangkan.

Cari membeli tiket kereta api melalui supermarket sangatlah mudah untuk dilakukan siapa saja. Pasalnya, dari langkah-langkah pembelian tersebut, ketika selesai melakukan pembelian dan ingin mencetak tiket, maka ada dua cara yang diberikan sebagai pilihan. Yaitu bisa mencetak tiket melalui loket di stasiun yang menyediakan komputer pencetak, atau juga bisa mencetak sendiri di rumah. Kedua cara tersebut sebenarnya sama saja. Anda bisa memilih cara mana yang ingin Anda lakukan.

Akan tetapi ada satu hal yang mesti diingat. Sistem penukaran tiket kereta dilakukan paling lambat satu jam sebelum keberangkatan. Untuk itu, ada baiknya Anda segera mencetak tiket keberangkatan Anda beberapa waktu sebelum dilakukan penukaran. Hal ini dilakukan tentu saja untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan identitas. Jadi jika hal tersebut terjadi, bisa dilakukan koreksi.

Nah, gimana, membeli tiket kereta api di supermarket sangat mudah dilakukan, bukan? Pastikan data diri, stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan yang Anda pilih sudah benar. Supaya perjalanan bisa menjadi lancar. Semoga bermanfaat!

4 komentar:

  1. Sekarang mah apapun juga dimudahkan ya dengankemajuan teknologi, pengen beli tiket kereta api tp buat mudik kemana? wkwkwkw ka GArut war kitu nganggo kereta api wkwkwwk

    BalasHapus
  2. Belum pernah lo beli di supermarket. Biasanya aku pesen temen Mbak

    BalasHapus
  3. Zaman sekarang udah serba online ya, makasih infonya

    BalasHapus
  4. Makasih infonya bisa jadi referensi, pas mo mudik nanti

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)