21.1.22

Liburan Murah Meriah ke Bandung? Yuk Cek Tips Berikut Ini!


Siapa sih yang tidak tergiur dengan berbagai pesona wisata di Bandung? Wisatanya masuk dalam jajaran favorit di Indonesia, bahkan tidak kalah dengan Bali atau Jogja, lho. Beberapa wisata yang kondang antara lain, Kawah Putih, Gunung Tangkuban Perahu, sampai dengan Pasar Apung. Ingin jalan-jalan ke Bandung tapi budget terbatas? Tenang saja, banyak sekali tips yang bisa Anda lakukan.

Salah satunya adalah dengan lebih memilih jalur darat, misalnya saja kereta api. Harga tiket kereta api Jakarta Bandung relatif terjangkau dan bisa mendapat berbagai keunggulan, seperti terbebas dari kemacetan. Supaya makin murah, Anda bisa memanfaatkan berbagai promo di Traveloka Lifestyle SuperApp, termasuk fasilitas tambahan #TrainPlus. Selain tips itu, yuk cari tahu cara lainnya berikut ini!

Liburan Saat Low Season

Anda yang sering traveling ke berbagai tempat, pasti sudah tahu betul jika liburan kala high season perlu mengeluarkan banyak uang. Tidak hanya mahal, tapi banyak tempat wisata juga padat merayap. Untuk menghindari hal itu, lebih disarankan kamu memilih liburan saat low season saja. Selain harganya lebih terjangkau, Anda juga tidak perlu berdesak-desakan saat berada di destinasi.

Pilih Hotel Kapsul

Jika berencana untuk menginap, Anda bisa memilih hotel-hotel dengan harga murah. Salah satunya adalah hotel kapsul yang sekarang sudah banyak sekali pilihannya di Bandung. Cocok sekali bagi Anda yang melakukan solo traveling dan sedang menghemat budget. Harganya mulai dari 60 ribu rupiah per malamnya. Anda bisa mengisi tenaga sekaligus menambah perbekalan.


Jika merasa kurang nyaman dengan hotel kapsul, banyak juga kok tempat penginapan lain dengan harga yang sama murahnya. Bisa pilih homestay, kosan harian, sampai dengan menginap di rumah teman.

Coba Kuliner Kaki Lima

Sudah jadi rahasia jika kuliner, di restoran mewah memiliki harga yang cukup menguras kantong. Tinggalkan makanan-makanan fancy, Anda bisa memilih untuk mencicipi berbagai kuliner kaki lima. Banyak juga lho, kuliner kaki lima di Bandung yang terkenal enak dan harganya terjangkau. Anda bisa membuat list dulu, mana tempat makan yang akan dikunjungi.

Bisa cari lewat sosial media, atau saat akan membeli Anda bertanya terlebih dahulu. Supaya makin akrab dan dimudahkan, belajarlah sedikit bahasa Sunda saat akan berbelanja.

Sesekali Saja Wisata Mewah

Makan di tempat kaki lima terus menerus juga akan menimbulkan rasa bosan. Sesekali Anda bisa mencoba kuliner mewah di Bandung, ya. Karena memang niatnya liburan, tentunya sudah memiliki budget tersendiri untuk menghibur diri. Jadi, bijaklah saat memilih tempat yang tepat untuk menghabiskan uang. Jika Anda liburan berdua atau rombongan, patungan akan lebih hemat.

Memanfaatkan Berbagai Promo

Jangan segan juga untuk memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan. Mulai dari promo transportasi sampai dengan makanan yang akan dicicipi. Dengan memanfaatkan berbagai promo, Anda akan sedikit menghemat pengeluaran. Dan uangnya, bisa dialihkan untuk membeli oleh-oleh atau untuk kebutuhan lainnya.

Misalnya saja jika Anda pesan tiket di Traveloka, baik itu untuk transportasi atau lainnya, cari tahu promo apa saja yang sedang ditawarkan. Apakah cashback, potongan harga, atau bisa saja paket bundling. Supaya tetap update, ikuti media sosial Traveloka atau penyedia informasi diskon yang banyak bertebaran.

Jalan Kaki atau Naik Kendaraan Umum

Tidak bisa dipungkiri, transportasi yang dipilih juga turut menyumbang banyaknya pengeluaran. Pengeluaran akan lebih banyak jika Anda memilih menyewa mobil online dibandingkan dengan naik kendaraan umum. Maka dari itu, Anda bisa naik kendaraan umum saat berjelajah, salah satunya adalah Trans Metro Bandung yang memiliki banyak rute dan harganya terjangkau.


Jika destinasinya tidak terlalu jauh dari penginapan, Anda bisa memilih untuk berjalan kaki saja. Selain murah, Anda juga akan semakin sehat karena banyak bergerak.

Kunjungi Tempat Wisata Murah

Dalam hal wisata, Bandung juga masih banyak sekali menawarkan destinasi wisata murah. Bisa ke air terjun, taman kota, alun-alun, kebun teh, dan lain sebagainya. Meski harga tiket masuknya murah, namun pesona wisata yang ditawarkan tak murahan lho. Maka dari itu, usahakan untuk mengabadikannya ke dalam lensa kamera. Ini juga bisa jadi kenangan tak terlupakan.

Sampai di sini pembahasan tentang tips liburan hemat budget di Bandung. Selain yang sudah disebutkan di atas, Anda juga perlu membuat rencana pengeluaran, supaya uang yang keluar bisa dikontrol. Semoga bermanfaat!

24 komentar:

  1. Bandung itu menyenangkan sekali..
    Tempat wisatanya, warganya...mashaAllah.
    Aku sangat terbantu sekali tinggal di Bandung, teh..
    Merasakan menjadi mandiri dan terbantu dengan lingkungannya yang ramah.

    Inget banget, zaman baru pindah Bandung, kami masih belum punya banyak uang dan ingin meng-HS kan anak-anak. Alhamdulillah, bisa belajar dimana saja. Ruang publik yang luas dan banyak di kota Bandung-nya sendiri.

    Berwisata ke Bandung juga paling nyaman pas low season yaah... Jadi gak kejebak macet.

    BalasHapus
  2. Bandung nih buanyaaakk banget destinasi wisata yg kudu dijelajah.
    kalo aku biasanya nginep di rumah adek ipar di kawasan GerLong.
    Kadang kalo butuh jalan, bisa minta tulung dianterin, atau naik ojol jg gampil
    paling ntar duitku bablass buat kulineran dan cari cemilan :D

    BalasHapus
  3. Bandungg kota penuh kenangan, kota kedua suami setelah SMA kuliah di bandung.

    Memang seruu di bandung makanan juga tidak mahal banget, nah aplikasi traveloka langgananku banget mulai dari tiket pesawat, bus, kreta sampai jajan lewat traveloka

    BalasHapus
  4. Weyyy hotel kapsul 60ribu aja? Murah bangettt. Buat tidur sambil ngecharge HP bolehlah.
    Trus belajar bahasa Sunda iya penting juga. Kali aja nawar barang jadi lebih murah walau wajahku Jawa banget. Hehehe

    BalasHapus
  5. Menurutku Bandung itu sendiri sudah merupakan destinasi liburan serba murah tapi lengkap dan serba mudah. Kadang ga perlu mikirin berhemat, udah hemat dengan sendirinya :D

    Mungkin karena termasuk dekat dari Jakarta ya, naik bus atau kereta hemat banget, bawa kendaraan pribadi juga ringan. Keluargaku kalau liburan paling sering ke Bandung, biasanya ke arah Lembang, Pengalenang, dan Ciwidey. Suka dengan wisata pegunungannya. Meski di gunung tapi akomodasinya bagus2 dan banyak pilihan.

    BalasHapus
  6. Kalo sama keluarga gak bisa kali di hotel kapsul mbak....hehehe...

    BalasHapus
  7. Sudah lama banget nih nggak ke Bandung. Kayaknya terakhir kali itu 5 tahun yang lalu, deh. Aku dan keluarga berwisata ke Tangkuban Perahu. Sekarang pengin lagi ke Bandung, mau naik bus atau kereta biar makin seru. Makasih tips liburan murahnya, Teh. Berguna banget nih buat aku.

    BalasHapus
  8. Saya memang gak suka jalan-jalan saat peak season. Jadi lebih berasa capeknya daripada menikmati perjalanan hehehe.

    Pengen banget cobain menginap di hotel kapsul. Sebetulnya saya penakut. Tapi, pernah bilang ke suami, setidakny pengen cobain 1x aja :)

    BalasHapus
  9. Bandung tuh wisata idaman banget, pengen ajak anak-anak jelajah Bandung lebih banyak, selama ini hanya sebentar saja ke sana jadi kurang eksplorasi tempat wisata yang menarik buat mereka

    BalasHapus
  10. Semoga tahun ini tingkat terpaan virus makin melemah ya mba. Pas banget ntar anakku dah lulusan sekolah, pengin kuajakin jalan-jalan. Berdua gitu sama anak wedok seru deh ke Bandung.

    BalasHapus
  11. aku jadi kangen Banduuung nih mba.. banyak sekali memang yang bisa kita nikmati ya dan pastinya banyak banget pilihan. dan pastinya ngga akan pernah bosen yaa

    BalasHapus
  12. aduuh kangen liburan banget deh.. apalagi Bandung, terdekat dari Jakarta tapi banyak sekali tempat wisata, spot pepotoan, hingga wisata kuliner yang enak2

    BalasHapus
  13. Aku pernah 2 tahun tinggal di Bandung, tapi nggak bisa bahasa sunda. Kalau pas ke pasar, ditawari ibu2 penjualnya cuma senyum aja.

    BalasHapus
  14. Mba pas tahu judulnya aja liburan murah ke Bandung, ingin sekali mba. Dan aku pun jadi penasaran untuk nyoba hotel kapsul. Unik sekali

    BalasHapus
  15. Aku kalau liburan tuh milih yang low season aja biar sepi. Jadi santai dan gak desak-desakan. Wisata murah meriah di Bandung juga gak kalah keren. Semoga nanti bisa nyoba

    BalasHapus
  16. Ke Bandung baru sekali dan bikin betah dengan udaranya. Kapan2 kalau ke Bandung selain ke tempat wisata emang mau wisata kuliner tentunya

    BalasHapus
  17. Nah itu aku kalau kemana-mana maunya pas low season biar irit & gak macet di mana-mana :)
    Kalau hotel kapsul belum nyobain soalnya barengan keluarga jadi agak susah, tapi mau nyobain sekali-sekali seru ya. teh.
    Kalau transportasi umumnya enak malah lebih nyaman ya traveling di kota tersebut. Udah ada Trans Metro Bandung ya sekarang ternyata

    BalasHapus
  18. Dua destinasi itu di Bandung memang menarik ya mbak, meski dah berkali kali ke sana selalu saja ingin datang lagi. Alhamdulillah bisa beli tiket kereta lewat traveloka yaa. Jadi pengen nyoba deh ke bandung naik kereta. Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  19. Kepo ama hotel kapsul tapi pas cerita ama anak2 mereka kurang berminat, hahaha. Maunya yang ada fasilitas yang lain

    BalasHapus
  20. Wahh baca ini jadi kangen Bandung
    Sudah 4 THN yg lalu ke Bandung
    Semoga bisa kesana lagi

    BalasHapus
  21. Kangen banget mbak ke Bandung, tapi aku belum pernah ke sana pure liburan, biasnaya pas ada acara sekalian deh jadinya. Semoga nanti kalau situasi kondusif lagi bisa beneran ke Bandung. Tp kalau bawa anak2 kyknya gak bisa ke hotel kapsul. Tp kalau Bandung mah banyak ya pilihan penginapan yang ramah keluarga.
    Moga2 next kalau bisa ke Bandung bisa kopdaran yaaa :D

    BalasHapus
  22. Bandung ini banyak wisata dari yang low budget hingga high. Ada semua.

    Tepat banget, pas low season, biar gak macet dan bisa menikmatinya dg santai.

    BalasHapus
  23. Bandung jadi salah satu destinasi wisata masyarakat, cuaca yang dingin juga banyak tempat wisata terkenal dan legendaris menjadi alasan...


    ternyata banyak yang murah dan menarik juga ya,,,

    BalasHapus
  24. Bandung itu banyak banget tujuan pariwisata nya. Baik itu tempat maupun kulinernya. BTW, hotel kapsulnya bagus, ya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)