21.7.21

Ruangbelajar By Ruangguru, Sebuah Solusi Belajar Online


Siapa pun pasti setuju, belajar online itu berat. Tak hanya siswa, guru dan orang tua juga merasakan hal yang sama. Siswa merasa kesusahan dengan materi yang harus lebih banyak dipelajari sendiri. Guru kesusahan untuk bisa menerangkan materi secara gamblang. Sementara orang tua kesusahan untuk bisa membantu anak memahami materi. Dan jelas, saat dibandingkan dengan belajar secara tatap muka, belajar online ini berbeda 180 derajat.

Kesusahan ini terjadi di semua tingkat. SD, SMP, dan juga SMA. Semakin tinggi tingkat, semakin besar pula tingkat kesusahannya. Walaupun memang kesusahan dan tantangannya berbeda.

Beratnya belajar online ini sangat nyata manakala ujian tengah semester tiba. Raport bayangan anak saya merupakan buktinya. Ya, dia yang sewaktu SMP lumayan pintar, di mana nilai raportnya bagus-bagus; begitu masuk SMA, dengan belajar secara online, nilainya pas-pasan. Bahkan ada 1-2 mata pelajaran yang mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Saat saya tanya kenapa, alasannya ternyata memang seperti yang bisa dibayangkan. Dia tidak terlalu mengerti dengan materi yang diajarkan secara online. Dan untuk nilai-nilainya yang rendah, kebetulan memang, cara mengajar yang diberikan gurunya tidak seinovatif guru-guru yang lain. Guru tersebut lebih banyak mengandalkan anak-anak dalam mengerjakan tugas.

Guru Inovatif Adalah Kunci!

Nah ini, kesuksesan anak belajar, yang ditandai dengan nilai raport yang bagus, di masa belajar online ini sangat ditentukan oleh inovatif tidaknya proses belajar mengajar tersebut. Terutama gurunya. Hal ini bisa dilihat dari nilai anak saya. Untuk pelajaran dengan guru yang inovatif, anak saya nilainya bagus. Dan sebaliknya.

Inovatifnya seperti apa? Gurunya membuat materi yang diajarkan dalam bentuk video, atau memberi link video pelajaran yang menarik di Youtube, membuat kuiz interaktif yang menggunakan aplikasi dan web tertentu, dan banyak lagi. Jadinya, katanya anak saya merasa tertarik dan tidak bosan. 

Ruangbelajar By Ruangguru, Sebuah Solusi Belajar Online

Berkaca dari tidak memuaskannya nilai raport bayangan tengah semester, dan juga nilai-nilai di akhir semester yang diterima anak saya, saya jadi kepikiran untuk memasukkan anak saya ke bimbingan belajar. Sebab ternyata, mengandalkan belajar dari sekolah saja rasanya kurang maksimal. Apalagi jika mengingat anak saya kini menginjak kelas XI SMA. Dia sudah harus belajar lebih serius. Dalam setahun ke depan, dia akan dipersiapkan untuk belajar lebih intensif supaya bisa menembus PTN yang sekaligus merupakan kampus perkuliahan impiannya.

Ya, saya kini sedang mencari-cari bimbel online yang bagus. Supaya anak saya mau ikut, kemudian tertarik dan enjoy dalam belajarnya. Sehingga akhirnya, nilai-nilai raportnya bisa memuaskan seperti yang diharapkan.

Ruangbelajar by Ruangguru merupakan salah satu dari bimbel yang bagus itu. Tahu sendiri kan Ruangguru? Lembaga ini sudah memiliki sekitar 22 juta pengguna. Guru yang dikelolanya ada 300 ribu. Ada pun jasa yang ditawarkan itu ada lebih dari 100 bidang pelajaran. Gak diragukan lagi deh kualitasnya. Gak heran deh jika kesuksesannya ini diganjar banyak penghargaan. Baik itu penghargaan di dalam negeri atau pun di luar negeri. Misalnya saja Solver of MIT, kemudian Atlassian Prize, lalu UNICEF Innovation to Watch, ada Google Launchpad Accelerator juga, serta ITU Global Industry Award.


Kenapa Harus Ruangbelajar by Ruangguru?

Apa sih yang menarik dari Ruangbelajar by Ruangguru, sehingga saya cenderung lebih memilih bimbel online yang satu ini daripada bimbel online yang lain?

Yang pertama tentu karena Ruangbelajar akan membuat anak saya bisa belajar kapan saja dan di mana saja, baik itu secara online atau pun offline. Ya, Ruangbelajar bisa membuat anak saya belajar secara offline sebab semua materinya diunduh serta diakses secara offline.

Yang kedua, Ruangbelajar ternyata banyak disukai para pelajar. Menurut merekam Ruangbelajar  membuat belajar jadi asyik dan menyenangkan. Bukan isapan jempol belaka, dari hasil survey yang dilakukan Ruangguru, 96% penggunanya memberi nilai Ruangbelajar itu jauh lebih menarik daripada pelajaran yang diberikan di sekolah. Tentunya, hal ini karena belajar di Ruangbelajar menarik karena punya banyak fitur menarik. Dari mulai video pembelajaran hingga animasi.

Yang ketiga adalah materi belajarnya lengkap. Yang tidak hanya menarik tetapi juga semua materi yang berdasarkan kurikulum itu ada di Ruangbelajar. Jadinya anak tidak akan ketinggalan materi apa pun. Puluhan ribu video belajar, banksoal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, hingga Kuis tersedia di Ruangbelajar.

Yang keempat, Ruangbelajar ternyata memberi banyak promo. Ini menarik banget. Tentunya harga ikut belajar di Ruangbelajar jadi lebih hemat. Bahkan ada diskon yang sampai 60%. Yap, misalnya saja yang tadinya Rp1.498.000 untuk paket 1 Tahun Ajaran 2001/2002 tingkat SMP, jadi Rp599.000 saja. 

Yang terakhir, belajar di Ruangbelajar itu belajarnya langsung dari master teacher terbaik. Dan hasil belajar dari mereka ini benar-benar bisa terlihat peningkatannya. Dari hasil survey yang dilakukan Ruangguru, sekitar 96% penggunanya itu mengalami kenaikan nilai setelah 3 bulan berlangganan.


Fitur Menarik di Ruangbelajar

Itu tadi beberapa hal yang membuat saya ingin memasukkan anak saya ke Ruangbelajar by Ruangguru. Nah di samping hal tersebut, Ruangbelajar ini juga ternyata punya banyak fitur menarik. Di antaranya sebagai berikut.

1. Ruangguru PET

Fitur yang satu ini membuat anak-anak yang belajar di  Ruangbelajar menjadi tidak kebosanan. Di Ruangbelajar, siswa-siswa akan punya TEMAN BELAJAR. Teman belajar ini imut, lucu, serta menggemaskan. Bentuknya berupa karakter hewan. Ada Modo si komodo purba, ada Candra si burung cendrawasih, serta Harry si harimau.

2. Ruangguru Adventure

Yang membuat anak-anak tidak akan kebosanan lainnya adalah adanya gamification yang dinamakan Ruangguru Adventure. Di fitur ini, anak-anak diajak seperti main game. Dia bisa memilih avatar, yang punya misi mengerjakan latihan soal. Nah saat berhasil, dia akan diberi reward gold dan xp.

3. Jadwal Belajar

Belajar di Ruangbelajar ada fitur jadwal belajarnya. Jadwal ini bisa dipilih yang ada, atau bisa dibuat oleh anak sandiri. Dengan jadwal ini pastinya anak akan menjadi lebih disiplin di dalam belajar.

4. Asah Otak

Ruangbelajar memang merupakan sarana belajar yang inovatif. Salah satu fitur yang menarik sekaligus menantang anak adalah ini, Asah Otak. Anak diajak main TTS (teka-teki silang) sebagai  aktivitas hiburan yang juga akan membuat terasah otak anaknya.

5. Bank Soal

Ada kalanya anak-anak kebingungan saat ujian karena menemukan bentuk soal yang baru. Nah di Ruangbelajar, ada banyak sekali kumpulan soal. Kumpulan soal ini sangat lengkap, sehingga berbagai bentuk soal ada. Jadinya anak akan terbiasa menyelesaikan aneka jenis bentuk soal.

6. Laporan Belajar

Fitur yang satu ini membuat kita para orang tua mudah memantu progres anak belajar di Ruangbelajar. Ya, ada laporan belajarnya. Orang bisa memantau memantau via WhatsApp Ruangguru. Caranya cukup dengan cara ketik "Rapor Anak” ke nomor 081578200000.

Itu dia 6 fitur menarik yang ada di Ruangbelajar. Selain keenam fitur tersebut, mulai bulan Juli 2021 muncul 6 fitur tambahan lainnya. Ada Adapto, Playlist Belajar, Subtitle Video, Fitur Pencarian, Pet Mission, dan juga Tes Minat Bakat. Dengan munculnya fitur tambahan ini, jelas Ruangbelajar semakin lengkap saja. Pastinya ini akan semakin membuat belajar di Ruangbelajar semakin optimal.

Gimana?

Hmmm… menarik banget ya Ruangbelajar by Ruangguru ini. Saya semakin kepengen deh masukin anak saya ke sini. Biar dia bisa menikmati belajar online, sehingga nilai raportnya bisa jadi meningkat.

Teman-teman gimana, pada tertarik juga? Atau jangan-jangan ada yang sudah masuk? Cerita yuk, biar saya dan teman-teman yakin untuk masukin anak ke Ruangbelajar by Ruangguru ini.


35 komentar:

  1. Sama, mbak...anakku sebelumnya juga bagus nilainya, saat mulai PJJ turun drastis semua. Ruangbelajar dari Ruangguru ini bisa salah satu solusi agar siswa makin paham materi ya

    BalasHapus
  2. menarik banget nih Ruangbelajar by Ruangguru bisa jadi solusi si ade buat cari bimbingan belajar online yang bisa mempermudah belajarnya

    BalasHapus
  3. Guru inovatif memang jadi kunci ya Mbak. Saya kebayang anak2 SMA yang kesulitan mencerna pelajarannya. Kalau SMP mungkin emaknya masih bisa bantu ya. Alhamdulillah dengan Ruangbelajar, semoga bisa jadi solusi ke depannya.

    BalasHapus
  4. Keunggulan Ruangbelajar ini banyak banget ya mbak.
    Fiturnya pun lengkap. Bisa jadi solusi yang tepat buat belajar online.
    Cocok jadi pilihan para ortu yang lagi cari bimbel online buat anak-anaknya, termasuk saya.

    BalasHapus
  5. Yes, Ruangbelajar akan membuat anak saya bisa belajar kapan saja dan di mana saja, baik itu secara online atau pun offline.Sehingga memudahkan mereka kapan mau belajar

    BalasHapus
  6. Adanya fitur laporan belajar ini bikin kualitas belajar anak bisa dipantau orang tua ya. Jadi teu cul laur, gak mentang-mentang ada pembimbing terus orang tua lepas tangan gitu aja...

    BalasHapus
  7. diskonnya menarik banget ini yaa.. jadi semangat nih anak2 belajarnya juga kalau model belajarnya asik gini ya mbak. ga berasa bimbelnya jg

    BalasHapus
  8. penasaran banget dengan fitur media belajar yang pakai video... kemarin sempat baca di artikel lain katanya videonya dalam bentuk animasi emang bener ya mbak?

    BalasHapus
  9. Sebagai orang tua kadang kita tu kan adakalanya ya mba ga bisa menguasai semua pelajaran sekolah anak atau karna ada aktivitas lain kita jadinya ga bisa slalu mendampingi anak belajar. Akhirnya bikin anak ga bisa optimal juga menyerap pelajarannya dan bikin nilai rapornta jadi kurang karna ada yang tidak anak kita ngerti. Allhamdulillahnya sekarang udah ada Ruagbelajar dari Ruangguru ini ya. Jadi ngebantu banget buat para orang tua dalam mendapingi anak belajar 😍

    BalasHapus
  10. Membantu banget yaa aplikasi belajar sprt ini. Terlebih masa pandemi yg rawan emosi... dengan fitur selemgkap begini rada adem gitu sebab bala bantuan banyak tersedia

    BalasHapus
  11. beda ya kalo orang pinter bikin bimbingan belajar
    Belva Devara bikin terobosan agar anak anak senang belajar
    seperti Ruangguru Adventure, Pet Mission dll

    BalasHapus
  12. Nah, ketiga elemen memang hrus kerja sama ya mbak. Guru, ortu dan murid barus saling kolaborasi nih agar proses pembelajaran bisa maksimal. Ruangguru ini gurunya jg kreatif.

    BalasHapus
  13. Orangtua sangat bisa memanfaatkan fasilitas yg diberikan ruangbelajar ya

    ini bisa membuat PJJ makin menyenangkan.
    Anti stres stres club, deh!

    BalasHapus
  14. Ruang belajar memang sangat dibutuhkan untuk anak, agar mereka dengan tenang belajarnya baik online maupun offline

    BalasHapus
  15. Ortu memang kudu mengusahakan yg terbaik utk anak2 ya
    Dalam hal ini, support melalui RuangBelajar udah pasti pilihan paling bijak
    semangaatttt PJJ yak.

    BalasHapus
  16. Untung skrg ada roboguru ya. Mbantu banget ini buat para emak kaya aku yg susah banget transfer ilmu ke anak huhu

    BalasHapus
  17. Promonya itu yang beneran sangat menarik. Sampai 60% saat pandemi itu kan lumayan banget ya ...
    Daripada PJJ ga bisa handle pelajaran anak, emang lebih baik serahkan kepada ahlinya

    BalasHapus
  18. Ruangguru menjadi modal belajar bermanfaat di kemudian hari. Belajar maksimal menjadi pas.

    BalasHapus
  19. salah satu Kendala saat Pjj Adalah anak kadang kurang bisa memahami pelajaran. ikut bimbel online jadi solusi.
    bicara bimbel online, pastinya ya pilih Ruangbelajar by Ruangguru ya mbak

    BalasHapus
  20. Fitur - fitur yang ada di Ruangguru ini emang keren, jadi membuat anak happy selama belajar.

    BalasHapus
  21. Senang banget ada ruangguru membantu ortu mendampingi anak belajar ya, terkadang mumet kalau ada tugas anak yang sulit dan harus egera dikumpulkan. Nah, solusi ini bisa bikin happy ya

    BalasHapus
  22. Semuanya kesulitan ya mba. Menantang banget pjj ituuu. Sesuatu. Huuuft. Bener banget, kunciiii ituuu kunci. Guru dan Ortu jg harus kreatif. Ya Allah moga cpt kelar pandemiknyaa. Tapi ini ada Ruang Guru yg siap bantu ortu... videonya menarik ya jadi anak2 jg nempel pemahamannya. Klo menarik jd nyaman nontonnya..

    BalasHapus
  23. Senang banget dengan adanya aplikasi ruang guru membantu orang tua untuk memahami pelajaran anak-anak yang semakin sulit soalnya kan berbeda zaman

    BalasHapus
  24. ruang belajar memang jala ninja anak-anak sekolah di masa pandemi gini yaa, semua serba daring, jadi klo ada video penjelasannya tuh mayan membantu mereka lebih paham

    BalasHapus
  25. Judulnya memang pas Teh, karena para siswa bisa belajar dengan semangat memanfaatkan fitur bermanfaat dari ruangbelajar ini. Apalagi bisa mengerjakan latihan soal dengan variasi yang membuat betah belajar ya

    BalasHapus
  26. Ruangbelajar by Ruangguru ini punya banyak fitur menarik yg bisa membantu anak memahami materi pelajaran ya mbak
    pilihan yang pas saat pjj seperti ini

    BalasHapus
  27. Iya Teh, Alde juga nilainya rada menurun di kelas 4 katanya susah dimengerti penjelasan gurunya jadi pengen coba langganan di Ruang Belajar apalagi diskon lumayan gede..

    BalasHapus
  28. aku juga udah teratrik nih sama ruang belajar pengen banget ikutan buat Neyna biar ga bosan dengan cara belajar dari emaknya yang sukanya ngegass wkwk

    BalasHapus
  29. Ruangguru makin inovatif aja nih buat mengembangkan metode balajar online yg lebih menyenangkan dan membuat anak2 bs belajar dg lebih bahagia.
    Dan sepakat teh klo guru adalah koenci yaaa

    BalasHapus
  30. Nah...aku suka ini teh..
    Pengajar yang ada di ruangguru ini masih muda dan fresh. Bukan hanya penampilannya yang menyenangkan, tapi gaya berbahasanya juga mudah dipahami anak-anak diiringi dengan video yang informatif, seru.

    BalasHapus
  31. kalau fitur yang ditawarkan selengkap ini, anak-anak pun gak bakal bosan ya mbak. mereka bisa menyesuaikan fitur yang dibutuhkan dan yup, harganya setelah diskon worth it.

    BalasHapus
  32. semoga banyak yang bisa memnafaatkan platform keren ini yaaa mba... soalnya memang anak - anak perlu selalu kita support

    BalasHapus
  33. aku juga mau menggunakan fitur ruang belajar diruangguru ini untuk anakku yang baru SD nih mba Nia. kalau dulu-dulu baca curhatan ortu tentang PJJ aku enteng2 aja. Nah, sekarang giliranku kena juga rupanya dan untuk orangtua yang bekerja, PJJ ini sangat merepotkan. hehehe

    BalasHapus
  34. Ruangbelajar dari ruangguru ini membantu banget ya di masa pandemi seperti sekarang...
    Saya juga tertarik sih teh daftarin anak ke ruangguru, tapi tahun sekarang sih belum...

    BalasHapus
  35. Fitur Pet nya itu asyik ya, jadi kayak main game ada challenge yang harus diselesaikan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)