2.12.19

Aspire, Platform Fintech Pinjaman Modal Usaha


Malam itu, sebuah notif dari Facebook menarik perhatian saya. Katanya, seorang teman mengomentari foto yang beberapa hari sebelumnya saya upload. Tak seperti biasanya saya begitu, langsung membuka notifikasi. Penyebabnya adalah karena si teman yang komen adalah teman saya semasa kecil.

Begitu komen si teman saya balas, sebuah pesan masuk ke dalam Inbox. Rupanya itu dari teman yang komen tadi. Isinya awalnya biasa saja. Hanya basa-basi tentang kesibukan, keluarga, suami, anak, hingga teman-teman lain kami semasa kecil. Akan tetapi karena percakapan semakin akrab, kami pun akhirnya membahas mengenai pekerjaan. Lebih tepatnya pekerjaan si teman tadi.

Saya tak menyangka, teman semasa kecil saya itu kini menjadi penata rias. Semacam MUA (Make Up Artist) gitulah istilah kerennya. Dari merias para model yang hendak difoto, ibu-ibu di komplek rumahnya, hingga merias pengantin. Melihat foto-foto hasil riasannya, sungguh tak dapat dipercaya. Si teman ternyata sangat berbakat. Padahal setahu saya, dia dulu kuliah di jurusan Akuntansi.


Susahnya Mencari Modal Usaha

“Aku kepengen fokus merias pengantin. Karena aku sangat suka. Dan bayarannya juga lumayan. Tapi, aku gak punya modal. Buat beli peralatan dan perlengkapannya. Selama ini aku seringnya nyewa atau bagi hasil sama temenku.”

Seperti itu kira-kira akhir curhatannya. Temanku ternyata gak punya modal. Dia sudah coba nyari kreditan ke sana-sini, tapi mentok di agunan. Dia tak punya sesuatu yang besar, yang bisa dia jaminkan. Sementara untuk meminjam ke teman atau saudara, dia malas katanya. Takut nanti membuat ikatan persaudaraan atau pertemanan jadi renggang. Termasuk dari saya. Meskipun tak punya banyak simpanan, mendengar curhatan si teman, saya jadi bersimpati untuk meminjamkan modal. Tapi dia menolaknya mentah-mentah!

Saya lalu teringat dengan platform pinjaman modal usaha yang sekarang ini sedang menjamur: Pinjaman online alias pinjol. Banyak kan sekarang fintech yang ngasih pinjaman online secara mudah, tanpa ribet, dan gak perlu jaminan? Akan tetapi kabar-kabar gak enak tentang pinjol ini membuat saya urung merekomendasikannya ke teman saya tersebut.

Aspire, Platform Fintech Pinjaman Modal Usaha

Beberapa waktu yang lalu saya membaca tentang Aspire. Sebuah platform fintech yang bisa memberikan pinjaman modal usaha kepada pemilik bisnis, khususnya usaha kecil menengah (UKM). Aspire memberikan kemudahan karena pemilik bisnis tidak lagi perlu mengurus dokumen yang banyak dan melalui proses yang memakan waktu. Selain itu, Aspire juga mampu menawarkan kredit bunga rendah disertai bunga 0%.

Hmm… sepertinya, fintech semacam Aspire ini deh yang dibutuhkan oleh teman saya. Tak seperti pinjaman online yang selama ini saya dengar: sedari awal sudah bisa ‘tercium’ bakal bermasalah. Karena memberi pinjaman online secara umum. Berisiko banget untuk dipakai secara konsumtif. Kalo Aspire kan, khusus memberi pinjaman modal usaha. Sudah beroperasinya Aspire di Indonesia, Thailand, Singapura, dan Vietnam, bisa menjadi pegangan, sehingga percaya bahwa platform ini kredibel. Baca-baca tentang Aspire membuat saya ingin merekomendasikannya kepada teman saya.

Emang Apa Bedanya?

Dulu saya kira semua fintech yang ngasih pinjaman online itu sama. Ternyata tidak. Seperti yang udah aku singgung di atas, fintech yang ada, kebanyakan ngasih pinjaman dana secara umum. Mereka gak peduli kita pake dana pinjamannya buat modal usaha atau pun buat foya-foya. Beda banget dengan Aspire. Mereka ngasih pinjaman online, khusus untuk modal usaha. Supaya usaha bisa lebih berkembang.

Jangan salah, pinjaman modal usaha ini tidak selalu berlaku untuk bisnis yang bermasalah saja, bisnis yang sedang baik-baik saja juga masih perlu pinjaman modal usaha. Ya itu tadi, untuk membuat bisnis semakin berkembang. Baik itu untuk menambah omset, menambah armada pemasaran, memperluas jaringan pemasaran, menambah sumber daya, memperbarui mesin operasi supaya lebih efisien, atau pun yang lainnya.

Untuk waktu peminjamannya sendiri, para pengusaha itu biasanya tahu kapan waktu yang tepat untuk menambah modal. Biasanya sih, tentu saja saat permintaan terhadap produk atau jasa mereka mulai meningkat. Sehingga untuk mengantisipasinya, mereka harus mendapat modal tambahan.

Yang Seperti Apa Sih Pinjaman yang Tepat?

Teman saya kesulitan mendapat pinjaman dana. Sebab dia tak punya agunan yang bisa dijaminkan. Beda halnya dengan pebisnis besar. Harta besar yang mereka miliki akan sangat mudah bagi mereka untuk mendapatkan pinjaman modal tambahan. Nah jadinya, untuk pengusaha atau pebisnis kecil seperti teman saya ini, kredit tanpa jaminan adalah pilihan yang tepat. Pengurusan dokumen yang gak ribet dan cepat prosesnya, pasti akan disukai.

Nentuin jumlah pinjamnya gimana?  Ini sih, balik lagi ke kebutuhan pebisnisnya. Bisa besar, bisa sedang, bisa juga kecil. Tapi tentu ada banyak hal yang mesti diingat saat hendak mengajukan pinjaman modal usaha. Hal tersebut antara lain suku bunga, tenor, dan lisensi pemberi pinjaman. Jangan sampai, hal-hal seperti ini nantinya akan memberatkan. Kasus-kasus pinjol yang sering kita denger, bisa jadi menimpa kita jika kita tidak cermat dan teliti.

Aspire merupakan salah satu pilihan yang baik untuk pinjaman modal usaha. Kredit bunganya yang rendah, bahkan disertai bunga 0%, serta tidak ribetnya dalam hal dokumen, cocok untuk para pengusaha bisnis menengah.

Well…

Beneran, abis baca-baca tentang Aspire bikin saya gak sabar kepengen ngenalin Aspire ke temen saya. Di yang sangat perlu modal usaha, namun tak punya jaminan, bisa mendapatkan apa yang dia butuhkan dari pinjaman online Aspire ini. Gak ribet dan cepet prosesnya pasti dia sukai.

Teman-teman ada yang perlu pinjaman modal usaha juga? Coba deh ke Aspire. Tapi ingat, ini bukan untuk foya-foya atau pun konsumtif. Itu hanya akan membuat kita sengsara di akhir. Pinjaman modal usaha  dari Aspire Ini bener-bener buat ngembangin bisnis temen-temen supaya maju. Jangan sampai deh, manisnya uang hasil pinjaman online membuat kita lalai.

Oke deh teman-teman, sampa di sini tulisan saya. Semoga bermanfaat!


11 komentar:

  1. Bisa jadi referensi nih, tapi terkadang.. usia menjalankan bisnis menjadi patokan fintech dalam mempertimbangkan dalam memberikan pinjaman. Nuhun artikelnya cek ^^

    BalasHapus

  2. Pinjaman modal usaha itu penting banget ya. Menurut penelitian yg saya baca, suatu usaha yang memanfaatkan modal usaha, pendapatannya lebih besar ketimbang yang tidak, hanya dalam 3 tahun. Itu berarti emang berpengaruh ya suatu usaha jika ada dukungan modal usaha

    BalasHapus
  3. ini kayak peer to peer lending yaa ? skr memang banyak jenis investasi semacam peer to peer (p2p). tp cari yg diawasi oleh OJK. aku sendiri invest uangku sebagai pemberi modal di beberapa P2P yg aku percaya mba.. jadi intinya sih, platform ini mengumpulkan banyak pemodal dan orang yg butuh modal dalam 1 wadah. . aku sendiri sebelum memutuskan jd pemodal hrs liat dulu TKB (tingkat kemampuan pengembaliannya) harus di atas 90%. kalo dibawah itu aku ga mau. berarti platformnya jelek kalo dibawah itu.

    aku cari tahu deh ntr ttg aspire, kali aja bisa jd pemodal di san jugA :). P2P ini lgi aku favoritin bnget utk investasiin uangku. krn tingkat returnnya lbh gede drpd deposito :).

    BalasHapus
  4. wah jadi kalau mau pinjam modal usaha better ke Aspire ya mba, yg jelas terpercaya. jadi pengen ceki2 juga nih :D

    BalasHapus
  5. Iya juga pinjaman online kadang ya bebaskeun ya teh buat apanya mantap juga nih aspire hanya untuk modal usaha

    BalasHapus
  6. wah, aplikasi sekarang makin canggih aja ya, tapi aku masih takut ni minjem uang via aplikasi online, semoga abis baca ini aku dpt sedikit pencerahan dan informasi yang komplit

    BalasHapus
  7. Wah aku baru tahu ada pinjaman Aspire ini teh Nia. Kebetulan bapak pengin nambah modal usaha nih tapi yang enggak pakai jaminan. Coba ah aku mau kepoin Aspire ini lebih lanjut. Makasih infonya teh Nia :)

    BalasHapus
  8. Saya jadi ingat cerita tukang kelapa muda dekat rumah saya, dia juga kredit buat beli kulkas karena nggak punya modal. Nyicil tiap hari. Trus saya bilang, itu totalnya gede banget ya Pak. Beliau menjawab, "Tapi sama saja mbak, kan kalau nggak punya kulkas saya tetep beli es batu di orang, jatuhnya bayar segitu juga tiap hari. Ini anggap aja dapat bonus kulkasnya." Hahaha, iya juga ya.... :)

    BalasHapus
  9. yang punya usaha namun gak punya modal, boleh banget yaa ngajuin pinjaman ke aspire ini, apalagi untuk pelaku umkm :)

    BalasHapus
  10. Wawwww ak br tau ttg info ini. Jd kt bisa mulai usaha even blm punya modal maksimal ya. Keren. Jd ndak menghambat kreasi org.

    BalasHapus
  11. Setuju banget, boleh pinjam duit untuk yang bermanfaat, kalau buat foya-fotya mending jangan deh.
    setidaknya buat modal usaha karena butuh banget modal, biar usaha bisa berjalan dengan baik :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)