22.7.19

Tips Aman dan Nyaman Meminjam Dana secara Online


Semua orang sepertinya sudah pada tahu dengan yang namanya Pinjaman Dana Online. Kita biasa menyebutnya sebagai pinjaman online alias pinjol. Ya, tentu saja semua orang pada tahu. Sebab kini sangat marak sekali jenis pinjaman yang satu ini.

Dulu, sekitar pertengahan tahun yang lalu, saya punya pengalaman yang kurang menyenangkan dengan yang namanya pinjaman dana online. Bukan, bukan karena saya bermasalah dengan pinjolnya. Saya sama sekali belom pernah meminjam dana secara online. Tetapi kebagian jadi orang yang kena 'teror' sms dari pihak pinjol. Mereka meminta saya mengingatkan seorang teman untuk segera membayar tagihan dari pinjaman online yang dilakukannya. Gak cuma sekali, tetapi setiap hari selama 1 minggu.

Awalnya saya gak tahu maksudnya. Tapi setelah tanya sana-sini, barulah saya ngerti. Dan sejak saat itu, saya jadi agak parno dengan pinjol. Untunglah sebuah tulisan di blog seorang teman membuka mata saya. Sehingga saya kini open mind dengan pinjaman secara online ini.

Aman dan Nyaman Meminjam Dana dari Pinjaman Dana Online

Ya, akhirnya saya tak lagi parno dengan pinjol. Tak ada yang salah dengan hal ini. Pelakunya saja yang salah. Meskipun saya belom pernah meminjam uang dari pinjol, dan belum punya pengalaman, berikut ini saya tuliskan tips aman dan nyaman meminjam dana secara online yang sederhana yang saya sarikan dari banyak sumber.

1. Tentukan latar dan tujuan kita di dalam meminjam dana tersebut

Iyes, saat akan minjem uang secara online, kita harus tentukan terlebih dahulu tujuan dan latar kita dalam meminjamnya. Apakah untuk sesuatu hal yang produktif seperti modal usaha, ataukah untuk sesuatu hal yang konsumtif seperti belanja gadget, perhiasan, atau kendaraan baru.

Jika untuk modal usaha, misalnya untuk membuat bisnis baru, untuk memperluas lahan, atau menambah armada pendistribusi hasil produk, dan yang lain yang sejenisnya; jika memang perlu dana cepat, pinjol menjadi solusi yang tepat. Akan tetapi jika hanya untuk membeli barang yang sifatnya menambah gaya diri pribadi, mencari simpati calon mertua, atau memberi hadiah kejutan ulang tahun untuk pasangan tercinta; meminjam dana dari pinjol saya rasa kurang tepat.

Kenapa demikian, sebab jika untuk modal usaha, bayangan uang untuk cicilannya sudah jelas. Sementara hal konsumtif, masing ngawang-ngawang. Jika mengandalkan momen tertentu saat punya uang, misalnya saat dapat arisan, akan lebih baik jika beli barang konsumtifnya nanti saja begitu uang arisan tersebut sudah di tangan. Ingat, cicilan pinjaman online itu ada hitungan waktu untuk cicilannya. Mungkin per hari, per minggu, atau per bulan. Dan jika kita telat bayar, ada konsekuensi yang harus kita terima.

2. Cari tempat pinjaman dana online yang terpercaya

Nah ini yang membuka mata saya itu. Yang meneror saya dengan sms yang minta saya ngingetin temen untuk segera bayar tunggakannya secara terus-menerus itu ternyata adalah sebuah fintech yang memberikan pinjaman online, dan belum berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jelas sekali ini sangat tidak direkomendasikan. Yang saya lihat sih, bunga kreditnya lumayan besar. Jauh di atas bunga kredit bank. Jadinya, pertambahan cicilan per harinya (karena mungkin si teman memilih pinjaman yang cicilannya per hari) terlihat sangat mencolok. Orang tua bilang sih, ini sangat mencekik leher.

Sebaliknya, jika pihak pemberi pinjaman online sudah berada di bawah naungan OJK, bunga yang mencekik leher bisa dihindarkan. OJK kan punya regulasi yang tegas terhadap badan pemberi kredit seperti ini. Dan ketelitian kita merupakan kunci. Kalo perlu, periksa pihak yang akan kita ajukan kredit tersebut di website resmi OJK. Baik itu bank, fintech, atau pun jenis penyedia jasa keuangan lainnya. Jika sudah berada di bawah naungan OJK, maka namanya akan tercantum di sana. Ini merupakan jaminan yang bisa kita pegang.

3. Manfaatkan CekAja

Pada tahu kan CekAja? Itu lho, portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya. Di CekAja, kita bisa membuat simulasi kredit pinjaman serta memilih mitra-mitra kredit CekAja yang juga terpercaya. Syarat untuk pinjaman dana online di CekAja ini tidaklah ribet dan prosesnya pun termasuk cepat. Simulasi membuat kita tahu besarnya cicilan yang harus kita bayarkan selama kurun waktu tertentu untuk jumlah pinjaman yang tertentu juga. Mitra-mitra CekAja sudah pasti semuanya berada di bawah naungan OJK.

4. Patuh terhadap cicilan

Ini yang gak kalah penting. Patuh di dalam membayar cicilan. Jangankan pinjaman dana online dari fintech, bahkan dari bank besar atau pun jasa penyedia keuangan lainnya pun, bayar cicilan haruslah tepat waktu. Di luar waktu jatuh tempo, kita akan kena konsekuensinya.

Itu dia 4 tips aman dan nyaman meminjam uang dari pinjaman dana online. Bijaklah dalam mengambil kredit pinjaman seperti ini. Sekali pun mudah dan gak ribet, pastikan itu memang pilihan yang tepat. Jangan sampai kita nanti menyesal. Oh ya, untuk tahu lebih detail soal pinjaman dana online CekAja, atau mungkin mau simulasi cicilan untuk pinjaman sejumlah tetentu, klik aja link https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/ ini. Saya yakin, teman-teman pasti akan tertarik. Semoga tulisan saya bermanfaat. Sampai jumpa!


41 komentar:

  1. Apapun yang berhubungan dengan pinjaman memang harus dilakukan secara bertanggung jawab ya mba, agar nggak merugikan diri sendiri dan pihak lain :D setuju sama tipsnya dan yang paling penting memang harus check apakah diawasi OJK atau nggak. Karena setau saya kalau pinjol yang diawasi OJK itu aturan untuk collectornya nggak akan seekstrim pinjol yang kacangan~ hehehe.

    BalasHapus
  2. Harus bijaksana dan hati hati sih tetap buatku jika sudah berhubungan dengan pinjaman uang

    BalasHapus
  3. Walah, kalo kecipratan "teror" dari pinjol gegara ulah orang lain, aku juga kenaaaa tuh Mak :( Kzl bgt! Emang sih, gimana2 yg namanya utang kudu dilakukan oleh orang yg berjiwa dewasa dan tanggungjawab
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Setuju sama Creameno.
    Apa pun bentuk pinjaman kudu dilakukan penuh tanggungjawab agar kelak tidak seperti merasa dijebak.

    Terutama, pastikan di bawah naungan OJK, agar lebih terjamin ya!


    BalasHapus
  5. Pinjaman dana online cek aja ini makin memudahkan ya untuk yang butuh banget, tapi tetep harus inget tujuannya juga ya mau pinjam untuk apa

    BalasHapus
  6. Hihii...untung bundabudah uzur ya, jd wlp mau pinjem doku online teuteup aja gak bisa lha wong bayare kuwi piye lha wong pangsiunan jee, cuma bunda wanti2 sama anak2 kl dpt tawaran pinjaman onlinevsebagus apapun syaratnya jngn mudah tergiur dan hrs berhati-hati.

    BalasHapus
  7. Duh agak ngeri ngeri yah kak kalau bicara pinjaman online ini. Soalnya banyak banget yang terjerat kasus karena mudahnya pinjaman online yang berbuntut bunganya besar. Tapi balik lagi ke masing-masing orangnya mungkin yah kak untuk lebih bijak dalam melakukan pinjaman

    BalasHapus
  8. Sekarang sudah menjamur ya mba pinjaman online yang instan, kalau tidak filter pinjaman dana yang aman dan nyaman dengan portal cekaja.com pastinya akan lebih runyam deh

    BalasHapus
  9. Berhati-hatilah saat menggunakan fasilitas pinjol, awalnya mudah akhirnya bikin malu satu bangsa. Buktikan aja sendiri

    BalasHapus
  10. Tips yang sangat bermanfaat, Mbak. Sama, Mbak. Saya dulu juga pernah mendapat SMS dari penyedia pinjol yang isinya diminta untuk mengingatkan teman untuk membayar tagihan dari pinjaman online yang dilakukannya. Tapi, ada juga ya pinjol yang bisa menjaga privsai. Jadi, kita memang harus pilah-pilih kalau mau melakukan pinjaman secara online.

    BalasHapus
  11. Pinjaman dana online harus pada perusahaaan pinjaman yang terdaftar di OJK. Harus beroperasi di Indonesia juga. Perhatikan bunga dan masa pengembalian juga biar jelas dan tepat bisa ngembaliin

    BalasHapus
  12. Harus terdaftar di OJK perusahaannya sehingga bisa diawasi jika terjadi malpraktik. Perusahaannya juga harus ada di Indonesia. Perhatikan bunga dan jangka waktu pengembalian biar aman dan bisa mengembalikan

    BalasHapus
  13. Yang pasti ketahui besaran bunga dan angsurannya supaya tidak terjerat bunga yang membengkak
    Di CekAja.com terjangkau sih ya

    BalasHapus
  14. Teman aku juga pernah ngalamin kayak ini. Kena teror. Iyah itu kita kadang ga tahu kalo nomer kita di daftarkan orang lain. Itu pasti kesel banget ya

    BalasHapus
  15. Pinjaman online membantu Kita menyelesaikan masalah tapi Kita juga harus cek kemampuan membayar dan juga cekaja legalitas tempat meminjam uang

    BalasHapus
  16. Nah iya harus tau tips aman dan nyamannya. Jadi jangan hanya semangat minjem. Abis itu balikinnya susah

    BalasHapus
  17. Kuncinya memang harus bertanggung jawab ya.. Kalo berani pinjem, ya harus bertanggung jawab balikin tepat waktu sesuai kesepakatan.

    BalasHapus
  18. Yang pertama harus dipahami adalah tujuan peminjamannya ya. Untuk dana yang konsumtif sebaiknya dihindari karena nanti akan bingung bagaimana mengembalikannnya.
    Beda dengan pinjaman untuk produksi, ada hasil dari produksi tersebut yang akan menjadi sumber dana pengembalian pinjaman yang telah dilakukan sebelumnya.

    BalasHapus
  19. Yup bener banget nih Mbak, kita harus berhati-hati saat hendak melakukan pinjol apalagi pinjolnya ke fintech yang tidak berada di bawah naungan OJK karena kalau nggak ya kejadiannya seperti pengalaman temen Mbak itu.

    BalasHapus
  20. Pinjaman ini menurutku bermanfaat jika digunakan sesuai peruntukan alias tujuannya . Selain itu juga harus tepat membayar cicilannya

    BalasHapus
  21. Hidup emang nggak bisa lepas dari hutang ya pun banyak pinjaman online ditawarkan tetap bijak buat kebutuhan produktif bukan konsumtif ya apalagi kalau udah terdaftar di OJK aman nyaman deh

    BalasHapus
  22. Aku hanya sekali pinjam dana online yg lumayan besar waktu cicil rumah. Alhamdulillaaaah setelah 2 tahun 2 bulan lunas hehehe. Kalau kartu kredit dan cicilan memang harus disiplin pemakaian dan pembayarannya biar ngg kena denda or bunga tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah penasaran pinjol kyk apa mbak yang bisa buat cicil rumah?
      Soalnya selama ini yang ku tahu hanya utk pinjaman buat modal usaha :D

      Hapus
  23. Bener itu kudu patuh bayar cicilan.. Jangan cuma minjemnya aja yang cepet bayar cicilan nggak cepet kan

    BalasHapus
  24. Sebenarnya boleh sih ya pinjaman asal tanggung jawab dan kira2 kita sanggup bayar apa ga ya dan pastikan juga tempat pinjaman yang terdaftar OJK.

    BalasHapus
  25. trims tipsnya. soalnya perlu ati2 banget soal pinjol nih.

    BalasHapus
  26. Pokoknya harus teliti kalau mau pinjam uang, harus sesuai kebutuhan dan kemampuan diri. Dan komitmen untuk bertanggung jawab pastinya

    BalasHapus
  27. Selama masih bisa bijak dan disiplin terhadap diri sendiri, aku rasa pinjaman online ini bisa sangat membantu sekali.
    Semoga diberikan jalan keluar yang terbaik atas setiap permasalahan.

    BalasHapus
  28. Buat yang kepepet perlu banget dana untuk membiayai sesuatu baru deh bisa gunakan pinjaman online ya. Itupun harus yang terpercaya dan punya kualitas, kaya CekAja.com ini

    BalasHapus
  29. Iya beneran kudu hati2 banget ya..kalau enggak perlu2 amat mah jgn sampee deh ya..hrs jelas kebutuhan nya ..setuju lah smaa tips nya .

    BalasHapus
  30. Bener banget pinjam dana online bukan untuk belaja konsumtif lebih baik buat modal usaha gitu ya jadi bisa dikembangkan hasilnya

    BalasHapus
  31. Ya wajib hukumnya kalau butuh banget minjem ke pinjol pastikan itu terpercaya dan bernaung di bawah OJK ya supaya kita juga enggak malah jadi dirugikan/ berutang banyak.

    BalasHapus
  32. Pinjam di mana aja yang penting harus tepat waktu saat pembayaran ya mba. Dan harus pintar milih fintech yang udah ada legalitas darj OJK

    BalasHapus
  33. Jaman sekarang memang harus ektra hati hati ya teh, termasuk dalam hal meminjam dana,jangan asal ambil karena tergiur bunga rendah, tapi harus lihat legalitas lembanganya juga.. jangan sampe deh tertipu dan malah habis harta beda kita

    BalasHapus
  34. Pastinya sebelum meminjam selalu ada itikad baik untuk segera mengembalikan dan tidak ditunda-tunda supaya ga numpuk

    BalasHapus
  35. Sebetulmya prinsip meminjam dimanapun tuh sama: harus hati2 dan komitmen. Kalau di online, perlu lebih waspada lagi karena banyak penyedia layanan yg abal2. Thanks to cek aja yg memberi perbandingan produk untuk calon customer.

    BalasHapus
  36. sekarang udah banyak banget jasa pinjam online ya mba.. yang penting kitanya harus jeli dan pastikan kalau agen peminjaman itu terpercaya ya..

    BalasHapus
  37. Hari gini banyak banget penawaran pinjaman online mbak. Ada yang memang bagus tapi tak jarang yang bikin kantong bodong. Aku suka tipsnya mba, setidaknya kalau nyari pinjaman online itu yang terpercaya biar gak bikin kita rugi :(

    BalasHapus
  38. Di CekAja kita hanya bisa membandingkan simulasi kredit pinjaman atau apa bisa membandingkan yang lainnya mbak? Soalnya aku baru tahu tentang CekAja

    BalasHapus
  39. Sekarang banyak bgt ya platform digital yang menawarkan pinjaman online, aku setuju sih sebaiknya sebelum cari pinjaman kita harus pastikan kebutuhannya

    BalasHapus
  40. Bener harus patuh sama cicilan jangan sampe nunggak ya teh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)