25.5.19

Pinjaman KTA, Solusi Untuk Tambahan Modal Usaha


Pinjaman KTA, Solusi Untuk Tambahan Modal Usaha - Teman-teman, ada yang tahu kota Soreang, kota kelahiran dan tempat saya besar? Kalo pernah ke Ciwidey, teman-teman pasti tahu Soreang. Iya, sebelum sampai di Ciwidey untuk berwisata ke Ranca Upas atau Kawah Putih misalnya, teman-teman pasti akan melewati kota Soreang. Sebuah kota kecil yang merupakan ibu kota Kabupaten Bandung.

Soreang Kota Konveksi
Kalo ditanya apa yang unik dan khas dari kota Soreang, jujur saya bingung. Sebab selama 40 tahun hidup di Soreang, saya tidak melihat adanya hal berbeda dari tempat lain. Baik itu dari sisi budaya, makanan, minuman, kebiasaan, atau yang lainnya.

Eh tapi, ada sih yang dominan di kota Soreang. Walopun di tempat lain juga ada, tapi di Soreang, hal ini sangat-sangat banyak. Hal tersebut tak lain dan tak bukan adalah mata pencaharian penduduknya yang berhubungan dengan konveksi. Betul, membuat pakaian jadi. Dari mulai atasan, bawahan, gamis, koko, jins, dan lain sebagainya.

Tak terkecuali dengan keluarga besar saya. Semuanya menggantungkan hidup pada konveksi. Uwak-uwak saya, paman dan bibi saya, bahkan sepupu-sepupu saya, hampir semuanya konveksi. Jadinya, mata pencaharian ini sifatnya jadi turun menurun. Mulai dari nenek buyut hingga ke cucu cicit-cicitnya.

Modal dan Modal
Mama dan bapak saya pun demikian. Dulu saat saya dan kakak-kakak serta adik saya masih kecil, kami juga membuka usaha konveksi. Membuat pakaian jadi dan memasarkannya ke pasar-pasar. Meski kecil-kecilan, dan tak sebesar keluarga bapak saya yang lainnya, tapi untungnya lumayan. Mama dan bapak saya mampu menyekolahkan 4 anaknya, termasuk saya, hingga lulus perguruan tinggi. Barulah, ketika kami anak-anaknya lulus dan bekerja, atas saran kami, mamah dan bapak berhenti usaha konveksinya.

Kenapa usaha konveksinya tutup? Sebab kami, anak-anaknya melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana susahnya usaha ini. Selain butuh modal yang besar, tenaga pemasar juga harus lincah. Nah saat itu, usia mamah dan bapak sudah tak lagi muda. Kekhawatiran akan kesehatan mereka membuat kami melarangnya.

Sebenernya, alasan yang sebenernya bukanlah itu. Tetapi ada pada modal usaha. Sementara orang lain modalnya bertambah besar, nah mamah dan bapak malah sebaliknya.  Modal semakin mengecil karena banyak dipakai untuk keperluan kuliah anak-anaknya. Sedangkan di masa itu pinjaman modal sangatlah susah. Khususnya pinjaman ke bank. Dibutuhkan agunan yang bernilai besar agar si peminjam bisa mendapat tambahan modal. Padahal bagi mamah dan bapak saya, agunan yang dipunyai cuma surat tanah dari rumah yang didiami. Dan mamah sangat tidak setuju jika tanah rumahnya dipakai sebagai agunan untuk meminjam uang modal.

Solusi Untuk Tambahan Modal Usaha
Ini yang sering saya andai-andaikan sekarang. Andai saja dulu sudah ada pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kayaknya saya bakal saranin mamah dan bapak untuk memilih pinjaman ini. Sebab tanpa agunan apa pun, usaha konveksi mamah dan bapak bakal dapat modal tambahan. Jadinya mungkin usaha konveksinya gak akan tutup.

Hal serupa dilakukan sepupu saya 2 bulan menjelang bulan puasa lalu. Menurutnya, saat itu orderan lagi banyak-banyaknya. Akan tetapi karena modal terbatas, orderan tersebut terancam tak bisa dipenuhi. Jadinya, supaya pelanggan-pelanggannya tetap setia dan tidak beralih pada penjual lain, mau tak mau dia pun harus menambah modal. Dan memilih pinjaman KTA yang aman menjadi solusinya. Alhamdulillah, sekarang katanya untungnya berlipat-lipat.

Ya, memilih pinjaman KTA yang aman memang solusi yang pas untuk menambah modal. Selain tanpa agunan, juga prosesnya cepat dan gak ribet. Jika semua syarat sudah terkumpul, dalam 1-2 hari saja, dana tambahan untuk usaha pun bisa cair.

Butuh Tambahan Modal? Coba via CekAja
Ini lebih praktis lagi. Kita bisa meminjam uang untuk modal dengan cara yang mudah. Ya, melalui situs CekAja. Di sana, kita bisa mengetahui syarat-syarat dan prosedurnya. Pilihan bank mitra yang menyediakan pinjaman ini, melihat suku bunganya, serta membuat simulasi pinjamannya, akan sangat membantu kita. Jadinya, kita bisa tahu ancer-ancer berapa cicilan yang akan kita keluarkan setiap bulannya.

Well…
Dalam membuka usaha, selain diperlukan tenaga-tenaga yang handal, juga diperlukan modal yang kuat. Jangan sampai deh karena kurang modal, usaha yang kita bina dari nol terancam keberadaannya. So untuk itu, jangan ragu deh untuk memilih pinjaman KTA yang aman ini.

Kepengen tahu lebih lanjut mengenai pinjaman ini? Cek aja di link https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/. Di sana kita bisa tahu lebih banyak mengenai berbagai halnya. Oke deh teman-teman, sampai di sini tulisan saya. Semoga bermanfaat!


24 komentar:

  1. CekAja ini artikel2nya super bernas ya Mba
    Sangat bisa dijadikan rujukan ketika kita mengarungi dunia financial planning
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. waaa.. untuk KTA ini saya ga berani, teh Nia. kan untuk itu harus sudah punya usaha yang benar-benar sudah berjalan ya, kalau engga takut kalau kepake sehari hari hihihi..

    untuk pengusaha kan memang dibutuhkan saat saat tertentu genting butuh suntikan modal! Tapi disimpan ini infonya, mana tau ada sodara dan teman yang butuh modal cepat

    BalasHapus
  3. Persis kayak keluarga saya, karena tak memisahkan uang buat usaha dan uang buat pembiayaan keluarga, jadinya modal usaha habis buat biaya sekolah.

    BalasHapus
  4. modal emang salah satu kendala ya utk memulai/mengembangkan usaha.. dengan adanya KTA bisa jadi solusi.. selama bisa digunakan dengan baik

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah pinjam model KTA gini. Gak berani hehe. Tapi kalau usahanya mau cepat berkembang emang butuh modal lebih banyak dan KTA bisa jadi solusi ya

    BalasHapus
  6. Waaaah sepertinya pernah ngelewatin, eh pasti ya, kalau ke ciwedey ngelewatin tuh pas di pasar ada banyak banget konveksi-konveksi gitu

    BalasHapus
  7. Konveksi memang butuh modal besar sih ya. Makanya dulu aku malah mulainya dari usaha jahitan butik, jadi produksinya lbh dikit dan eksklusif.

    BalasHapus
  8. Bener teh solusi banget untuk tambahan modal buat usaha nih, saya usaha fashion yang produksi sendiri bener2 solusi nih kayaknya pinjaman kta

    BalasHapus
  9. Pinjaman KTA memang bisa jadi salah satu Solusi Untuk Tambahan Modal Usaha, secara minjamnya bisa lebih cepat dan tidak ribet. Tapi tetap kudu disiplin dalam pemakaiannya ya

    BalasHapus
  10. Simbahku dulu punya konveksi, anak-anaknya yang jadi penjahit dan mengelola dari bordirnya, desainnya, sampai kemudian mereka bertambah tua, tenaga pemasarannya di pasar johar semarang menghilang. Akhirnya hanya ibu yang menjahit.

    Usaha konveksi memang butuh modal besar dan tenaga pemasaran ya Teh. Asal dikelola dengan baik, pasti berkembang. Apalagi ada pemodal seperti CekAja yang bisa membantu mengembangkan usaha dengan modal usaha

    BalasHapus
  11. Bisa mengembangkan usaha ya dengan pinjam KTA. Perlu meluncur ke CekAja nih teh.

    BalasHapus
  12. Wah ternyata yang khas adalah usaha konveksi di Soreang ya Teh, jadi pengen usaha busana muslim deh hihihi..intip cekaja dulu deh buat lihat KTA..

    BalasHapus
  13. Banyak juga tetangga saya yang dapat manfaat dari pinjaman KTA ini. Ada yang pandai memutar modal dan usahanya semakin berkembang.Tapi ada juga yang ga bisa mengatur keuangan malah pinjamannya dipakai buat keperluan pribadi. Akhirnya gagal bayar deh.

    BalasHapus
  14. Banyak yang terbantu dengan adanya KTA nih mba. Tetangga saya juga alhamdulillah terbantu juga. Soalnya buat mulai usaha itu butuh modal yang gede ya

    BalasHapus
  15. Kebetulan adikku mau buka usaha makanan ringan nih teh, butuh banget pinjaman KTA. Bisa aku rekomendasiin nih buat pinjam di cekaja.com

    BalasHapus
  16. Aku pernah sekali banget pinjam KTA buat bantu bisnis saudara. Cuma KTA ini pakai jaminan apa mba?

    BalasHapus
  17. Andai dulu ada KTA, usaha ortu gak akan gulung tikar ya kak... setidaknya walau ortu gak urus 100%, anak2nya bisa melanjutkan usaha bersejarah ini. Dari anak2 kecil sampai pada kuliah, loh...keren

    BalasHapus
  18. Duh bentar mbak, aku jadi ingin nyanyi lagu tidur Soreang.. Ka Kopo.. Kamu angkot nu hejo.. Hehe

    Bener ya, modal itu memang sumber utama buat usaha. Sekarang alhamdulillah bisa dapet suntikan modal dari KTA. Semakin memudahkan pelaku bisnis ya.

    BalasHapus
  19. Kadang suka kabita, Teh, dengan pengusaha konveksi, jadi pengen juga punya usaha seperti itu. Tapi ya begitulah, butuh modal besar ya...

    BalasHapus
  20. KTA memang mudah dan membantu,apalagi untuk mengembangkan usaha yang produktif. Yang penting disiplin untuk menggunakan dana dari KTA dengan sebaik-baiknya...tfs mb...

    BalasHapus
  21. Kadang kalau ingin memulai usaha kecil-kecilan tuh suka bingung modalnya, kalau pakai KTA gini tuh yang penting pengembaliannya sesuai dengan jadwal sih aman ya teh.

    BalasHapus
  22. Iya teteh..
    Kalau berada di dunia usaha, tahu banget deeh...mau punya project, malah kepentok modal.
    Inginnya...ada pemodal yang percaya sama kita yaa...

    Tapi kalau belum ada, bisa mengusahakan ke pinjaman KTA.

    BalasHapus
  23. Pas zamanku tinggal di Sby dulu, Org Sunda emang terkenal oke sebagai penjahit atau pengusaha gorden gtu mbak. Trnyata emang turun menurun ya.
    KTA ini membantu pengusaha ya, asalkan kudu selektif milihnya dan minjem kalau pas bener2 butuh. Bener2 cek dulu dan banding2in dulu.

    BalasHapus
  24. KTA gini bunganya berapa ya, Teh? trus verifikasinya lewat apa? soalnya kan ga pake agunan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)