26.2.19

Klinik Asiki : Klinik Modern di Daerah Terpencil, Klinik Terbaik di Provinsi Papua


Apa yang ada di pikiran teman-teman saat mendengar frasa kata 'klinik di daerah terpencil'? Apakah itu terbayang semua tempat berobat yang sangat sederhana dengan fasilitas yang serba terbatas? Saya yakin begitu. Sebab saya pun demikian. Jangankan di daerah terpencil, di beberapa daerah di pelosok Jawa saja, saya percaya, bahwa klinik kesehatan yang seperti kita bayangkan, itu masih ada.

Dugaan saya salah besar. Tak semua klinik di daerah terpencil itu begitu. Ada ternyata klinik kesehatan yang berada di daerah terpencil tetapi memiliki tempat yang bagus, dengan fasilitas yang lengkap. Salah satunya adalah Klinik Asiki. Sebuah klinik modern yang berada di pedalaman Papua.

Klinik Asiki, Klinik Modern di Pedalaman Papua
Benar, teman-teman tak salah baca. Klinik modern di daerah terpencil, yakni Klinik Asiki ini benar adanya. Sebuah klinik yang dihadirkan KORINDO Group bersama dengan KOICA (Korea International Cooperation Agency). Sesuai dengan namanya, Klinik Asiki berada di Kampung Asiki. Salah satu kampung pedalaman Papua, di wilayah perbatasan Indonesia – Papua New Guinea (PNG). Tak hanya modern dan lengkap, klinik ini juga memberikan pelayanan secara gratis kepada siapa pun putra daerah Papua, serta masyarakat tidak mampu. Tentu saja hal ini merupakan bentuk dari kontribusi KORINDO Group dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat setempat.

Ruang rawat inap Klinik Asiki yang mirip dengan puskemas dan rumah sakit di kota-kota besar

Ruangan dalam Klinik Asiki yang bersih dan modern

Klinik Asiki sendiri resmi dibuka pada bulan September 2017, oleh Chairman KORINDO Group, Mr. Eun Ho Seung. Dalam kesempatan itu dihadiri juga jajaran pemerintahan daerah Papua, anggota DPRD Papua, perwakilan diplomatik Korea Selatan untuk Indonesia, perwakilan KOICA di Indonesia, komunitas dewan pemimpin adat, serta sekitar 600 masyarakat Asiki. Dengan gedung seluas 1100 meter persegi, klinik ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dari mulai ruang rawat jalan, rawat inap, ruang bersalin, ruang perawatan bayi atau perinatologi, IGD, ruang bedah minor, USG, farmasi, serta fasilitas lainnya, hingga kendaraan ambulans.

Klinik Terbaik di Provinsi Papua
Di tahun yang sama dengan tahun dibuka klinik ini, yaitu di tahun 2017, Klinik Asiki mendapat gelar Klinik Terbaik di tingkat Provinsi Papua versi BPJS Kesehatan. Sehingga karenanya, di tahun 2018, tepatnya di bulan April, Klinik Asiki mendapat penghormatan untuk menghadiri Pertemuan Nasional FKTP BPJS Kesehatan di Jakarta. Dari sekian banyaknya klinik di Papua dan Papua Barat, Klinik Asiki menjadi 1 dari 5 saja klinik yang diundang ke event bergengsi tersebut.

Tak hanya gedung dan fasilitasnya saja yang dinilai bagus. Kinerja Klinik Asiki juga menuai banyak pujian dari pihak BPJS Kesehatan. Termasuk dari Deputi BPJS Divisi Regional XII Papua-Papua Barat, dr. Anurman Huda, MM., AAK. Beliau tidak menyangka jika di daerah terpencil seperti di Asiki Papua ada klinik besar dan bagus dengan fasilitas yang setara dengan puskesmas di kota besar. Apalagi Klink Asiki ini sudah memiliki 10.000 peserta. Sebuah jumlah yang cukup banyak untuk wilayah Boven Digoel, mengingat Asiki yang letaknya berada di daerah perbatasan negara Indonesia dan Papua New Guinea.

Pasien dan tenaga medis di Klinik Asiki

Memberi Layanan Terbaik Sekali Pun Berada di Pedalaman
Berbagai keterbatasan karena jarak ke kota besar yang jauh tak membuat KORINDO memberikan pelayanan setengah-setengah kepada masyarakat melalui Klinik Asiki. Komitmennya di dalam menciptakan dan mendukung program pemerintah di bidang kesehatan sangatlah besar. Jadinya wajar jika Klinik Asiki menjadi klinik terbaik se-Papua dan Papua Barat dua tahun berturut- turut. Tak tanggung-tanggung, dalam meraih predikat ini, Klinik Asiki bersaing dengan sekitar 700 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP) lain yang ada di Papua dan Papua Barat. Tak hanya keren dari sisi fasilitas kesehatannya saja, Klinik Asiki pun memiliki tenaga medis profesional yang dapat diandalkan.

Tenaga medis profesional di Klinik Asiki yang siap melayani pasien

KORINDO Grup memang sangat memperhatikan aspek kesehatan. Sehingga pembangunan Klinik Asiki ini juga bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan fasilitas kesehatan dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Oh ya, selain memberikan layanan secara langsung di klinik, Klinik Asiki juga punya program baru, yaitu Mobile Service. Program ini dilakukan secara turun langsung ke kampung-kampung terpencil dan juga perbatasan di wilayah sekitar perusahaan, yakni di Kabupaten Boven Digoel, Papua. Sasaran utamanya ditujukan untuk peningkatan kesehatan ibu hamil dan bayi atau balita. Tentu saja, dengan program ini akses dan pemanfaatan layanan kesehatan menjadi lebih tinggi.

Well…
Membaca tentang Klinik Asiki dan lalu melihat-lihat foto-fotonya membuat saya terharu. Sungguh, saya tak pernah menyangka jika di daerah terpencil seperti di pedalaman Papua, terlebih di daerah yang merupakan perbatasan negara kita dengan Papua New Guinea, ada klinik yang bagus dengan fasilitas yang lengkap seperti itu.

Membayangkan bagaimana para tenaga medis dan jajaran KORINDO Grup yang bekerja keras demi tingkat kesehatan masyarakat setempat yang lebih baik, apalagi dengan dibuatnya program Mobile Service yang turun langsung ke lapangan, membuat saya malu. Saya yang ada di kota besar, yang begitu dekat dengan berbagai fasilitas hidup termasuk fasilitas kesehatan, tak pernah sekali pun kepikiran untuk bisa memberi kontribusi terhadap lingkungan sekitar. Iya, saya memang bukan tenaga medis, dan Klinik Asiki pun juga merupakan bentuk komitmen KORINDO Grup sebagai implementasi dari kegiatan CSC/CSR. Tapi sejatinya, berbagi dan peduli kepada sesama adalah tanggung jawab siapa saja. Bukan hanya perusahaan besar, diri pribadi juga berkewajiban atas hal itu. Tentunya dengan melakukan apa pun yang kita bisa.

Semoga tulisan saya kali ini membawa manfaat. Terlebih membuat kita menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan juga sesama. Saya sih berharap, apa yang dilakukan KORINDO Grup menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk melakukan hal serupa: ikut menciptakan dan mendukung program pemerintah di bidang kesehatan, terutama di daerah-daerah pedalaman. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya!


Referensi
  1. https://korindonews.com/gallery/klinik-asiki/?lang=id
  2. https://korindonews.com/korindo-asiki-clinic-named-the-best-clinic-in-papua/?lang=id
  3. https://korindonews.com/green-tomorrow-vol-1-edition-2-2017/?lang=id

47 komentar:

  1. Kasihan juga masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, mau ke kelinik yang pelayanannya seadanya aja harus melewati banyak rintangan apalagi mau ke rumah sakit. Untung deh Korindo bisa mendirikan Klinik Asiki yang modern untuk membantu pelayanan kesehatan masyarakat di daerah terpencil.

    BalasHapus
  2. Keren banget kliniknya sampai meraih penghargaan. Sempat gak menyangka juga saya bisa ada klinik sekeren ini di daerah 3T. Tetapi, juga bersyukur karena artinya faktor kesehatan pun diperhatikan di sana

    BalasHapus
  3. Kagum banget sama kepedulian Korindo dengan cara mendirikan klinik di Papua. Kebayang sih betapa repotnya para ibu hamil di pelosok sana untuk cek kesehatan karena sulitnya akses kesehatan.

    Semoga warga Papua bisa manfaatkan fasilitas kesehatan sebaik2nya yaaah

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah banyak pihak yang terus memperhatikan kesejahteraan masyarakat Papua ya kak, walaupun ada di ujung tapi Papua tetap NKRI yang sepantasnya merasakan hal yang sama dengan kita yang ada di pulau jawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi ya kak yang perhatian dengan saudara saudara kita disana

      Hapus
  5. Senang banget sekarang infrastruktur dan fasilitas umum di Papua sudah banyak ya. Semoga saja makin banyak lagi fasilitas kesehatannya juga disana.

    BalasHapus
  6. Subanallah.. baca tulisan ini jadi pengen jadi salah satu petugas kesehatan disana.. seneng banget rasanya bisa membantu banyak orang khususnya pada bidang kesehatan di tempat yang terpencil.. klinik asiki ini menjadi layaknya air di gurun sahara ya teh.. dibutuhkan banget oleh banyak orang

    BalasHapus
  7. Keren ya, ada Klinik modern di daerah2, jd klo ada warga yg membutuhkan perawatan gak perlu lg jauh2 ke luar daerah. Semoga ke depannya Indonesia terus membangun klinik2 di seluruh pelosok negeri.

    BalasHapus
  8. Wah aku baru tahu dengan klinik ASIKI ini mba. Ternyata di Papua kliniknya bisa ada sekeren ini ya, memang KORINDO banyak berkontribusi untuk kemajuan Papua, semoga ada jejak yang baik bagi pihak swasta lainnya.

    BalasHapus
  9. Waaah Papua makin menunjukkan kemajuannya. Wilayah Papua, apalagi menuju arah PNG itu dikelilingi pepohonan yang lebat. Dikiri kanan penuh hutan belantara. Tentunya hal ini menjadi faktor pemicu tingginya masyarakat yang terjangkit malaria. Sementara klinik kesehatan masih minim. Namun jika skrg sudah berdiri klinik Asiki yang lengkap peralatannya tentu sangat membantu penanganan medis para pasien disana.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, aku turut bahagia kak. Mudah mudahan dengan adanya klinik asiki saudara kita yg ada di papua jadi lebih sehat ya kak

    BalasHapus
  11. wah ini klinik dari CSR perusahaan Korindo? semoga kesehatan daerah perbatasan seperti di Asiki semakin meningkat ya dengan kehadiran Klinik Asiki. Enaknya bisa pakai BPJS Kesehatan juga.

    BalasHapus
  12. Ternyata kita punya pikiran yang sama mba, kukira ditempat seperti papua, klinik dan sebangsanya msh minim fasilitas, tapi twrnyata klinik Asiki ini udah jauh dari kata sederhana. Keren

    BalasHapus
  13. Terlihat sekali ya kehangatan dari para petugas medis di klinik asiki.. walaupun berada di daerah perbatasan yang jauh disana.. tapi tetap memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat disana.. semoga para petugas kesehatan disana senantiasa berbahagia ya teh.. agar senantiasa memberikan layanan terbaik untuk masyarakat disana.. aamiin sebuah kegiatan CSR yang sangat menginspirasi

    BalasHapus
  14. Semoga semakin banyak ya teh klinik modern kayak gini di daerah - daerah terpencil, biar kebahagiaan dan kesehatan selalu terpancar.

    BalasHapus
  15. Suka sama terobosannya Korindo Group ini, mau menjangkau daerah-daerah di pelosok. Semoga banyak perusahaan lain yang tergerak mengikuti jejak Korindo, supaya pelayanan kesehatan si indonesia bisa merata.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah mulai dibangun klinik modern yang memadai ya

    BalasHapus
  17. Wah, kalau bilang klinik yang kebayang bukan seperti ini. Lihat fotonya udah kaya rumah sakit besar ya. Alhamdulillah di Papua sudah terjamah fasilitas kesehatan yang bagus seperti ini

    BalasHapus
  18. Apa yang dilakukan Korindo Group tentu sangat membantu dan bermanfaat untuk banyak orang, ini perlu didukung agar terus berkelanjutan

    BalasHapus
  19. Sungguh mulia yg mau berjuang di pelosok seperti di Papua. Semoga Allah permudah segala urusan dan menjadi kebaikan yg terus mengalir. Seneng deh baca tulisan ini. Jadi sebagai informasi ternyata ada ya klinik yg layak di daerah dan berhasil. Barakallah. Semoga menyusul akses tempat2 yg lain

    BalasHapus
  20. Semoga makin banyak klinik seperti ini di daerah terpencil. Kebayang sih gimana ribet dan hawatirnya saat sakit dan gak ada pertolongan pertama gara2 gak paham dan gak ada tempat berobat

    BalasHapus
  21. Perusahaan swasta yang punya aktivitas CSR gini membantu program pemerintah mengurusi masalah kesehatan masyarakat yang tinggal di wilayah terdalam, atau tertinggal ya

    BalasHapus
  22. Di pelosok manapun kau berada, kita tetap satu. NKRI harga mati. Kesetaraan akan dibangun. Bangga dengan didirikannya RS ASIKIN oleh KORINDO. Semoga ASIKIN2 berikut akan menyusul di wilayah terpencil lain berkat Korindo.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah ya teh, saya juga ikut terharu, sama dengan apa yang dipikirkan teh Nia. Gak nyangka di daerah terpencil ada klinik yang bagus dan lengkap begitu. Moga fasilitasnya dapat dipergunakan sebesar besarnya oleh rakyat ya.

    BalasHapus
  24. pantas aja klinik Asiki ini jadi klinik terbaik di Papua, wong ruangannya bersih gitu, udah gitu tenaga kesehatannya juga mumpuni dan profesional semua yaa. Semoga dengan keberadaan klinik ini, tidak lagi terdengar kabar saudara-saudara kita di Papua menderita sakit dan tidak tertangani dengan baik yaa

    BalasHapus
  25. Senang banget mengetahui ada fasilitas kesehatan di Papua yang sudah modern gini. Sehat selalu yaa, saudara-saudaraku di Papua, amiiin

    BalasHapus
  26. Wow bagus banget klinik nya. Korindo grup semoga terus membantu meratakan kesejahteraan masyarakat indonesia ya ...

    BalasHapus
  27. Super happy and proud that we have this great clinic! Pasti bermanfaat banget buat Papua

    BalasHapus
  28. Sebagai orang yang lahir dan besar di Papua saya ikut bersyukur dengan adanya klinik ASIKI dari Perusahaan Korindo ini. Program tersebut tentu akan sangat membantu saudara2 kita yang tinggal di sana terutama di daerah terpencil. Harapan saya sih semoga klinik ASIKI ini juga bisa menjangkau seluruh daerah terpencil yang ada di Papua, termasuk di kampung kelahiran saya di Kepuluan Yapen. Btw thanks for sharingnya mbak.

    BalasHapus
  29. Seneng banget pas baca berita ini, ada klinik modern Asiki di Papua. Semoga klinik ya berkah. Mau kasih tau suami, kebetulan lagi tugas di Papua

    BalasHapus
  30. dan pasti akan sangat bermanfaat karena diperlukan sekali ya di Papua. Kereeen kliniknya dan lengkap juga

    BalasHapus
  31. Senangnya saya baca postingan ini, salut luar biasa saya kepada KORINDO Group bersama dengan KKOICA yang telah menghadirkan Klinik Asiki di daerah pedalaman yang luar biasa bagus secara fisik dan juga pelayanannya, semoga bisa menginspirasi daerah lainnya juga.

    BalasHapus
  32. Klinik Asikin akan membawa perubahan pola hidup sehat dan membantu orang yang sulit mendapatkan akses kesehatan.

    BalasHapus
  33. Tidak mudah bisa membantu orang pedalaman karena akses mereka sulit apalagi membangun klinik kesehatan.

    Adanya Asiki akan membuat warga pedalaman bahagia.

    BalasHapus
  34. Keren ya kalo CSR perusahaan benar-benar memberikan dampak positif untuk masyarakat. Apalagi di Papua kayak gini. Warga di sana jadi terbantu.

    BalasHapus
  35. Lihat foto-foto berapa bersih dan lengkapnya klinik asiki membuat saya salut dengan Korindo group yang sudah menghadirkan layanan kesehatan bagi masyarakat di Papua, semoga semakin banyak klinik seperti ini di daerah-daerah terpencil untuk menjaga kesehatan masyarakat

    BalasHapus
  36. Wah bagus kliniknya mbak. Aku tu mbayangin kalau banyak fasilitas keseatan kyk gini pastinya sangat bermanfaat banget ya buat warga Papus. Moga2 makin banyk kliik jg fasilitas lainnya di sana. Apresiasi buat Korindo yg mau bangun klinik di sana.

    BalasHapus
  37. Alhamdulillaahh udah ada pelayanan kesehatan seperti klinik Asiki ini. Jd meski jauh sangat, masyarakat Papua tetap terjaga kesehatannya

    BalasHapus
  38. Kliniknya keren banget, bersihhh semoga makin banyak tenaga medis yang berkontribusi disanaa. Hayu atuh teeh, kita ngelamar cuss..

    BalasHapus
  39. uceeet di papua ada klinik kaya gini... mantap ini.... kegiatan CSR yang keren neh ka

    BalasHapus
  40. Sudah selayaknya pihak swasta seperti Korindo ini memberikan kontribusi terbaiknya bagi masyarakat di sekitarnya. Hal ini bagus sekali, langsung memberikan sumbang sih nyata pada tingkat kesehatan masyarakat daerah terpencil.

    BalasHapus
  41. Kalau banyak perusahaan swasta yang peduli kyk bangun2 klinik gini enak ya mbak, maka makin banyak fasilitas umum salah satunya sarana kesehatan yang bagus di sana.

    BalasHapus
  42. Wah keren nih mak. Salute nih sama programnya. Kesehatan tuh salah satu investasi yg harus dibangun oleh pemerintah

    BalasHapus
  43. Keren!
    Dengan begini kesehatan masyarakat di pelosok daerah akan meningkat karena fasilitas kesehatan yang representatif. Mudah-mudahan banyak lagi fasilitas kesehatan yang serupa ini dibangun di pelosok Indonesia

    BalasHapus
  44. Berita menggemberikan banget ini, semoga di daerah lain akan segera ada fasilitas seperti ini dari pemerintah maupun CSR begini, seneng lihatnya :D

    BalasHapus
  45. Klinkiknya bagus dan kelihatan nyaman. Senang sekali mendengar fasilitas kesehatan kian diperhatikan di daerah terpencil

    BalasHapus
  46. Senang sekali pasti ya warga disana, bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang bagus dan bersih :D semoga klinik yang bagus seperti ini bisa dibangun di tempat-tempat terpencil lainnya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)