12.11.18

7 Ide Bisnis Kecil untuk Ibu Rumah Tangga


Teman-teman, selain ngeblog dan nulis konten web, saya kepengen banget berbisnis. Tapinya tetep, semua bisa saya lakuin dari rumah. Kenapa? Sebab jadi ibu dari 4 anak yang gak punya asisten rumah tangga, saya tentu punya tanggung jawab urusan domestik. Dan jika selama ini saya gak serius aja mikirin soal bisnis ini karena terkendala urusan modal, kini saya punya alternatif. Iya, saya bisa ngajuin kredit modal usaha Kota Bandung. Jelas ya, karena saya memang berdomisili di Bandung.

Untuk mewujudkan impian punya bisnis, saya sebenernya masih mikir-mikir. Kira-kira, bisnis apa ya yang cocok buat saya yang bisa dilakuin di rumah, sambil ngasuh anak-anak dan ngurus keluarga? Berikut ini 7 ide bisnis yang menjadi pertimbangan saya.

1. Buka Warung
Ini bisnis yang pertama kali terlintas di pikiran saya. Buka warung, yang dagangannya antara lain sembako, jajanan anak-anak, dan peralatan rumah tangga sederhana untuk kebutuhan sehari-hari. Menjadi pertimbangan pertama karena paling gampang dan gak terlalu repot. Tapi yang jadi masalah, warung di sekitar rumah saya udah banyak. Selain takut dibilangin nyaingin warung-warung tetangga, walopun saya percaya yang namanya rezeki itu sudah diatur-Nya, juga karena anak-anak saya pada suka jajan. Belom-belom dapet untung, eh dagangan habis dicamilin anak-anak. Hehehe… rugi dong, ya!

2. Buka Warnet
Ini nih yang potensial di tempat saya. Ya, di kampung saya, gak ada warnet. Dulu pernah ada, tapi gak tahu kenapa tiba-tiba tutup. Tapi yang jadi hambatan adalah orang-orang yang sudah pada punya hape. Ini mungkin juga jadi sebab warnet di kampung saya tutup. Ngakses internet via hape kan lebih gampang, bisa di mana aja, dan lebih murah karena ada paket bundling dari berbagai operator telepon.

Yang bikin potensial lainnya dari buka warnet kayaknya adalah bisa jadi tempat bermain games online. Iyap, sebab bermain games online ada banyak yang gak bisa diakses di hape. Dan akan lebih seru jika dilakukan via PC. Tapi kendalanya, saya takut sama tetangga karena anak-anak mereka nantinya terlalu betah main games online. Soalnya dulu, sempet ada kasus tetangga yang menyatroni warnet karena anak-anak kampungnya pada keasyikan main games online di sana. Waduh… takut, euy!

3. Buka Konter Hape dan Pulsa
Ide ini lumayan potensial, sebab di kampung saya udah ada yang berbisnis ini. Tapi gak banyak, cuma 2-3 tempat kayaknya. Namun sepertinya, buka konter hape butuh modal yang besar, ya. Buat beli-beli dan nyetok hape. Dan berisiko juga. Mengingat yang beli hape, apalagi hape baru, akan sangat jarang. Kalo untuk untuk bisnis pulsanya sih, gak perlu modal besar. Oke deh, bisnis pulsanya nih yang bakal jadi pertimbangan.

4. Buka Usaha Payment Point Online Bank (PPOB)
Ini nih bisnis yang potensial juga. Payment Point Online Bank (PPOB). Pada tahu kan bisnis ini? Itu, lho, bisnis yang menyediakan jasa tempat membayar segala macam keperluan yang berhubungan dengan bank atau lembaga lain, yang dilakukan secara online. Jadi di sini, kita menjadi tempat perantara membayar listrik, air PAM, telepon, internet, tv kabel, pulsa telepon, token listrik, bayar pajak, dan berbagai pembayaran lain yang biasa dibayarkan via bank atau loket pembayaran khusus. Bisnis ini sangat potensial karena bisa menjaring pelanggan di sekitar kampung saya. Sebab kalo ke bank lumayan jauh dan butuh ongkos. Bisnis seperti ini belom ada pula di kampung saya. Dan alat serta modal untuk berbisnis ini juga gak terlalu banyak. Noted deh ya buat jadi prioritas.

5. Bisnis Franchise Makanan & Minuman
Ini yang sedang musim. Bisnis franchise makanan dan minuman. Cukup menjanjikan sih, tapi di kampung saya, tepatnya posisi rumah saya kurang strategis. Untuk bisnis ini idealnya bertempat d dekat sekolah, kantor, atau rumah yang banyak pekerjanya. Nah rumah saya, itu kampung tradisional. Jadinya orang-orang banyak yang masak sendiri. Dan harga makanan atau minuman franchise kan biasanya lebih mahal daripada jajanan yang lainnya. Untuk bisnis yang satu ini, saya mungkin kudu nyewa tempat di deket sekolahan atau kantor. Gak mungkin banget. Kan niatnya juga punya usaha di rumah. Biar bisa ngasuh dan ngurus rumah.

6. Bisnis Kios Pertamini
Ini juga yang lagi banyak. Bisnis kios pertamini atau bisnis bensin eceran. Apalagi di kampung saya yang lumayan jauh dari SPBU. Kendaran bermotor ada kalanya perlu BBM secara cepat. Dan kios pertamini jadi solusi. Bisnis ini memungkinkan bagi saya. Tapi untuk orang yang sedikit ceroboh kayak saya, kudu ekstrahati-hati. Sebab jika tidak, bisa bahaya. Oke, saya kudu lebih waspada dan hati-hati jika nanti memilih bisnis ini.

7. Bisnis Toko Online
Bisnis ini yang sebenernya saya inginkan sejak lama. Punya toko online. Saya bisa menjualnya di media sosial. Misalnya saja Facebook dan Instagram. Apalagi kini bertebaran marketplace. Barang dagangan bisa menjangkau daerah mana saja. Dan ada program promote toko pula. Sangat memungkinkan toko saya dikenal pelanggan di marketplace tersebut. Jika sudah lumayan, saya juga bisa bikin website tokonya. Rada-rada mirip ngeblog juga kan, ya. Jadinya gak kudet-kudet amat.

Tapi sampai saat ini saya masih bingung dengan jenis barang yang akan saya jual. Saya belom nemu agen atau grosir yang bisa saya jadikan sebagai tempat berbelanja saya agar saya bisa dapet keuntungan. Tapi gapapa, saya akan tetep cari. Sebab pilihan yang ini sudah saya impikan sejak lama.

Nah teman-teman, itu dia 7 ide bisnis yang selama ini saya pikirkan. Teman-teman punya ide yang lain? yuk, sini kita diskusi. Atau malah teman-teman juga punya impian yang sama? Punya keinginan untuk berbisnis di rumah dan terkendala modal juga? Kalo iya, cek ke link ini deh https://www.cekaja.com/small-business-banking. Di sana teman-teman bakal tahu mengenai Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Secara Online. Dan sekaligus, teman-teman bisa langsung ngajuin dengan melengkapi data-datanya. Semoga bermanfaat, ya. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya. Bye!


56 komentar:

  1. Terimakasih atas 7 ide bisnisnya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Tertarik di bisnis kuliner sih kalo aku. Cuma saat ini blm bisa merealisasikannya

    BalasHapus
  3. Wah idenya menarik nih mak. Aku lagi ngidupin distro kaos muslim nih sambil ngajarin si sulung

    BalasHapus
  4. nambah dong, jadi blogger hehehe... FYI sekarang kan blogger juga jadi bisnis hehe

    BalasHapus
  5. Bookmark aaah info ini. Aku juga mau mulai menekuni lagi bisnis craftku yang dulu pernah keteteran karena kutinggal kerja kantor nih Nia. Doain aja ya biar beneran bisa jalan dan berkembang, biar aku ga perlu keluar rumah untuk ngantor tiap hari.

    BalasHapus
  6. Hihihi..saya pun irt nih, bingung mau bisnis apa, sekarang mah mau fokus ngurus krucil dulu, deh

    BalasHapus
  7. Wah mantaps teh Nia aku kepikiran buka rumah makan. Dulu sempat buka tapi gak keurusin blm setahun sdh bubar hahaha..padahal modal banyak disitu....

    BalasHapus
  8. Banyak juga ya ide bisnisnya. Kalo Franchise perlu modal lumayan besar.
    Sama, yang aku pengin juga bisnis toko online via instagram, tapi ya bingung mau jualan apa hahaha. Malah anak sulungku yang udah dari SMA udah jualan online via ig, jualan kosmetik :D

    BalasHapus
  9. Kalau rumah kita di pinggir jalan yg dilewati banyak kendaraan, bisnis pertamini kayanya menjanjikan yaa. Tapi paling gampng sih tetep nomer 7, udah pengalaman main sosmed soalnya :)

    BalasHapus
  10. Wah boleh dicoba nih idenya. Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  11. Akupun belum memutuskan untuk memilih bisnis yang mana teh, karena semakin banyak pilihan aku jadi semakin bingung dan memang terlalu banyak pertimbangan sehingga bisnis belum mulai-mulai.. saling mendoakan ya teh.

    BalasHapus
  12. Saya dulu resign kerja cita² punya warung sembako. Tapi sayang perumahan saya kurang merespon warung, mereka lebih senang ke minimarket dan supermarket, alhasil saya gulung tikar.

    BalasHapus
  13. Warnet masih ada peminatkah jaman sekarang?

    BalasHapus
  14. Dulu saya pernah bika usaha warnet. Memang kebanyakan pada main game online. Tapi, yang saya gak suka tuh bahasanya. Banyak yang suka ngomong kasar. Sekarang buka toko online aja, lah

    BalasHapus
  15. Uktuk poin 2 dan poin 3 nampaknya sudah kian meredup mba. Kalau boleh berpendapat nampaknya yg paling berpeluang era kini adalah menjalani online shop ya

    BalasHapus
  16. rerataide itu sudah aku lakukan Mba Nia, yang paling asik bisnis makanan, mseki ga untung yang penting perut kenyang, hahaha

    BalasHapus
  17. wah, masalah terberat sama kaya saya Teh, masih bingung dengan jenis usaha/barang yang akan saya jual. belom nemu agen atau grosir yang bisa dijadikan sebagai tempat berbelanja agar saya bisa dapet keuntungan. Hehehe...

    BalasHapus
  18. No 5 dn 1 udah aku jalanin mba walau akhirnya tutup skrang lg nyambi dropshiper klo gk ada event blogger hiks berkah krn trbiasa megang uang jd lieur klo gk punya usaha

    BalasHapus
  19. Buka warung yang kayaknya cocok nih, tinggal nungguin pelanggan bari nge-blog, hihihi

    BalasHapus
  20. Kalo mau bisnis kios Pertamini tuh nyari infonya dimana ya mbak? Aku juga tertarik tuh

    BalasHapus
  21. kayaknya bisnis toko online aja lebih oke deh..

    BalasHapus
  22. Mbak bisnis pertamini tu harus daftar ke pertamina atau bagaimana si sebenarnya prosedur yang benar?

    BalasHapus
  23. Benar Mbak Nia, kalo mau usaha mending yang lain saja. Jangan warnet yang nantinya paling diramaikan sama anak-anak yang main game online. Kita jadi ikut berdosa juga kalo anak2nya jadi pada bandel, kan.

    BalasHapus
  24. Sekarang ini banyak bisnis potensial ya yang mudah untuk dijalankan, asal istiqomah bisa sukses. Kalau warnet di tempat saya udah ga hype lagi, yang lagi hype tuh warkop yang ada camilan dan minumanya terus pasang wifian deh. Laris manis.

    BalasHapus
  25. Yang nomor 4 aku tertarik nih. Pengen tahu lebih banyak 😊

    BalasHapus
  26. Nah..ini dia..aku ga bakat bisnis, mba..hehe.. tapi di rumah adikku yg bisnis PPOB dan ini lagi dipikir-pikir utk bisnis kuliner sederhana..

    BalasHapus
  27. Bener2 nih ide bisnis untuk ibu rumah tangga, sambil menjaga anak bisa juga cari penghasilan.

    BalasHapus
  28. Aku tuh tergoda bangeeet buka toko online euuuy.. secara barangnya banyaaak hehehee

    BalasHapus
  29. Kalau di kota2 besar buka bisnis warnaet udah mulai ga dilirik, mbak. Soalnya semua orang bisa punya akses internet dari hp masing2. Apalagi yang udah pakai wifi, kan.

    BalasHapus
  30. Aku ga bakat bisnis mba..jadinya hanya mensupport adik yg berbisnis PPOB di rumah, dan sekarang sedang ngompor2in dia utk berbisnis kuliner hehe..

    BalasHapus
  31. Iya bener mba aku setuju salah satunya usaha warung, kita masih dirumah dan jaga anak pkus sambil usaha

    BalasHapus
  32. Kalau aku lagi kepikiran buka toko oleh-oleh sama souvenir khas Kebumen, Mba. Gara-garanya ada temen jualan pecel di Pantai Suwuk,cerita kalau prospeknya bagus, dan ada ruko yang masih kosong terus nawarin ke aku deh. Tapi masih banyaaak yang harus dipikirin sih, hehe.

    BalasHapus
  33. mau nambahin, jadi kontributor artikel di situs2 parenting :D hahaha...

    BalasHapus
  34. Menjadi ibu rumah tangga tidak menjadikan perempuan terbatasi kreatifitasnya mba yah 😊

    BalasHapus
  35. Khusus nomer 6 nih yang kayaknya aku kurang minat, ngeriii resikonya. Yang lain sih pengen dan tentunya memilih salah satu aja, ditekuni dan pengen bisa sukses gitu

    BalasHapus
  36. Sebagai ibu rumah tangga yg tidak bekerja saya pernah coba buka warnet, warung dan membuat pedanan kue. Sekarang coba kerja yg kebetulan hobi saya menulis

    BalasHapus
  37. Hehe...dulu aku pernah nyobain beberapa usaha di atas, kek buka warnet eh bukan warnet sih, tapi rental komputer, waktu itu masih banyak anak-anak kampus yang datang ke rumah. Sejak sepi aku langsung banting setir ke usaha lain :D

    BalasHapus
  38. Paling simpel sih buka warung ya mba. Slain bisa disambi ngerjain kerjaan rumah, perputaran uangnta juga cepet

    BalasHapus
  39. Aku udah coba yang nomer 7 walaupun belum jadi ibu rumah tangga. Mungkin nanti kalau sudah menjadi ibu rumah tangga aku ingin mencoba bisnis yang lainnya seperti contoh di atas.

    BalasHapus
  40. Aku pengennya buka warung sembako atau toko roti wkwkwk... tapi ga tau kapan ya. Memulainya koq males ya.

    BalasHapus
  41. Banyak ya kak ide menghasilkan uang dari rumah, aku beberapa udah pernah sih mulai dari buka konter pulsa sampai buka warung jajanan kaya sosis bakar gt.

    BalasHapus
  42. Sskarang ada lagi PPOB ya. Ngeblog mana ngeblog.. Hihihi.. Kan ini jg bisa menghasilkan

    BalasHapus
  43. Pingin punya usaha juga teh Nia.
    Tapi dasarnya gak pinter kelola uang, jadi belum dikasih ijin.
    Hihii~

    Sementara workshop dulu deeh...
    Papa Work - Mama Shop.

    BalasHapus
  44. Di antara 7 pilihan bisnis yang disebutkan yang paling sedikit butuh modalnya yang mana Mbak dan gak banyak ruginya?

    BalasHapus
  45. Ibu rumah tangga zaman now emang dituntut harus kreatif ya mbak buat bantu dapur tetep menyala. Blogging kalau diseriusin bisa masuk ide bisnis gak ya? hehe

    BalasHapus
  46. Semua jenis bisnis memang ada resikonya masing-masing ya, Teh. Jadi harus cermat memilih bisnis apa yang paling cocok untuk emak-emak kayak kita.
    Kalau saya pribadi sih, lebih cenderung yang jualan online, lebih cocok aja sih buat emak-emak.

    BalasHapus
  47. Kalau saya simple-nya jualan online. Reseller atau dropship. Lumayan bisa nambah beli pulsa dan properti foto.

    BalasHapus
  48. Aku tertariknya sama yang online2 soalnya males ketemu banyak orang kalau buka warung :-D nanti sering tutup juga ditiinggal keluar rumah. Nah masalahnya mau usaha online apa sampai srk masih bingung

    BalasHapus
  49. Kayaknya aku milih bisnis online aja. Bisa dikerjain di mana saja juga. Jadi dropshipper aja atau jadi blogger dan influencer. hehehehe

    BalasHapus
  50. Kl bunda suka ditanya anak2 mama mau bisnis apa? Jawab bunda gaklah usia renta mU cari yang nyaman sambil duduk depan laptop takriktuk nti kan ada yang nawarin bisnis hehehe....

    BalasHapus
  51. Mantap ide bisnisnya mbak..iya nih Pertamini lagi banyak di daerah ku mbak..pom bensin mungil :)

    BalasHapus
  52. Kalau warnet kayaknya udah nggak seberapa dilirik lagi deh Teh. Kalau di tempat saya malah yang tren buka warkop yang ada wifinya.

    BalasHapus
  53. buka warnet kok kayaknya sekarang udah nggak relevan ya..secara di komplek saya saja, warnet ada 3 yang gulung tikar. alasannya sama, udah sepi pengunjung. semua udah punya kuota data di handphoennya bisa akses apa aja

    BalasHapus
  54. dari semua kalau disuruh pilih yang terakhir aku hahaha dan berkaitan dengan fashion. IRT harus pas ya pilih bisnis nig

    BalasHapus
  55. Mantulll, mantap betul kalo kata anak jaman sekarang Mba hehe, aku coba share ke Kakak-ku kebetulan baru aja alih profesi jadi Ibu Rumah Tangga. Kan enak ya kalo ada uang tambahan buat jajan, syuku-syukur bisa bantu keuangan rumah. :D

    BalasHapus
  56. Boljug alias boleh juga nih idenya, semoga bisa salah satunya diwujudkan :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)