badge

6.11.17

Ruam Popok, Si Sepele yang Bikin Rese


Temen-temen, dulu saat baru punya anak, saya pernah diomelin dokter, lho. Waktu itu saat si sulung kena ‘campak’. Bukan karena saya yang lalai hingga anak saya kena penyakit tersebut. Melainkan karena saya yang gak ngeh dengan bintik-bintik merah yang ada di tubuh anak saya itu. Iya, saya kira bintik-bintik merah di tubuh anak saya itu merupakan bentuk dari penyakit campak. Eh ternyata bukan, sebab bintik-bintik merah itu adanya di bagian bokong. Dan bintik-bintik merah tersebut tenyata adalah ruam popok alias diaper rash.

Kenapa saya gak ngeh kalau itu adalah ruam popok sebenernya agak masuk akal juga. Zona kemerahan yang ada di bokong anak sulung saya bentuknya bintik-bintik. Dan tidak terlihat di sekitar lubang pengeluaran. Baik itu di sekitar alat kelaminnya atau pun di sekitar lubang anus. Tetapi di bokong bagian atas. Karena saya belum punya pengalaman punya anak, dan mama saya bilang itu campak, ya sudah, saat ke dokter, saya bilang saja kalau anak saya sepertinya kena campak.

Terlihat Sepele Tapi Rese!
Omelan dokter tak sampai di situ saja. Bintik-bintik merah yang saya beri bedak talc banyak-banyak, juga dibahas dokter. Seperti menginvestigasi, dokter nanya alasan saya pake bedak talc tersebut. Saya jawab saja dengan simpel. Supaya daerah bokongnya kering, dan terbebas dari basah keringat. Dan bukankah talc salisil memang bisa mengobati bintik-bintik merah kulit, bukan?

Omongan dokter berikutnya membuat saya terbelalak. Dia bilang bahwa menggunakan banyak bedak talc, terlebih di daerah yang dekat dengan lubang alat kelamin dan lubang anus itu berbahaya. Apalagi pada anak perempuan seperti anak saya. Bedak talc bisa masuk ke dalam dan lalu mengiritasi jaringan di dalamnya. Jika sudah sudah demikian, infeksi oleh mikroba, baik itu oleh bakteri, virus, atau pun jamur, akan dengan mudah terjadi. Jadinya, si sulung gak hanya kena diaper rash saja, tetapi mungkin juga penyakit lain yang lebih serius. Duh, serem banget deh denger kata-kata dokter waktu itu.

Bye Bye Bedak Talc!
Beruntung ruam popok yang menimpa anak saya gak serius. Bedak talc yang saya taburkan di bokongnya gak sampai menyebabkan gangguan lain yang lebih parah. Resep antibiotik yang dioleskan di ruam popok tersebut rupanya manjur mengobatinya. Meskipun memakan waktu sekitar 1 minggu lebih.

Sejak saat itu saya jadi lebih hati-hati. Nasihat dokter untuk tak banyak menggunakan bedak talc di area bawah perut anak, selalu saya ingat. Tak lupa, selalu membersihkan dengan air bersih dan kemudian mengeringkan daerah tersebut sesudah cebok, juga selalu saya turuti. Sebab kulit yang terlalu lembap alias basah, bisa memicu ruam popok. Dan ruam popok, jika dibiarkan akan seperti penjelasan dokter yang saya paparkan di atas. Coba deh search gambar di Google dengan kata kunci ‘diaper rush’, ngeri-ngeri deh gambarnya. Jangan sampai deh, hal itu menimpa anak kita. Kebayang banget sakitnya seperti apa. Lha wong ruam popok ringan aja anak kita bisa jadi rewel karena gak nyaman dengan rasa gatal dan perihnya. Gimana kalo lebih parah? Nauzubillah, ya.

Mencegah Selalu Lebih Baik Daripada Mengobati
Teknologi dan kemajuan zaman sudah sangat meringankan kehidupan kita. Termasuk dalam hal yang terlihat sepele, namun berisiko bahaya besar seperti ruam popok pada bayi. Yupp, kini ruam popok bisa dihindari dengan cara mencegahnya. Tak hanya dengan melakukan yang saya lakukan dulu dalam menjaga kebersihan dan kelembapan kulit tubuh bayi. Tetapi juga dengan cara yang lebih mutakhir, yaitu dengan memberi cream pencegah ruam popok. Seperti Sleek Baby Diaper Cream.

Sleek Baby Diaper Cream untuk mencegah dan mengobati ruam popok

Kenapa Sleek Baby Diaper Cream bisa mencegah ruam popok, sebab Sleek Baby Diaper Cream dibuat oleh para ahli yang terpercaya. Dan produknya sudah melalui serangkaian test. So, Sleek Baby Diaper Cream dermatologically dan clinically tested. Dijamin aman untuk kulit bayi. Ada pun kandungan bahan dari Sleek Baby Diaper Cream di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Ekstrak daun olive. Yaitu bahan yang berperan di dalam melindungi kulit dari bakteri penyebab iritasi.
  • Chamomile dan ekstrak bunga matahari. Yaitu bahan anti-iritan alami yang efektif di dalam mengurangi kemerahan
  • Ekstrakt alpukat, shea butter, dan argan oil. Yaitu pelembap alami yang mampu menjaga kulit bayi selalu lembut.

Dilihat dari bahan-bahan alaminya, Sleek Baby Diaper Cream bisa dipastikan memiliki formula paling aman, bahkan untuk bayi yang baru lahir. Sebab pH-nya 5.5.

Tak Cuma Mencegah Ruam Popok, Tetapi Juga Mengobatinya
Yang bayinya sudah terlanjur kena ruam popok, tak perlu khawatir. Sleek Baby Diaper Cream juga bisa mengobati ruam popok hingga tuntas. Coba saja dilihat lagi manfaat dari bahan-bahannya. Salah satu bahannya, yaitu chamomile dan ekstrak bunga matahari. Kedua bahan ini berperan sebagai anti-iritan alami. Dan ini efektif di dalam mengurangi kemerahan. Di dalam serangkaian tesnya, Sleek Baby Diaper Cream 100% terbukti melindungi dan membunuh bakteri penyebab infeksi ruam popok. Seperti bakteri Staphylococcus Aureus, Pseudomonas Aeruginosa, Escherichia Coli, dan juga Candida Albicans.

Kulit Bayi Jadi Kering? No Way!
Teman-teman takut membuat kulit bayi jadi kering jika Sleek Baby Diaper Cream dipakai setiap hari? Tak perlu cemas, Sleek Baby Diaper Cream kan juga mengandung ekstrakt alpukat, shea butter, dan argan oil. Ketiga bahan ini sudah terkenal di dalam menjaga kelembapan alami kulit bayi.

Cream Sleek Baby Diaper Cream yang wangi dan lembut untuk kulit bayi

Saran Saya…
Sebagai ibu dari 4 orang anak, boleh kan teman-teman saya ngasih saran supaya anak-anak terbebas dari ruam popok? Boleh dong ya. Barangkali saja ada teman-teman yang belum tahu. Berikut ini saran saya di dalam mencegah ruam popok pada bayi.
  • Pastikan kulit bayi selalu bersih. Caranya yaitu dengan memandikannya setiap hari dan membersihkan kulitnya setiap kali buang air.
  • Pastikan kulit bayi pas kelembapannya. Tidak kering dan tidak basah.
  • Pastikan pakaian bayi selalu kering dan bersih. Jika basah oleh keringat, segera ganti.
  • Pastikan bahan-bahan diaper yang digunakan bayi nyaman dan aman bagi kulit bayi. Jangan asal pilih diaper karena harganya. Pastikan kualitasnya bagus.
  • Pastikan ukuran diaper cocok dengan ukuran tubuh bayi. Jangan pakaikan diaper yang terlalu kecil atau terlalu besar. Diaper yang terlalu kecil jelas akan membuat kulit bayi mudah teriritasi. Adapun diaper yang terlalu besar bisa membuat kulit bayi tergesek-gesek. Keduanya bisa berujung ruam popok.
  • Ganti diaper secara teratur. Misalnya dalam kurun waktu tertentu. Dalam 4-5 jam sekali misalnya. Diaper yang terlalu basah bisa menyebabkan ruam popok.
  • Jangan menggunakan banyak bedak talc untuk tubuh di bagian bawah perut.
  • Gunakan krim kulit yang bisa mencegah ruam popok, aman digunaikan setiap hari. Misalnya saja Sleek Baby Diaper Cream.
  • Jika sudah terjadi ruam popok, obati dengan krim yang sudah terbukti aman secara klinis dan dermatologis bagi kulit bayi. Misalnya saja Sleek Baby Diaper Cream.
  • Jika ruam popok yang terjadi sudah sangat parah, segera hubungi dokter.

Oke,
Ruam popok ini sungguh bikin gimana gituh. Anak menjadi rewel, dan orang tua sering kali kebingungan dibuatnya. Meski terlihat sepele, ruam popok sangat menyebalkan. Itu sebabnya, mengobati dan mencegah ruam popok mutlak dilakukan.

Mengoleskan Sleek Baby Diaper Cream setiap kali berganti diaper bisa menjadi solusinya. Ingat, di sini Sleek Baby Diaper Cream berfungsi sebagai lapisan pelindung atau perisai yang langsung melapisi kulit bayi. So dengan begitu, bayi akan terlindung dari bakteri yang mungkin siap menginfeksi tubuh bayi kita.

Oke teman-teman, sampa di sini dulu cerita saya soal ruam popok. Adakah dari teman-teman yang anak-anaknya pernah mengalami ruam popok? Seperti apa solusi teman-teman semua? Yuk sharing di komentar, yuk. Kali aja ada yang membutuhkan. Ruam popok, Si Sepele yang Bikin Rese.

Dengan Sleek Baby Diaper Cream, si bocah terbebas dari ruam popok. :)

33 komentar:

  1. Emang mak ruam popok jadi musuh mamak2 banget soalnya bikin bayi jadi rewel.

    Kalau aku intinya menjaga kebersihan nappy area, nyari popok yang pas, ga cepet gembung dan bikin anak bebas bergerak. Jadi kulitnya bisa nafas. Trus iya deh pake diaper rash cream supaya ruam merah cepet hilang dan bayi ga rewel lagi.

    BalasHapus
  2. Saya juga suka mencegah, so far baby G gak pernah ruam sih Mom, tapi merek Sleek ini belum pernah di coba, tfs ya nanti pengen beli ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicoba. Bagus dan nyaman buat bayik. :)

      Hapus
  3. Sleek Diaper Cream ini lembut bgt dan wanginya juga enak. Reiga pakai tiap hari. Kakaknya Reiga malah pakai buat krim wajahnya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa..anak saya juga olesin krim ini ke mukanya..
      Gara-gara dia sering lihat saya pakai BB cream tiap hari :))

      Hapus
    2. Wah, boleh-boleh nih dicoba buat muka. Kali aja cocok, ya. :D

      Hapus
  4. Baru tahu kalau Sleek punya produk utk ruam popok. Dl waktu Al masih bayi malah dikasih minyak tawon aja :'(

    TFS, Teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyak tawon? Waduh. Dulu, aku pake bedak talc sama minyak kayu putih aja.

      Hapus
  5. Si dedek kasian bener kalau sampe kena ruam popok. Gak tega liatnya merah2 gitu. Pasti dia berasa perih tp gak bs ngomong, hiks... Untung ada sleek yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget. Rewel banget kalo lagi kena ruam popok. Untung sekarang mah udah gak pernah.

      Hapus
  6. Walah, ternyata kita samaan ya, mbak. Ngasih bedak salicil ke ruam. Padahal itu rasanya perih banget (setelah kucoba sendiri). Pokoknya nggak dua kali deh. Sekarang kalau kena ruam langsung pakai Sleek Baby ini.

    BalasHapus
  7. Sekarang tiap kali ganti diaper aku pakein sleek juga mbak buat baby K jd ga takut lg bakalan krna ruam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah paling bener deh itu. Nyaman dan aman di kulit bayi. Mencegah sekaligus mengobati ruam popok...

      Hapus
  8. ini aku juga pake dulu pas anak2 popokan. emang lembut n efektif banget buat ruam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya. Beruntung banget sekarang mah ada Sleek Baby Cream ini...

      Hapus
  9. Pas lahiran sama suster anakku langsung dipakein bedak talc gtu mbak. Tapi pas imunisasi kami ke dokter di klinik yg beda malah gak dibolehin. Bisa bikin ruam gtu ternyata. Katanya mending pakai diaper cream yg emang buat ruam popok. Untung ada Sleek diaper cream ini yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bidan sama dokter biasanya emang ngelarang ngasih bedak. Malah bikin tambah parah ruam popok. Untung sekarang mah ada Sleek Baby Diaper ini. Aman dan nyaman di kulit bayi...

      Hapus
  10. Kmrn raya keringet buntet & jadi iritasi karena digaruk, ku nyari2 lotion buat ruam dan ngga inget kl sleek skrg ada lotion buat ruam :D btw iyeu harga na sabarahaan? hihihihihi mayan kan buat ngebandingin sama yg lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara 15 ribu sampe 20 ribuanlah. Mayan ekonomis da. Nyaman dan aman sih yang enakna mah. Cobaan geura...

      Hapus
  11. Jaman sekarang perlengkapan bayi makin macem2, memudahkan emak2 newbie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Nia siap-siap buat sediain Sleek Baby Diaper ini ya buat bayi yang akan segera hadirnya. :D

      Hapus
  12. Kalau Kei sih lebih ke iritasi akibat karet diaper itu loh teh, suka garuk-garuk kalau mau mandi jadinya merah-merah deh. Pakein Sleek Baby Diaper Cream ini setiap hari ternyata ampuh loh mengurangi iritasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, Rayyan itu juga. Bekas karet diaper sering memicu jadi ruam popok. Nyaman juga dipakein Sleek Baby Diaper Cream ini...

      Hapus
  13. Wah berguna banget ya mencegah ruam 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, Evi. Yuk Evi ge siap-siap buat sediain. :D

      Hapus
  14. iya banget rese bener ya ini ruam. padahal gtu doang tapiii bisa sampe bikin ga enak kemana-mana
    untung ada sleek baby diaper cream ya

    BalasHapus
  15. Bedak talk itu memang sering dipakaikan buat ruam. Bahkan buat anak yg kena biang keringat juga. Padahal kan kannn... seperti yang dibilang dokter mba nia.

    Untung sekarang sudah kenal baby sleek diapers cream ini ya mba. Jadi ga perlu khawatir lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Ira. Bahaya talc itu. Yuk selalu pake Sleek Baby Diaper Cream. Biar cepet sembuh dan bisa dicegah...

      Hapus
  16. bener banget sepele ya, tapi itu bikin anak gak nyaman banget, kalo pas dilepas diapersnya, tangannya ngegaruk@

    BalasHapus
  17. Kulit tangan saya termasuk sensitif, sering gatal dan bentol kecil-kecil. Apakah produk baby ini bisa mengobati jugakah?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)