badge

16.4.17

Mau Dapat Job dari Ngeblog?


Beberapa waktu lalu, seorang teman blogger japri saya. Setelah berbasa-basi, dia pun bertanya beberapa hal kepada saya.

“Teh, gimana sih caranya biar dapet job?” tanyanya.
“Job, apa?” saya balik tanya.
“Job buzzing di media sosial dan job di blog.” jawab dia.
“Oh, itu.”

Seperti itu kira-kira percakapan kami di dalam chatting japri. Sebagai blogger yang agak newbie, saya sebenernya sedikit malu untuk share hal-hal beginian. Tapi sebagai teman, saya gak pelit kok untuk berbagi ilmu. Walopun saya sadari, ilmu saya masih sedikit. Gapapa lah, semoga yang sedikit itu berguna. Syukur-syukur kalo beneran bisa mendatangkan rezeki bagi si teman. Sudah tentu, saya bakal ikut seneng. Mau tahu jawaban saya atas pertanyaan si temen? Yuk simak semuanya di tulisan di bawah ini.

Tingkatkan kualitas konten blog. Konten blog saya gak istimewa. Saya nulis begini-begini aja. Belom lagi blog saya gak punya niche khusus. Gak pake foto cetar, pun gak pake embed video. Tapi saya pede. Sebab saya nulis berdasarkan pengalaman saya, pendapat saya, dan gaya saya sendiri. Enggak bagus sih, tapi minimal, tulisan saya gak bikin bingung yang baca. Saya nulis dengan bahasa sederhana. Terus, saya juga meminimalkan typo. Caranya ya dengan mengedit berulang-ulang tulisan saya sebelum di-publish. Jangan lupa pula EYD atau EBI-nya, ya. Gak mesti semua harus sesuai tata bahasa, kok. Yang paling sederhana, bisa bedain di sebagai kata sambung dan di sebagai kata depan deh. Hehehehe….

Bikin blog jadi rame. Malu sebenernya ngomongin ini. Blog saya gak rame. Tapi, ya gak sepi-sepi amat. Ada lah pengunjungnya. Hehehehe…. Caranya biar gak sepi banyak. Misalnya dengan banyak blog walking (BW). Iya sih, gak semua bakal bales BW ke blog kita. Tapi tetep, beberapa dari blog yang kita BW, akan balik BW ke blog kita. Cepat atau lambat. Selain itu, share link tulisan blog kita di beberapa grup blogger di Facebook dan mention akun beberapa grup blogger di Twitter, lumayan membuat blog kita mendapat kunjungan. Pede ajalah. Bahkan blogger senior pun pada masih belajar, kok.

Eh ya, banyak BW, terutama jika komennya pake Name+URL, juga bikin DA (Domain Authority) blog kita naik. Sebab kita jadi punya banyak backlink. Tahu sendiri kan, ya. Salah satu syarat untuk apply job tertentu, biasanya berdasarkan nilai DA.

Tingkatkan kualitas dan kuantitas akun media sosial. Banyak agensi yang mantau akun media sosial blogger dan buzzer. So, kalo mau dilirik mereka, yuk tingkatin kualitas dan kuantitas akun media sosial kita. Untuk kualitas, sebisa mungkin jangan banyak nyindir, nyinyir, atau curhat yang ‘aneh-aneh’. Misalnya black campaign. Untuk kuantitas, misalnya saja dengan meningkatkan jumlah follower. Logis kan jika banyak pemberi job memberi syarat si blogger atau buzzer punya minimal jumlah follower. Pan semakin banyak jumlah follower, diharapkan semakin banyak juga engagement dari campaign atau buzzing yang didapatkan.

Luaskan networking. Untuk yang satu ini, caranya bisa banyak banget. Dari mulai menambah pertemanan dengan sesama blogger di Facebook, follow para blogger di Twitter dan Instagram, like Fan Page para blogger di Facebook, ikut event offline blogger, gabung di banyak grup blogger, dan banyak lagi. Semakin luas networking, kita akan semakin tahu bahwa celah job untuk blogger itu sangat banyak. Jangan lupa untuk rajin nengok grup, ya. Pendaftaran job untuk blogger banyak bertebaran di grup-grup blogger.

Ikut kuis, lomba blog, dan bantu temen yang sedang campaign. Ini juga penting. Beberapa pihak yang sering ngasih job, banyak yang bikin kuis, lomba, dan campaign. Jika kita ikut aktif program-programnya, mereka akan tahu kita ADA. Beberapa kali saya dapet job karena aktif seperti ini. Ikut lomba blog, ikut kuis, ikut komen di blogpost-blogpostnya, ikut ngasih jempol, reply, share, serta RT di tweet buzzing-buzzingnya, dan lan-lain. Selain membantu teman, itu juga ternyata membuat kita jadi dipertimbangkan keaktifan di media sosial oleh pihak-pihak penyelenggara. Siapa tahu kan, di next campaign, kita justru yang diajak.

Lalu untuk job endorsement? Sama juga seperti di atas. Tapi biasanya saya dapet di grup blogger. Ada formulir yang mesti diisi. Dan nantinya, akan dipilih berdasarkan syarat-syarat tertentu. Kalo dapet, nanti akan ada pemberitahuan via email. Barang endorsement pun akan dikirim ke alamat kita melalui kurir.

Paket ekspress yang diberikan PT Pos Indonesia misalnya. Iya, pengiriman paket barang endorsement yang nyampe ke saya, beberapa kali menggunakan layanan ini. Pengiriman barangnya hanya dalam sehari saja. Barang dikirim kemaren, hari ini bisa langsung sampai. Saya lihat, biayanya gak terlalu mahal. Malah, lebih murah jika dibandingkan biaya pengiriman melalui kurir-kurir swasta. Barang tiba tepat waktu dengan kondisi yang sama bagusnya seperti saat dikirimkan.


Hmmm… apa lagi, ya? Kayaknya segitu aja sih yang saya lakukan mah. Gak semuanya saklek begitu. Gak semua orang juga caranya seperti saya. Ada juga yang hokinya banyak. Apalagi seleb blog. Udah gak usah dijelasin lagi. Jobnya pasti kayak banjir. Hehehehe… kalo mau tahu lebih detail mah, japri aja deh. Saya pasti jawab. Tapi, mungkin gak cepet. Maklumlah, dua bos kecil di rumah sering kali menyita waktu saya. Eh ya, jangan lupa, banyak-banyak berdoa. Doa kan membuat semua yang gak mungkin menjadi mungkin. Oke, semoga tulisan saya bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. :)

14 komentar:

  1. sepertinya permasalahan temenya teteh sama. hiks. thanks...

    BalasHapus
  2. Makaaasiih mbaaak niaaa atas sharingnyaaa. Bermanfaaat bangeet 😊😊😊

    BalasHapus
  3. Masih tertatih dalam ngeblog. Mantap postingannya Mbak, makasih sharingnya nih. Harus tingkatin konten blog :)

    BalasHapus
  4. Blogku lagi sepi job nih Mbak. Baca tulisan Mbak Nia jadi nambah motivasi buat aktif ngeblog lagi dan semangat berbagi. Sayangnya, aku masih kurang konsisten kalo ngeblog :(

    BalasHapus
  5. Kamoh kan udah jadi seleb blog juga kaaak.. hihihihi.. kl ada job bagi2lah hay #naooon XD

    BalasHapus
  6. Saya nulis begini-begini aja. Belom lagi blog saya gak punya niche khusus. Gak pake foto cetar, pun gak pake embed video. Tapi saya pede. Sebab saya nulis berdasarkan pengalaman saya, pendapat saya, dan gaya saya sendiri.


    Teh Nia low profile banget, udah senior keles kalo dapet banyak job mah hahha btw nuhun pisan teh udah berbagi ilmu, insya Allah sangat berguna.. tapi ada beberapa blogger teh yang suka nyinyir gitu ih akuma ampe takut baca blog dia, takut ketularan wkwkw

    BalasHapus
  7. Semoga makin banyak dapat job dari ngeblog hehehe

    BalasHapus
  8. wah thanks infonya. mudah2an saya bisa "nambah2" juga dari ngeblog

    BalasHapus
  9. Lama gak posting blog, pas niat mau aktif lagi eehh baca postingan ttg beginian... semoga jadi penyemangat deeh... hehehee..

    Btw, salam kenal yaa Mbak... :)

    BalasHapus
  10. Saya lama ga nulis blog, dan lagi membatasi konten berbayar biar imbang dengan konten sendiri. Kalo mbak Nia sepertinya produktif bangeet yaa!

    Anyway, salam kenal mbak :D

    BalasHapus
  11. ilmu nih, nuhun teteh. Sugan we blog abi bisa cetar kayak blog ini

    BalasHapus
  12. Wiih baru tau euy pos ada express nya

    BalasHapus
  13. Betul banget, enak jd ibu jaman skrg. Uda ada yg praktis, organik pula ya

    BalasHapus
  14. satu cara yang masih sulit aku lakukan, dan mungkin ini sebenarnya salah satu ampuh bgt untuk menaikan rating blog yaitu gabung di emak-emak blogger, tp sayang aku cowok ha ha ha

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)