badge

12.4.17

5 Ciri Handphone Samsung Palsu


Produk teknologi, khususnya adalah ponsel, memang sudah menjadi pegangan wajib bagi masyarakat saat ini. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, semuanya pasti memiliki ponsel. Semakin lama, jenisnya juga kian canggih. Dari yang dulunya hanya bisa digunakan sebagai sarana untuk bertukar pesan lewat sms atau telepon saja, sekarang sudah bisa digunakan untuk berbagai macam komunikasi dengan mengandalkan jejaring internet. Berbagai jenis brand atau vendor ternama di dunia juga mulai memasarkan produknya ke dalam negeri. Misalnya saja adalah handphone Samsung.

Handphone Samsung yang dikenal sebagai salah satu produk teknologi asal Korea Selatan, memang sudah lama diimpor ke Indonesia. Bahkan bukan hanya ponsel saja, melainkan juga laptop hingga produk elektronik rumah tangga yang lainnya. Anda bisa menjumpainya di pasaran dengan harga yang sangat bervariatif. Mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Tergantung serie yang dibeli, karena kenyataannya, setiap ponsel keluaran dari Samsung ini memang memiliki tingkatan tersendiri.

Sebut saja seri S yang dikenal paling canggih dengan tawaran harga yang mahal. Rata-rata berada di kisaran 8 juta rupiah ke atas. Sebab memang dari segi merknya sendiri sudah sangat mendunia atau terkenal. Karena hal ini pullah, maka tak heran jika produk-produk handphone Samsung yang dijual di pasaran, tak terjamin semuanya asli. Banyak di antara ponsel dengan tampilan sama persis seperti Samsung, namun ternyata jeroan nya palsu. 

Agar Anda tak tertipu produk abal-abal, berikut ini ada beberapa ciri dari hp Samsung palsu yang wajib diketahui. 
  1. Tidak memiliki wrapping plastik berkilau pada bagian kemasan ketika baru dibeli. Salah satu cara paling mudah mengenali mana ponsel besutan vendor Samsung yang asli dengan palsu adalah pada kemasannya yang baru. Ada wrapping atau bagian berkilau yang melapisi kemasan bagian luar. Hal ini menandakan bahwa barang tersebut asli.
  2. Dus box yang tidak lengkap. Pada saat awal membeli, hendaknya memang selalu mengecek apa saja yang bisa Anda dapatkan dalam satu kotak atau wadah tersebut. Jika memang lengkap dan original atau semuanya besutan Samsung, maka tandanya produk asli. Produk palsu bisa dikenali juga tidak memiliki semua komponen pendukungnya yang original.
  3. Tidak ada segel pada baterai bagian dalam. Hal ini sepele. Namun mengecek bagian dalam, khususnya baterai ini sangat penting. Karena selain bagian luar, maka bagian dalam juga diberikan beberapa clue tertentu untuk menunjukkan apakah barang tersebut jaminan asli atau palsu. Yaitu keberadaan segel dengan logo Samsung di bagian luarnya.
  4. Nomor IMEI yang tertulis tidak sama dengan yang ada pada dus box. Cara pengecekan lainnya bisa dilakukan pada nomor seri IMEI. Caranya adalah dengan calling *#06#. Di sana akan muncul beberapa digit nomor. Jika setelah dicek sama dengan nomor pada dus box maka jaminan barang tersebut asli.
  5. Ketajaman gambar sangat kurang. Samsung adalah produk dengan teknologi tinggi. Pada ponselnya disematkan layar jenis Super Amoled. Ketajamannya sangat tinggi. Memang tidak pada semua seri menggunakannya. Namun hendaknya, Anda melakukan pengecekan spesifikasi terlebih dahulu sebelum membeli. Jika pada spesifikasi asli harus seperti apa, namun pada kenyataannya tidak, maka kemungkinan jeroan dari ponsel tersebut palsu.

Nah, gimana? Sudah tahu seperti apa ponsel Samsung yang asli? Jika sudah, alangkah lebih baik jika Anda membelinya secara langsung dari gerai resminya. Keaslian handphone Samsung sebenarnya juga bisa dilihat dari tawaran harganya. Jika tergolong sangat murah, bahkan tidak realistis murahnya, maka hendaknya Anda berhati-hati dengan produk tersebut. Sebab bisa jadi barang tiruan. Semoga tulisannya bermanfaat. 

5 komentar:

  1. yang paling sering tuh yang kode IMEI,kadang pembeli gak sadar tentang info ini padahal ini yang paling krusial untuk mengecek keaslian hape. biasanya untuk mengakseskode IMEI bisa lewat pengaturan atau lewat kode *#0000#

    BalasHapus
  2. Keliatan banget sih kalau palsu ya teh, hehe dari camera juga biasanya langsung kedeteksi

    BalasHapus
  3. Aku punya produk Samsung 1 di rumah, tablet buat anakku. Aku percaya itu asli, karena langsung dari Samsungnya ;)

    BalasHapus
  4. NOTED, penting banget nih... sekarang banyak yang palsu soalnya...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)