22.2.17

Lagi, Tentang Diabetes


Masih ingat dengan cerita bapak dan teteh saya yang diabetes? Jika sudah lupa, yuk dibaca lagi cerita saya tentang mereka dan penyakit the silent killer ini dengan klik label diabetes. Semoga cerita saya tentang mereka dan penyakit diabetes, memacu kita untuk bisa selalu menjaga kesehatan. Terlebih supaya kita bisa terhindar dari penyakit yang menduduki papan atas di Indonesia sebagai penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian ini.

Sebagaimana kita tahu, diabetes adalah penyakit serius. Penyakit yang intinya merupakan ketidakmampuan glukosa darah untuk diserap oleh tubuh ini bisa menjadi pemicu penyakit-penyakit serius lainnya. Seperti bapak saya. Diabetes yang dideritanya selama hampir 5 tahun terakhir menjadi pemicu timbulnya stroke. Dan stroke inilah yang kemudian menjadi penyebab bapak saya meninggal dunia. Tak hanya stroke, lho, diabetes pun bisa memicu gangguan lain. Misalnya tekanan darah tinggi, impotensi, dan penyakit-penyakit berat lainnya. Sungguh mengerikan.

Buat teman-teman, atau saudara, atau siapa pun yang menderita diabetes, tak perlu takut dan gusar. Kita bisa berdamai dengan diabetes. Diabetes bisa diobati. Dan pengobatannya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Kita hanya tinggal memilih pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Menurut berbagai sumber, pengobatan diabetes itu terbagi ke dalam 3 prinsip. Yaitu pengaturan kecepatan pengeluaran insulin dari pankreas, peningkatkan sensitivitas insulin, serta pengaturan kadar gula yang dapat masuk dari penceranaan hingga masuk ke dalam tubuh. Prinsip-prinsip ini tentu dijabarkan lebih lanjut menjadi pengobatan-pengobatan yang lebih spesifik.

Bagi teman-teman penderita diabetes yang ingin hidup lebih baik, obati segera diabetes dengan cara ini

Mengobati Diabetes dengan Makanan Sehat 
Diabetes adalah penyakit yang berawal dari makanan. Lebih tepatnya karena kebanyakan makan makanan yang mengandung gula. So, untuk bisa mengurangi dan mengobatinya, kita harus mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Bukan berarti tidak boleh sama sekali makan makanan yang mengandung gula. Kita hanya diwajibkan untuk mengatur asupannya. Dan tentu saja disiplin di dalam menjalaninya.

Mengobati Diabetes dengan Aktivitas Fisik  
Semua orang wajib berolahraga. Demikian juga penderita diabetes. Akan tetapi, penderita diabetes harus memilih jenis olahraga yang tepat. Tak semua olahraga bisa dilakukan. Berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari, setiap hari; berenang 10-20 menit; hingga senam aerobik ringan bisa menjadi pilihan penderita diabetes dalam melakukan olahraga. Ingat, olahraga yang teratur bisa membuat gula darah penderita diabetes stabil.

Mengobati Diabetes dengan Obat-Obatan 
Pengobatan yang paling utama bagi penderita diabetes jelas adalah pengobatan medis. Kita harus mendapat pengawasan dari paramedis yang bisa diandalkan. Setelah serangkain tes hingga akhirnya diberi pengobatan, semuanya harus diawasi secara intensif. Dan jika sudah begitu, kita harus disiplin di dalam menjalani pengobatan medis ini. Baik dalam minum obat, menjalankan segala aturan dan pantangan, hingga jadwal cek rutin gula darah.

Oke teman-teman, selalu jaga kesehatan ya. Dan bagi para penderita diabetes, jangan bosan untuk melakukan pengobatan. Kita bisa kok hidup seperti orang normal yang tidak menderita penyakit diabetes. asalkan kita patuh dan disiplin dengan segala pengobatan yang kita jalankan. Tetap semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)