badge

31.1.17

Konten Blog Semakin Kreatif dengan ASUSPRO B8230UA


“Bi, laptop umi udah jelek nih. Kudu diganti deh!” ucap saya pada suami.
“Ah, masih bagus-bagus aja tuh!” jawab suami setelah mengutak-atik laptop saya beberapa saat.
“Udah lemot, tauk! Mana gak bisa diinstal CS terbaru pula,” ucap saya lagi setengah jengkel.
“What? Umi mau maen CS? Counter Strike?” suami melongo
“Ih… bukan! Itu, Adobe Photoshop CS berapaaaa gitu yang terbaru teh,” saya makin jengkel.
“Oh… hehehehe, kirain. Eh lagian, masa mau pake CS terbaru. Cuma dipake ngeblog mah, cukup segitu juga. Buat apa?”

Seperti itulah percakapan saya dan suami beberapa bulan yang lalu. Saya yang nyoba kirim #kode supaya dibeliin laptop baru, ternyata tak berhasil. Bukan hanya kali itu saja. Berulang-ulang ngode, hasilnya selalu nihil. Apa pun modusnya. Alasannya, cuma dipake ngeblog mah laptop gak perlu yang canggih-canggih amat. Yang penting bisa dipake ngetik; bisa dipake googling; dan bisa dipake medsos-an. Di luar itu, kalo ada hal yang luar biasa, bisa pake laptopnya dia. Laptop suami. Yang bisa dipake apa pun. Tanpa lemot. Sekali pun sedang buka banyak program secara bersamaan. Iyalah, ‘otaknya’ kan salah satu dari Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Gak adil. Sungguh dunia ini begitu tidak adil! #lebay

Laptop suami yang sesekali saya pinjam :D

Iya sih, orang yang berada di luar dunia per-blogging-an, sekilas mah pasti bilangnya ngeblog itu gak butuh laptop yang canggih-canggih amat. Bisa dipake ngetik dan bisa dipake internetan untuk googling serta medsos-an, itu sudah cukup. Tapi, tahu apa mereka dengan dunia per-blogging-an sekarang? Udah gak zaman lagi ngeblog cuma pake tulisan doang. Desain dan grafis yang keren, foto-foto yang cakep, serta video-video yang kece, kini sudah jadi tuntutan wajib yang harus dipenuhi para blogger di dalam blognya. Tanpa itu, udah deh, siap-siap aja kelelep dan ‘kalah’ bersaing.

Emang di Dunia Blogging Ada Persaingan?
Yupp! Dunia blogging kini sudah jadi mata pencaharian buat para blogger. Tak terkecuali dengan saya. Meski belum jadi ‘sandaran hidup’ 100%, saya lumayan bisa mengais rezeki dari blog setiap bulannya. Baik itu dari job review, content placement, buzzing, hingga lomba blog. Untuk Adsense dan bentuk iklan secara langsung, saya sih belum tertarik. Atau lebih tepatnya, belum mencobanya. Nah, supaya bisa dapat job-job tersebut, para pemberi job biasanya memilih blog yang kontennya kreatif, memiliki traffic tinggi, dan banyak pembaca setianya. Apalagi untuk bisa menang lomba, jelas konten kreatif adalah yang utama. Jika pun blog belum atau tidak di-monetize, konten kreatif juga tetep jadi tuntutan. Supaya pembaca tak bosan dan tetep setia membaca apdetan-apdetan blog kita.

Saya Terancam Punah!
Menjelaskan konten kreatif sebenernya membuat saya agak sedih. Kenapa begitu, sebab konten blog saya, jika dibandingkan dengan blog-blog lain, sepertinya masih kurang kreatif. Foto yang masih pake editan seadanya. Video embedded dari Youtube yang kebanyakan milik orang lain. Desain serta grafis yang belum oke. Dan saya masih mengandalkan tulisan. Karena hal ini juga, saya pernah kepikiran. Apa mungkin, pembaca yang mampir di blog saya hanyalah orang-orang yang kasihan sama saya? Huhuhuhu… jika iya, menyedihkan sekali, ya? 

Tapi saya cukup pede. Job yang masih mengalir di blog hingga hari ini bisa menjadi parameternya. Ini berarti, blog saya masih masuk kategori blog dengan konten kreatif. Namun demikian, saya gak boleh berpuas diri begitu saja. Saya harus bisa memaksimalkan semuanya. Saya sangat sadar, jika konten di blog saya saya tidak berkembang, dan masih begitu-begitu saja, saya bisa punah. Iya, maksud saya, blog saya akan sangat ketinggalan dari blog teman-teman. Bukan mustahil, kan jika suatu hari ditinggalkan pembaca setia dan para pemberi job-job itu? Aduuuh ngeri. Jangan sampai kejadian, ya. So, supaya blog saya gak terkubur, saya akan dan harus mengikuti zaman.

Konten Kreatif Ala Saya
Setiap blogger pasti punya definisi konten kreatif yang berbeda-beda. Begitu juga dengan rahasia di dalam membuat konten kreatifnya. Buat saya, konten kreatif itu memiliki banyak unsur. Apa saja unsur kreatif yang saya maksud? Berikut ini penjelasan saya.

Tampilan blog yang oke
Untuk tampilan blog, saya tidak terlalu khawatir. Template blog saya sudah cukup cantik. Tak hanya itu saja, Google Friendly, nyaman di mata, serta mudah diakses, baik oleh saya atau pun pembaca blog membuat saya belum kepikiran untuk mengganti template-nya dalam waktu dekat ini. Teman-teman suka juga, kan? :D

Tulisan yang enak dibaca
Namanya juga blog. Jelas isinya harus ada tulisannya. Meskipun sedikit. Apalagi saya yang bawel ini. Blog saya tentu banyak tulisannya. Agar konten semakin kreatif dan tak membosankan, terus berlatih dalam menulis, membuat kalimat-kalimat lebih efektif, memilih diksi yang tepat, menulis secara runut, serta rajin membaca tulisan-tulisan blogger lain dan juga buku, selalu saya lakukan. Tak lupa, ikut lomba blog juga turut mengasah saya dalam membuat tulisan untuk konten yang kreatif.

Foto yang jernih dan nyaman dilihat
Saya sering sebel jika saat blog walking menemukan tulisan panjang tanpa ada foto/gambar atau ilustrasi. Karenanya, sependek apa pun tulisan, saya selalu menyisipkan foto atau gambar. Jika saya punya sendiri foto atau gambar yang berkualitas bagus, saya akan memakainya. Akan tetapi jika tidak, saya biasanya pakai foto atau gambar yang saya unduh dari website penyedia foto-foto gratis. Tapi tentu, sebelum disisipkan, saya biasanya mengeditnya terlebih dahulu. Photoshop adalah aplikasi yang paling sering saya pakai di dalam mengedit foto atau gambar-gambar ini.

Desain dan grafis yang keren
Ini yang belum saya kuasai. Tapi, meski belum jago desain dan grafis, saya beberapa kali melengkapi tulisan di blog saya dengan ilustrasi desain dan grafis ini. Selain karena skill saya yang gak bagus, Photoshop yang ada di laptop saya juga masih yang versi jaduuuul banget. Jadinya, ya begitu deh. Gak maksimal. Andai Photoshopnya sudah yang versi teranyar, saya mungkin akan semangat untuk belajar.

Video yang menarik
Saya sering meng-embedded video dari Youtube. Jika ada yang sesuai, saya menggunakan video dari channel Youtube saya sendiri dengan video yang saya buat sendiri. Tapi, karena koleksi video yang saya buat terbatas, dan kualitasnya masih belum bagus, saya seringnya meng-embedded video dari channel Youtube orang lain. Gak apa-apa lah ya. Toh fitur embedded mah bukan ‘mencuri’. Credit untuk si pemilik channel masih tercantum di videonya.

ASUSPRO Notebook Seri B8230 Bisa Memaksimalkan Konten Kreatif Saya
Dari kesemua unsur konten kreatif yang saya miliki, foto/gambar, desain grafis, dan juga video adalah unsur yang masih lemah. Hal ini sebenernya buka karena skill yang belum oke saja, tapi juga alatnya yang tidak memadai. Iya, seperti yang saya ceritakan di atas. Laptop saya sudah ketinggalan zaman. Photoshopnya masih versi CS2. Diapgred pun gak bisa. Udah gitu gak punya video editor pula. Jadi semua video yang saya bikin masihlah pake aplikasi yang ada di hape. Payah banget, ya? Kalau saja saya punya laptop yang lebih mutakhir, ceritanya pasti akan berbeda. Misalnya saja ASUSPRO Notebook Seri B8230UA. Karena ‘alat tempurnya’ sudah keren, saya pasti akan lebih semangat dalam meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan konten yang lebih kreatif.

Notebook ASUSPRO B8230UA

Notebook ASUS Seri B8230UA menggunakan prosesor dan kartu grafis terbaru, yakni Intel® Core™ i7-6500 Processor atau seperti Intel® Core™ i5-6200 yang merupakan generasi keenam atau yang disebut dengan Intel Skylake. Dengan berjalan pada kecepatan hingga 3,1GHz, ASUSPRO Notebook Seri B8230UA ini jelas membuat kinerja (performa) yang tinggi dan juga cepat. Berkatnya, pekerjaan apa pun, dengan menggunakan ASUSPRO Notebook Seri B8230UA akan dilakukan secara efisien. Jadi saat melakukan banyak hal dalam satu kali waktu secara bersamaan, misalnya ngeblog sambil buka Photoshop, plus dengerin musik, serta sambil chatting di WhatsApp laptop, juga sembari download film, dan lalu mungkin ngedit video juga, ASUSPRO Notebook Seri B8230UA bisa mengakomodasinya. Pengalaman grafis yang hebat saat nonton video, main game, atau ngakses internet pun bisa didapatkan ASUSPRO Notebook Seri B8230UA berkat prosesor yang super canggih ini.  Nah kalau begini, kesulitan saya dalam membuat konten kreatif tadi bakalan teratasi bukan? Install Photoshop versi terbaru? Install Video dan Movie Editor? Cetek atuh!

Poin Plus ASUSPRO Notebook Seri B8230UA
Selain kemampuannya yang keren, ASUSPRO Notebook Seri B8230UA ini juga punya banyak poin plus-plus. Di antaranya saja mungil, cantik, dan elegan. Layar 12 incinya membuat notebook ini enteng dibawa ke mana-mana. Ngeblog di kafe? Bisa.

Fitur ASUS Business Manager yang ada di netbook ini sangat memungkinkan kita untuk melakukan berbagai macam setting. Misalnya saja memperbarui BIOS, melakukan backup dan recovery file, menghidupkan fitur HDD protection, serta yang lainnya.


Netbook temen-temen susah diapgred? ASUSPRO Notebook Seri B8230UA tidak demikian. Kompartemen yang ada di bawah body-nya bisa dilepas dengan mudah. Selain untuk mengganti apa pun saat mengapgred, membuka kompartemen juga dilakukan saat melepas baterei polimernya.

Butuh proteksi data yang maksimal. USB lock, HDD protection, fingerprint, TPM module, Kensington lock, dan Smart Card reader-nya bisa diandalkan.

Well…
Ngomongin konten kreatif lengkap dengan peralatan canggihnya sungguh membuat saya semangat. Saya pasti bisa lebih produktif dan berkualitas di dalam ngeblog jika bersama ASUSPRO Notebook Seri B8230UA ini. Tapi, untuk sementara ini sepertinya saya cuma bisa mupeng. Dan berdoa pastinya. Semoga saja, dalam waktu dekat, saya bisa segera memilikinya. Oke deh teman-teman, itu tadi curhatan saya soal konten kreatif di dalam ngeblog. Kalo teman-teman, konten kreatifnya gimana? Share di komen, yuk. Barangkali saja sama. Atau mungkin, kita bisa bertukar cerita. Dan akhirnya, bisa membuat kita semakin oke punya. Iya kan, ya?

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.


30 komentar:

  1. Saya juga naksir Asuspro B8230 Mbak Nia..biar ngeblog semakin kreatif hehehe....btw terimakasih sharing tulisannya yang sangat informatif... gudlak untuk lombanya ya semoga kesampaian memiliki notebook idaman....

    BalasHapus
  2. Saya suka ASUS teh... biru duh bagus tuh laptop suaminya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biru metalik gitu...

      Hapus
  3. Desain grafis saya pas2an bgt...
    Tp yakin klo perangkatnya oke, saya jg bisa bikin yg keren (pede bgt hihihi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi saya. Grafis masih jeleeeeek...

      Hapus
  4. Heboh banget si asus ini. Aku pingin, buat blogger memang sangat butuh yg lengkap kayak gini Mbak. Sukses lombanya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pas banget laptop ini buat blogger. Makasih...

      Hapus
  5. Tulisan kreatif itu bukan semata-mata tentang infografis, video dan foto menurut saya mbak, tetapi bagaimana tulisan bisa menginspirasi dan menggugah pembaca untuk melakukan hal lebih dan berbeda bahkan melampaui batas diri...ya sperti tulisan mbak nia ini....sukses selalu ya mbak....

    BalasHapus
  6. ini yang layar nya bisa di puter 180 derajat itu kan yaaa ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betuuuul banget, Mas Cum...

      Hapus
    2. Duh aku mau banget nich simpel bisa muter2

      Hapus
  7. Aa.. jadi pengen ganti notebook ke ASUSPRO Notebook Seri B8230UA terlebih notebook di rumah udah mulai eror... Kece banget emang ini ASUSPRO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Laptopku pun udah kudu dilembiru. Hehehehe..

      Hapus
  8. warna laptop teh NIa lucuu abis, birunya anti mainstream

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iya. Mencrang.. :D

      Hapus
  9. Laptop Asus makin kece2ih, laptop lama berasa laptop jadul. 😉 Sukses ngelombanya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, laptopku juga jadul. Huhuhu...

      Hapus
  10. wah slim banget ay gampang dibawa 2 ini mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Ngeblog on the spot saat liputan jadi memungkinkan...

      Hapus
  11. Kemarin aku beli Asuz masih i3, tapi lumayanlah. Pengen diatasnya kantong belum cukup.
    Kalau baca artikel diatas jadi malu sendiri, blogku terasa masih jauh dari ideal.
    Tampilan template yang masih kesana-kemari, artikel yang kadang bahkan tidak runut. Gambar yang buram, pokoknya malu. Makanya aku belum berani ikut lomba. Dijamin kalah.

    BalasHapus
  12. benar mbak harus sering upgrade kualitas ya
    semoga sukses lombanya mbak...

    BalasHapus
  13. semoga sukses dengan lomba blognya mbak

    BalasHapus
  14. Conten kreatif dan desain gragia, PR buat blog saya huhuhu

    BalasHapus
  15. asus memang is the best produknya, nyesel kemaren beli merk lain wkwkkw

    BalasHapus
  16. Asik banget nih ASUS makin lama makin tipis aja hihi mana kece lagi modelnya #mupeng

    semoga menang ya mba! :D
    salam kenal

    BalasHapus
  17. Huaah asli deh Mbk, kece2 blogger sekarang. Aku juga nulis editan foto seadanya aja. Terancam punah? Kita tampilkan sisi unik kita aja Mbk hehe...

    BalasHapus
  18. performa Asus udah nggak diragukan lagi

    BalasHapus
  19. Mahal gak harganya ya nia? Uni lg hunting laptop nih heheh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)