23.11.16

3 Tempat Pemandian Air Panas Alami Popular di Sekitar Kota Bandung


Teman-teman, kalau main ke Bandung, selain ke mall, tempat-tempat makan, dan juga factory-factory outletnya, teman-teman ngabisin waktu liburan di mana lagi? Jika enggak tahu atau enggak ada ide, ada bagusnya teman-teman masukin agenda berenang di pemandian air panas alami yang ada di sekitar kota Bandung deh. Kenapa begitu, sebab berenang di pemandian air panas alami ini sensasinya lain daripada berenang di kolam renang atau waterpark biasa. Dijamin, seluruh anggota keluarga pasti akan menyukainya.

Keluarga saya juga begitu. Saya, suami, anak-anak, orang tua, dan saudara-saudara saya, saat liburan pasti mengunjungi salah satu pemandian air panas alami ini. Lingkungan sekitarnya yang masih segar dan asri, serta mandi air panas yang juga banyak manfaatnya bagi tubuh, dan kemudian makan bersama di tempat terbuka, membuat kami sekeluarga tak pernah bosan main ke pemandian air panas ini. Setiap pulang dari sana, pasti saja ada cerita berkesan yang gak terlupakan. 

Untuk teman-teman yang berencana main ke pemandian air panas alami yang ada di sekitar Bandung, saya punya 3 referensi tempat pemandian air panas alami yang sudah terkenal alias popular dan melegenda yang ada di sekitar kota Bandung. Apa sajakah tempat-tempat itu? Yuk baca terus tulisan saya ini.

1. Pemandian Air Panas Cimanggu
Tempat pemandian air panas Cimanggu adalah tempat pemandian air panas yang pertama saya kenal. Saya pertama kali datang ke tempat ini saat duduk di bangku sekolah dasar. Dulu di sana hanya ada kolam pemandian air panas dan kamar-kamar khusus air panas. Tetapi sekarang, selain kolam air panas, di sana juga ada taman wisata, lengkap dengan aneka permainan outbond, serta cottage. 

Karena saya dan keluarga datang ke sana hanya untuk mandi air panas, saya hanya memanfaatkan kolam air panas untuk umum. Harga tiket masuknya sekitar 20 ribuan. Adapun untuk pengunjung yang menginap di cottage-nya, disediakan kolam air panas khusus. Tempat pemandian air panas Cimanggu beralamat di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali KM 12, Desa Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Anak saya yang sedang berenang di kolam air panas

2. Pemandian Air Panas Walini
Setelah Cimanggu, pemandian air panas yang saya kenal berikutnya adalah Walini alias Ciwalini alias Ranca Walini. Kenapa demikian sebab tempatnya tak terlalu jauh dari rumah saya di Soreang. Ya, Cimanggu dan Walini kan adanya di Ciwidey. Lebih dekat ke tempat-tempat ini dari rumah saya ketimbang ke pusat kota Bandung.

Seperti halnya pemandian air panas Cimanggu, di Walini, saya juga biasanya mandi dan berenang di kolam air panas untuk umum. Harga tiketnya hampir sama, yaitu sekitar 20 ribuan. Akan tetapi di dalam Walini tidak ada cottage khusus seperti di Cimanggu. Jika hendak bermalam, teman-teman bisa mencari penginapan, hotel, atau cottage yang ada di sekitar Walini. Misalnya saja di Cottage Cimanggu karena memang jaraknya cukup dekat. Oh ya, mandi air panas di Walini bisa dapet voucher teh, lho. Walini kan memang terkenal dengan perkebunan tehnya. Dan teh  Walini rasanya enak.

Bermain seluncuran di kolam air panas

3. Pemandian Air Panas Sari Ater Ciater
Setelah kenal 2 tempat pemandian air panas yang deket dengan rumah, barulah saya kenal pemandian air panas Sari Ater, Ciater, Subang. Sedikit berbeda dengan dua tempat yang tadi, tempat pemandian Sari Ater ini menempati wilayah yang cukup luas. Kolam pemandiannya banyak. Dari yang untuk anak-anak hingga dewasa. Tak cuma itu saja, bahkan sungai yang mengalir di sana juga menjadi tempat bagi banyak orang untu berendam. Ya, berendam di air panas yang kaya akan belerang  kan menyehatkan. Misalnya saja mengobati rematik, gatal-gatal, dan berbagai gangguan tubuh lainnya. Harga tiket masuk ke pemandiar air panas Sari Ater juga relatif murah, yaitu sekitar 20 ribuan. Tempat pemandian air panas Sari Ater ini beralamat di Jalan Raya Ciater Subang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat

Bermain di pemandian air panas Sari Ater, Ciater, Subang

Nah, itulah 3 tempat pemandian air panas alami yang sudah lama ada, popular alias terkenal, dan bisa dibilang melegenda. Namun meski usianya sudah cukup tua, ketiga tempat ini terus mengalami inovasi. Dan gak akan bikin bosen yang datang meskipun dilakukan berulang-ulang.

Untuk teman-teman yang datang dari luar kota dan hendak bermalam tak perlu takut. Di dalam dan di sekitar tempat pemandian air panas ini banyak sekali hotel, penginapan, dan juga cottage. Tinggal booking saja tempat penginapan yang sesuai dengan selera. Tapi, saya sih lebih menganjurkan untuk booking hotel murah agar budget bisa dialokasikan ke kebutuhan yang lain. Misalnya saja beli oleh-oleh khas Bandung. Asyik, bukan?

Oh ya, mulai 1 Desember akan ada promo diskon gede-gedean sampai dengan 50% lho untuk booking hotel di Pegipegi. Mau tahu informasi selengkapnya? Tunggu aja semuanya di Pegipegi pada tanggal 1 Desember 2016. 

Oke deh teman-teman, selamat merencanakan liburan, ya. Inget, kalo ke Bandung, jangan cuma main di kotanya aja, tapi juga mampir ke gunung-gunungnya. Kayak ke tempat-tempat pemandian air panas yang melegenda yang saya sebutkan tadi. Dan jangan sampai ketinggalan juga promo diskon gede-gedean dari Pegipegi. Rugi banget deh kalo gak kebagian. Liburan akhir tahun tinggal sebentar lagi, kan? Yuk rencanakan liburan, yuk!


19 komentar:

  1. Aku pernah ke ciater doang. Jaman aku kecil. Baca tulisan Mbak Nia jadi pingin ke Bandung lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo... sekalian kita kopdar :)

      Hapus
  2. Jadi pengen ke Bandung lagi, dulu baru sekali mampir ke Ciater. Itu pun cuma sebentar.

    BalasHapus
  3. Aiiih.. itu kolam Ciater yang bawah ya yang ada perosotan mah. Mampir sini atuh kalo ke Ciater teh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, ga tahu saya mah. Liat yg ada perosotan, nyimpang weh. Iya ah, mun ka Ciater deui mah mampir ka Orin. :D

      Hapus
  4. sok hoyong ka ciwidey mun mudik ka Bandung tapi sieun ku macetna ..heuheu klo ke Ciater dari araha Jakarta enak udah ada tol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, sekarang kalo Libur, Ciwidey macet bangeeeet...

      Hapus
  5. Pas banget teh, lagi pengen liburan ke pemandian air panas. hehehehe Aku udah lama banget terakhir ke ciater masih zaman sekolah. Sipp noted ini rekomendasi tempatnya.

    BalasHapus
  6. Aku udah pernah ke semuanya horeee... btw enak kali ya teh musim hujan gini rendeman air panas :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi males di jalanna nya :D

      Hapus
  7. pernah kesana sudah lama sekali dan belum pernah ke sana lagi

    BalasHapus
  8. Pemandian air panas tapi fasilitasnya bagus ya mba. Aku waktu itu udh parkir di pemandian ciater tapi gagal masuk krn hujan deras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget. Yuk ke sini lagi..

      Hapus
  9. Ya ampun kapan lah aku bisa ke sari ater yang terkenal itu.. aaaah pingin banget deeeh..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  10. pengin mandi di pemandian nih, gara gara lihat fotonya apalagi pas cuacanya panas kayaknya enak banget yah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)