1.2.16

Tips Membeli Rumah

Rumah merupakan sebuah tempat yang wajib dimiliki setiap orang di dunia. Walaupun ada juga orang yang tidak mempunyai rumah dan lebih memilih tinggal di apertemen atau mengontrak rumah. Tetapi memiliki rumah adalah impian hamper seluruh orang di dunia sebagai tempat berlindung yang nyaman. Tak jarang sebagian orang mencari atau mebangun rumah impian mereka membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun ada juga orang yang tak mau ribet dan yang penting punya rumah untuk tinggal. Maka banyak orang yang memutuskan untuk membeli saja sebuah rumah yang sudah jadi daripada harus membangunya dari awal. Nah Tips berikut ini dapat menjadi referensi anda agar anda tidak tertipu ketika membeli sebuah rumah. 

Sesuaikan Keuangan Anda
Hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah kondisi keuangan anda. jangan memaksakan diri untuk membeli rumah yang meah tapi kondisi keuangan minim karena jika anda memaksakan maka anda menambah daftar hutang yang anda miliki. Usahakan kondisi keuangan anda saat ini menjadi prioritas dalam membeli rumah. Di kemudian hari anda juga bisa merenovasi rumah anda jika kondisi keuangan anda sudah cukup baik atau anda bisa membeli rumah baru yang lebih mewah jika memang anda sudah memiliki cukup rezeki. 

Perhatikan Status Rumah
Memperhatikan status rumah yang akan anda beli merupakan hal yang penting. Jangan sampai anda sudah membeli rumah tersebut, ternyata rumah itu sedang bermasalah. Anda harus memperhatikan dengan benar sertifikat rumah yang akan anda beli. Kemudian anda juga harus memperhatikan apakah rumah yang dibangun tersebut dibangun di tanah yang legal dan memang sudah sah secara hukum. 

Kondisi Bangunan Rumah
Bukan hanya lokasi atau keabsahan rumah yang harus anda perhatikan jika ingin membeli rumah, kondisi bangunan rumah itu pun anda harus perhatikan. Rumah dijual di Jakarta sangat memikirkan hal ini karena akan menarik calon pembeli dengan kondisi bangunan yang bagus akan lebih menyakinkan. Maka jika anda sudah yakin ingin membeli rumah tersebut, periksa satu persatu ruangan dan fasilitas yang ditawarkan di rumah tersebut. 

Perhatikan Developernya
Jika anda berencana membeli rumah di sebuah perumahan, anda harus memperhatikan pengembangnya atau si developernya. Jangan sampai anda tertipu karena penjelasan mereka yang menarik anda harus perhatikan poin no 2 dan 3 mengenai status dan kondisi rumah tersebut. Anda bisa menanyai orang yang anda kenal atau mencari di internet apakah pengembangnya sudah berpengalaman atau belum.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)