badge

30.12.16

Hipertensi dan Diabetes


Hari Rabu lalu, saat saya sedang asyik milih-milih baju anak di Pasar Baru, tiba-tiba saya mendengar seorang pengamen menyanyikan lagu ‘AYAH’. Sontak saya berhenti. Tangan yang tadinya sibuk pegang ini pegang itu, langsung terdiam. Saya pun menoleh ke arah lagu itu berasal. Saya terkejut lagi ketika tahu bahwa yang menyanyi adalah seorang tunanetra. Suaranya bagus dan nyanyiannya pun merdu. Gak terasa, saya dengerin lagu itu hingga selesai. Dan selama lagu dinyanyikan, hati saya bergetar. Ya, saya teringat almarhum bapak.

29.12.16

Serunya Mempersiapkan Ulang Tahun Buah Hati Sahabat


Jalinan persahabatan yang terjalin dengan teman akan membuat kita melalui fase-fase kehidupan yang cukup menarik. Setelah seru-seruan di masa remaja, fase berikutnya akan mulai datang ketika kita dan sahabat sudah menikah. Hingga nantinya tiba saat untuk melewati fase-fase serunya mengurus anak bersama. Bukan tidak mungkin, kita juga nanti akan ikut membantu sahabat mempersiapkan ulang tahun buah hatinya. 

28.12.16

Sering Bete Karena Macet? Pake uberMOTOR!


Temen-temen, kalo lagi libur panjang kayak sekarang, temen-temen biasanya pada liburan atau di rumah saja? Saya sih, pasti selalu di rumah. Pengennya, saya juga liburan kayak temen-temen semua. Ke mana gitu. Gak perlu ke luar kota. Bisa jalan-jalan di dalem kota aja, rasanya udah bikin seneng. Tapi… niat itu saya tahan. Bukan apa-apa, tahu sendirilah ya, kalo libur panjang kayak gini, di mana-mana pasti penuh orang. Ya, orang-orang dalam kota mau pun orang-orang dari luar kota. Dan jalanan pun macet. Jangankan bisa ke luar kota, ke mall yang jaraknya cuma sepelemparan sandal aja, duh… jalanan maceeeet. So, bukannya bikin hepi, yang ada malah bete di jalan. Uh, capek bingit!

27.12.16

Untuk Bayi, Pilih Sabun Batang atau Sabun Cair?


Dulu, saat anak pertama saya (Reihana) berumur 1-2 tahunan, dia pernah menderita kulit yang ruam-ruam kemerahan. Ruam merahnya ini cukup banyak. Bahkan bisa dibilang, hampir memenuhi seluruh tubuh. Dan sepertinya sangat gatal. Hal ini terlihat dari dia yang garuk-garuk terus. Meski dioles minyak telon dan bedak antigatal, ruam merah dan rasa gatalnya tak juga hilang. Sehingga akhirnya di hari ke-3, saya pun membawanya ke dokter anak.

26.12.16

Menjadi Orang Tua, Proses Belajar yang Gak Ada Tamatnya


Beberapa tahun yang lalu, saat lagi ngelonin bobo siang anak pertama (a.k.a menyusui), dari jendela sebelah kamar, samar-samar saya denger seorang anak tiba-tiba nangis kenceng. Dugaan saya, si anak pasti jatoh. Ternyata saya bener. Suara orang dewasa yang sudah pasti adalah ibunya membenarkan dugaan saya tersebut.

24.12.16

Beware What You Wish For!


Beberapa waktu lalu, saat lagi nyantei, iseng-iseng saya buka grup alumni perkualiahan di Facebook. Sebagai salah satu membernya yang udah lama gabung, saya heran dan cukup terkejut liat postingan-postingan di sana. Gak nyangka banget, postingan-postingan di sana bagus-bagus. Dan inspiratif. Iyalah saya gak tahu, selama ini kan, kalo buka grup FB, tempat mampir cuma grup-grup blogger aja. Baik itu untuk share postingan, cari link buat bw, atau nyari job. Jelas, grup alumni kuliah, lewat dari pemantauan.

21.12.16

Apa Kabar Resolusi?


Teman-teman, udah tanggal 20-an Desember nih? Cuma dalam hitungan hari, tahun 2017 segera tiba. Gimana tahun 2016-nya? Sudah bikin karya apa? Sudah jadi orang yang lebih baik? Waduh… kok saya masih begini-begini aja, ya? Huhuhu… Apa kabar Resolusi Tahun 2016? Cuma jadi tulisan belaka kayak resolusi di tahun-tahun lalu. Menyedihkan!

20.12.16

Cerita Baik Bersama JNE Itu Bernama "Berbagi Kebahagiaan"


"Mama… paket!” Anak ketiga saya lari sambil nyodorin kardus bekas sepatu. Tak lama, adiknya menyusul.
“Paket… paket!” Ujar mulut mungilnya.
“Wah, asyik!” Ucap saya.
“Ini apa, sayang?” Tanya saya.
“Ini paket, Ma. De Dudan sama De Rayyan lagi main-main jadi Mamang JNE.” Jawab anak ketiga saya. Adiknya pun mengangguk.
“Oh….”

3 Langkah Beli Rumah dengan Gaji Pas-pasan


Bagi mereka yang baru menikah, membeli rumah biasanya adalah tujuan setelah menikah. Hal inilah yang membuat banyak orang menabung sebagian besar dari penghasilannya. Selain menikah, membeli rumah juga sama pentingnya dalam kehidupan. Hanya saja, biasanya kendala harga, menjadi masalah yang dihadapi. Apalagi para pasangan muda ini biasanya belum memiliki penghasilan yang besar. Akhirnya, membeli rumah pun menjadi tertunda-tunda.

Ingin Sewa Apartemen per 6 Jam?


Ingin sewa apartemen per 6 jam? Kenapa tidak? Bagi kita yang sedang traveling, menghadiri kunjungan, atau sekadar beristirahat dalam waktu yang tidak lebih dari 6 jam, bisa memilih sewa apartemen per 6 jam ini. 

19.12.16

Tidak Kemahalan! Rumah Dijual di Surabaya Harga di Bawah 100 Juta


Rumah dijual di Surabaya dengan harga dibawah 100 juta, apakah mungkin? Kita sama-sama mengetahui bahwa harga rumah, sekarang ini sangatlah tinggi. Hal itulah yang mengakibatkan masih banyak orang di Indonesia yang belum memiliki rumah. Padahal, rumah merupakan kewajiban pokok yang sangat penting untuk dipenuhi. Tanpa memiliki rumah, hidup akan serasa belum tenang. Apalagi jika kita sudah memiliki keluarga. Sangatlah menjadi beban berat untuk mendapatkan rumah dengan mudah ketika melihat harga rumah yang dijual di Indonesia meningkat setiap waktunya. Bagaimana mungkin masalah ini bisa terpecahkan, ketika rata-rata penghasilan orang di Indonesia belum mencukupi untuk bisa memiliki rumah dengan harga yang melambung tinggi tersebut.

17.12.16

Diabetes Oh Diabetes


Teman-teman, masih inget kan tanggal 14 November itu hari apa? Ya, bener banget! Tanggal 14 November adalah Hari Diabetes Internasional. Saya sebenernya baru tahu, lho dengan adanya hari itu. Thanks to para blogger yang ikut acara tersebut dan menuliskan reportasenya di blog masing-masing bulan November lalu, deh. Tanpa itu, sampai sekarang, saya mungkin gak akan pernah tahu adanya Hari Diabetes sedunia tersebut. Gara-gara itu, saya pun akhirnya jadi tahu jika di Indonesia juga ada Hari Diabetes Nasional yang jatuh pada tanggal 18 April.

8.12.16

Satu Sachet Spatone Sehari, Segar Bugar Sepanjang Hari


Bagi seorang perempuan, menjadi ibu yang bisa hamil, melahirkan, dan menyusui dengan lancar adalah salah satu #lifegoal yang paling indah. Kenapa demikian? Sebab pada kenyataannya, tiga proses yang dilewati itu tidaklah mudah. Terutama di saat hamil. Berbagai keluhan dan gangguan kerap kali terasa. Tak jarang, gara-gara keluhan tersebut, ada beberapa perempuan yang akhirnya segan untuk melewati masa-masa kehamilan.

Salah satu perempuan tersebut adalah saya. Saya itu perempuan yang selalu ‘payah’ di saat hamil. Dari mulai mual yang berlebihan, badan lemes gak terkira, hingga muntah-muntah setiap perut diisi makanan, menjadi rutinitas yang senantiasa mewarnai hari-hari di masa kehamilan. Dan yang paling berat, itu adalah badan yang lemes dan kepala kliyengan alias pusing yang sangat parah. 

Mudahnya Jual Beli Mobil dengan Fitur Live Chat Mobil123


Teman-teman, masih inget dengan portal Mobil123.com, kan? Itu tuh, portal otomotif nomor 1 di ASEAN yang menghubungkan dealer mobil dengan pembelinya secara langsung. Tak hanya itu saja, di portal itu pun kita juga bisa memasang iklan untuk menjual mobil yang kita punya. Asal sesuai dengan persyaratan yang ada pada mereka tentunya.

Baca juga: Mobil123: Portal Otomotif Terpercaya, Tempat Mencari Kendaraan Apa Saja 

Nah teman-teman, menyambung perkembangan inovasi yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, kali ini Mobil123.com membawa kabar baru. Kabar tersebut berupa diluncurkannya teknologi yang bisa membuat komunikasi antara penjual dan pembeli berjalan secara langsung. Seiring dengan release chat ini, iCar Asia juga meluncurkan Dealer Apps yang baru. Yaitu sebuah aplikasi yang khusus dibuat untuk dealer mobil. Dan jelas, aplikasi ini akan sangat memudahkan mereka untuk mengelola bisnis jual-beli mobil dari perangkat mobile mereka. 

1.12.16

Tips dan Ide Hiasan Dinding untuk Ruang Tamu Minimalis


Rumah yang cantik kenyataannya tak hanya didukung dari desain eksteriornya saja. Melainkan juga interiornya. Untuk itulah, banyak orang yang mengeluarkan nilai lebih guna mengisinya dengan beragam furnitur menarik. Sehingga manfaat yang didapatkannya juga double. Tak hanya untuk kebutuhan atau nilai fungsi langsung. Tetapi juga untuk mendukung keindahan. Hanya saja, tentu harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan konsep rumahnya. Tak semua jenis hiasan dinding yang digunakan akan cocok dan mencerminkan huniannya. Tak jarang, justru beberapa di antaranya nampak tidak sesuai.

Napas Lega, Anugerah Besar yang Sering Tak Kita Sadar


Malam itu tak bisa saya lupakan. Suatu hari ketika saya kecil, di suatu malam yang teramat dingin, tiba-tiba saya kesulitan bernapas. Leher seperti tercekik dan udara di sekitar saya, rasanya seperti menghilang entah kemana. Beruntung mama segara datang ke kamar saya. Dengan memberi aba-aba supaya saya tenang dan tidak panik, saya diminta untuk menarik napas secara perlahan-lahan. Dan ya, anjuran mama cukup berhasil. Dalam hitungan menit, napas saya kembali seperti semula. Dengan perasaan lega, saya pun segera memeluk mama.

Malam itu adalah malam di mana penyakit asma saya kambuh untuk pertama kalinya. Sebelumnya, tak pernah ada yang tahu bahwa saya punya penyakit asma. Bahkan mama pun sangat heran. Sebab sejak saya lahir, tak pernah sekali pun saya menunjukkan gejala-gejala penyakitnya. Dan malam itu menjadi semacam warning, bahwa ke depannya, si asma bisa kambuh kapan saja.

30.11.16

Dengan Shop and Drive, Aki Soak Gak Usah Norak


Teman-teman, pernah nyobain nebelin muka setebel-tebelnya alias cuek-cuekin diri dari rasa malu setengah mati, gak? Saya pernah. Pernah banget. Waktu itu, sekitar tahun 2000-an. Suatu hari saat saya diajak seorang temen jalan-jalan pake mobil barunya. Bukan mobil baru sih, mobil second. Lebih tepatnya, mobil yang baru dibeli bokapnya. Dengan iming-iming akan ditraktir makan di sebuah mall ternama, jadilah saya dan 2 teman lain, ikut si teman yang baru punya mobil itu.

28.11.16

Tentang Investasi


Teman-teman, beberapa waktu lalu ngikutin berita di televisi dan internet, gak? Itu tuh, soal rush money. Pasti ngikutin, ya. Duh, saya mah dek-dekan deh ngikutinnya. Bukan apa-apa, takut dolar naek, euy. Tahu sendiri, ya, dolar naek tea atuh bikin pusing. Sembako bakal pada naraek, barang-barang lain pun ikut-ikutan. Pokokna mah, dijamin bikin ibu-ibu rumah tangga macam saya pusing ngatur-ngatur duit. Tapi Alhamdulillah deh, rush money berhasil dicegah, dan kekacauan ekonomi yang ditakuti, gak terjadi.

26.11.16

4 Pantai di Bali yang Ingin Saya Kunjungi


Ngomongin Bali memang gak pernah ada bosennya. Selalu saja menarik untuk dibicarakan. Iyalah, Bali kan salah satu surga dunia yang ada di Indonesia. Tak heran, Bali jadi destinasi impian bagi siapa saja. Termasuk juga saya.

Iya, saya ngebet banget dengan Bali. Budayanya, makanannya, masyarakatnya, gunung-gunungnya, hingga pantai dan lautnya begitu menawan di mata serta hati saya . Sungguh, kalau ada waktu, duit, dan kesempatan, Bali pasti jadi tempat pertama untuk menghabiskan liburan.

24.11.16

Enaknya Masakan Rumahan


Beberapa waktu yang lalu, saat sedang nyuapin bocah-bocah, tiba-tiba si bungsu nyeletuk.
“Enak bangaaaat!” ucapnya dengan polos.

Saya tersenyum. 
“Iyang resep daging hayam?” Tanya saya.
“Enak bangat!” jawabnya seperti ucapannya yang pertama.

23.11.16

3 Tempat Pemandian Air Panas Alami Popular di Sekitar Kota Bandung


Teman-teman, kalau main ke Bandung, selain ke mall, tempat-tempat makan, dan juga factory-factory outletnya, teman-teman ngabisin waktu liburan di mana lagi? Jika enggak tahu atau enggak ada ide, ada bagusnya teman-teman masukin agenda berenang di pemandian air panas alami yang ada di sekitar kota Bandung deh. Kenapa begitu, sebab berenang di pemandian air panas alami ini sensasinya lain daripada berenang di kolam renang atau waterpark biasa. Dijamin, seluruh anggota keluarga pasti akan menyukainya.

Tips Sukses Berbisnis Minuman Unik


Ada banyak pilihan untuk memulai sebuah usaha. Agar bisa maksimal, semua tentu harus didukung dengan strategi. Minuman unik adalah salah satu bidang usaha yang menjanjikan. Kenapa demikian, sebab minuman merupakan sajian teman makan. Atau bahkan bisa menjadi sajian tersendiri tanpa makanan. Dari peluang bisnis minuman ini, Anda bisa menggunakan konsep-konsep yang berbeda, sehingga tampak unik dan menarik. Pastinya, sajian minuman tersebut diharapkan dapat memikat para pengunjung untuk menjadi pelanggan setia.

21.11.16

Saya Suka Belanja Online!


Beberapa waktu yang lalu saya menang lomba livetweet. Hadiahnya berupa voucher MAP senilai 500 ribu rupiah. Sebagai emak yang jarang belanja barang kebutuhan sendiri, dapet voucher hadiah tentu bikin seneng. Ya apalagi kalau bukan untuk dibelanjakan barang yang dibutuhkan. Semacam baju, sepatu, atau tas. Sebab belanja pake duit cash mah, saya ngerasa sayang banget. Jadilah, hari-hari berikutnya, saya searching-searching merchant yang nerima pembayaran dengan voucher MAP.

20.11.16

Hoax Oh Hoax


"Mi, Dede Yusuf teh siapa?" Tanya anak kedua saya.
"Itu, bintang film yang pernah jadi wakil gubernur Jabar, Emang kenapa nanyain dia?" Saya balik nanya.
"Katanya meninggal, ya?" tanya dia lagi.
"Kata siapa?" saya balik nanya.
"Broadcast BBM," jawabnya.

19.11.16

Perhiasan Favorit Saya


Tahun depan, usia pernikahan saya dan suami menginjak tahun ke-16. Meski tak punya kebiasaan memberi hadiah, setiap tahun, di hari jadi pernikahan kami, suami saya pasti ngasih sesuatu. Bukan yang wah atau mahal-mahal sih. Yang murah dan sederhana pun, ketika datangnya dari hati, rasanya cukup istimewa. Mau tahu apa hadiah yang saya terima di wedding anniversary day kami? Hehehehe… jangan ngetawain tapi ya. Hadiah itu ‘cuma' cokelat, es krim, traktiran semangkok bakso, pempek, atau apa pun yang saat itu saya pengenin. Iyap, saya itu kalau sama suami orangnya togmol. Apa pun saya katakan. Termasuk apa-apa yang saya inginkan saat itu. Jadi, ya saat hari jadi pernikahan, hadiah yang saya dapat pasti adalah barang yang saat itu selalu saya omongkan.

18.11.16

Waspada, Pemicu Alergi Ternyata Ada Di Sekitar Kita


Alergi adalah sebuah reaksi yang tidak begitu menyenangkan. Biasanya ditandai dengan kulit berubah kemerahan, terasa gatal, bahkan bengkak. Reaksi ini kadang datang tiba-tiba, yang akhirnya membuat kita bingung memikirkan penyebabnya. Ternyata, banyak orang yang berusaha menghindari penyebab alergi yang mereka ketahui, tapi pada akhirnya mereka terpapar penyebab alergi lain yang dikenal dengan istilah alergen Berikut empat alergen yang bisa kita temui di sekitar kita, di antaranya sebagai berikut.

17.11.16

Si Tomat untuk Kulit yang Memikat


Teman-teman, hari Minggu lalu saya pergi ke pasar. Tak seperti biasanya, kali itu saya beli tomat lumayan banyak. Yaitu 5 kilogram. Bukan, saya beli tomat sebanyak itu bukan untuk hajatan dan masak banyak. Tetapi lebih kepada kabita, alias tergoda pada ranumnya, segarnya, dan bagusnya tomat-tomat itu. Bukan kali itu saja sih sebenernya. Tiap kali ke pasar, kalo lihat tomat bagus dan segar seperti itu, saya gampang banget tergoda. Gak heran, 4 - 5 kilogram tomat, hampir setiap pergi ke pasar, selalu memenuhi keranjang belanja saya.

Teman-teman penasaran gak dikemanain tomat-tomat sebanyak itu? Yang bahkan dalam sebulan bisa sampai 3 kali lipatnya menuhin kulkas di rumah saya? Hehe.. betul, tomat-tomat itu sebagian dijus, sebagian dirujak, sebagian dimakan langsung mentah-mentah tanpa diolah, sebagian dipakai bumbu masak, dan sebagian lagi dipakai masker wajah. Gak cuma oleh saya, bahkan seisi rumah, semuanya mempunyai andil besar di dalam menghabiskan tomat-tomat itu.

14.11.16

Liburan (Segera) Tiba!


Teman-teman, sebentar lagi tahun 2016 akan segera berakhir. Itu artinya, liburan panjang akhir tahun juga akan segera tiba. Sudah pada punya rencana ngabisin liburannya di mana dan ngapain? Saya sih belom. Selain karena bingung, juga karena budget yang belom keliatan. Wkwkwk... maklumlah ya, freelancer mah susah diprediksi. Ada kalanya sebulan job numpuk, ada kalanya juga sebulan job sepi. *Alesan gak bisa nabung* Tapi yang jelas, meskipun pilihan belom ditentukan, bayangan akhir tahun mau ngapain, sudah tergambar di bayangan saya. Apa saja tuh pilihannya? Kira-kira seperti ini deh.

Liburan di rumah sanak saudara
Kakak kedua dan adik bungsu saya tinggalnya lumayan jauh dari saya. Di Bekasi dan juga di Sukabumi. Begitu juga dengan mertua saya. Meski masih di Bandung, tapi lumayan jauh juga dari rumah saya. Menghabiskan liburan akhir tahun di rumah mereka adalah Plan A buat saya, suami, dan anak-anak. Selain untuk bersilaturahmi karena jarang ketemu, faktor irit juga menjadi hal yang kami utamakan. Gak perlu ada anggaran hotel dan penginapan juga. Hanya perlu ongkos bensin dan bekal kami selama di sana. Dan tentunya, berkunjung ke tempat wisata dan mall yang ada di sana sudah menjadi agenda kami sekeluarga.

7.11.16

Curhatan Gamers Lemot


"Mi, lagi ngapain, sih?" Tanya A Radit penasaran.
"Maen games," jawab saya anteng mainin hape.
"Hah, games apa? Tanyanya lagi semakin heran.
"Bubble Shooter."

Seperti itulah kayaknya percakapan saya dengan A Radit, anak saya yang kedua. Dia langsung ketawa ngakak begitu tahu emaknya main games. Bubble Shooter pula. Jelas begitu sebab dia tukang main games Berbagai macam games dalam waktu sekejap, pasti bisa dia kuasai. Ya mungkin demikianlah anak-anak zaman sekarang. Games atau apa saja yang berhubungan dengan gadget dan teknologi, begitu mudah dimainkan. Dan sebaliknya. Generasi X macam saya, begitu susah untuk menaklukkan hal-hal baru. Entah karena susah move on atau memang males untuk belajar. Yang jelas, kengakakan A Radit waktu itu, tentu karena tahu, emaknya memang pemain Bubble Shooter sejak zaman firaun. Tepatnya sejak zaman kuliahan di akhir tahun 90-an. *Duh, ketahuan umur* Saya pernah cerita soal itu kepadanya.

1.11.16

4 Cara Menikmati Liburan Akhir Tahun Tanpa Ribet dan Stres


Tak bisa kita pungkiri jika tahun baru itu adalah salah satu momen spesial yang dinantikan oleh banyak orang. Selain karena merupakan libur yang panjang, juga karena banyak sekali pesta diskon yang memanjakan para penggila belanja. Tak heran, aktivitas menjelang tahun baru biasanya menjadi sangat padat. Dari mulai di tempat wisata sampai di tempat belanja. Semuanya akan dipenuhi oleh pengunjung dengan masing-masing keperluan mereka.

Memilih untuk menggunakan liburan panjang di akhir tahun sebagai ajang piknik bersama keluarga, adalah keputusan yang tak salah. Tapi tak sepenuhnya benar juga. Sebab pada saat itu, ada banyak sekali orang yang berpikiran sama. Dan akhirnya membuat jalanan menjadi sangat ramai. Jika sudah begini, pikiran bukannya senang. Malah sebaliknya. Stres berat karena macet yang tak ada habisnya.

30.10.16

Pilih-pilih Mobil Terbaik untuk Anak Muda? Di Mobil123 Saja!


Teman-teman, masih inget dengan cerita saya tentang Mobil123? Masih dong, ya. Kalo udah lupa, yuk buka lagi deh tulisan Mobil123: Portal Otomotif Terpercaya, Tempat Mencari Kendaraan Apa Saja. Di tulisan tersebut, saya memperkenalkan teman-teman dengan situs otomotif terbesar dan terpercaya yang mempertemukan penjual dan pembeli mobil di Indonesia. Tak cuma itu saja, saya juga menyinggung mengenai keterkaitan Mobil123 dengan iCar Asia.

Nah teman-teman, berkaitan dengan Mobil123.com,  Hari Jumat, 28 Oktober 2016 lalu, saya dan teman-teman blogger di Bandung, berkesempatan berbincang-bincang dengan Mobil123. Di acara yang bertajuk Memilih Mobil Terbaik untuk Anak Muda kali itu, saya yang tadinya hanya kenal Mobil123 sekilas, Alhamdulillah menjadi tahu lebih banyak. Penasaran dengan apa saja yang dibahas dalam talkshow tersebut? Yuk, simak terus tulisan saya ini.

27.10.16

Jangan Gunakan Kosmetik Yang Mengandung Bahan-bahan Ini!


Sekarang ini, menggunakan kosmetik merupakan hal yang lumrah dilakukan. Tak hanya oleh wanita. Bahkan pria, untuk bisa tampil menarik, segar, dan berbeda dari biasanya, juga memakai kosmetik. Dari mulai pelembab wajah, bedak, shading, hingga ke lipstick.

Di dalam sebuah produk kecantikan, ada banyak sekali zat kimia. Ada zat kimia alami da nada juga zat kimia buatan. Semua sah-sah saja kehadirannya dalam sebuah kosmetik, asalkan sudah memenuhi berbagai kriteria yang telah ditentukan oleh badan terkait. Misalnya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

24.10.16

5 Masalah pada AC yang Sering Kita Jumpai


Teman-teman, mau nanya  nih, di tempat teman-teman, sekarang-sekarang ini sering panas, gak sih? Di saya, kok tiap hari panas banget deh. Padahal kan, saya di Bandung. Kalo Jakarta atau Surabaya mungkin maklum, pinggir pantai. Lha Bandung? Gak cuma siang aja, bahkan malem, saya sering keringetan. Boro-boro deh pake selimut tebel kayak dulu. Dan gak hanya di musim kemarau, musim hujan seperti sekarang juga, tetep sering kegerahan. Apa ini salah satu dari gejala Global Warming? Entahlah, saya kurang ngerti dengan hal ini.

Gara-gara sering kegerahan setiap hari, saya jadi kepikiran pasang AC (Air Conditioner) lho di rumah. Iyalah, gimana gak gitu, gak enak banget soalnya tiap hari mandi keringat kegerahan. Belom lagi anak-anak yang badannya jadi sering kena biang keringet. Pasang AC, sepertinya jadi satu-satunya solusi dalam mengatasi hal ini.

23.10.16

Beda Warna Spons, Beda Fungsinya


Beberapa hari lalu, saat sedang nonton tv, tiba-tiba sebuah tayangan mengingatkan saya ke rumah almarhum nenek. Lebih tepatnya ke dapur nenek. Dandang-dandang penanak nasi (se'eng) yang disimpan di atas bangku kayu, tempat-tempat nasi (boboko) yang digantung di dinding dapur, dan juga tungku api (hawu) lengkap dengan kayu-kayu bakarnya. Sungguh, pemandangan dapur di pedesaan yang saya lupa namanya itu, membuat saya kangen masa kecil. Masa kecil ketika liburan di rumah nenek.

Nenek, Orang yang Sangat Keras
Ya, nenek saya adalah orang yang keras. Tak cuma terhadap anak-anaknya, yakni mama dan kedua adiknya, tetapi juga kepada kami cucu-cucunya. Termasuk kepada saya. Jadi walau pun liburan, setiap hari, saya pasti kebagian membantu pekerjaan rumah. Dan tugas saya adalah menyapu rumah serta mencuci piring.

20.10.16

Hidup Bahagia Terpancar di Wajah yang Bahagia


Pagi itu saya sedih. Obrolan bareng seorang teman via Whats App di malam harinya, menjadi penyebabnya. Gimana gak sedih, sebagai ibu rumah tangga full time, denger kisah kesibukan teman yang wara-wiri ke luar kota dan ke luar negeri untuk urusan pekerjaan, jelas bikin ‘hati berdesir’. Tahu sendiri kan, ya, ibu rumah tangga mah sensitif banget sama hal-hal beginian. Paradigma masyarakat yang bilang kesuksesan wanita itu diukur dari karirnya, cukup kuat tertanam di benak siapa saja. Tak terkecuali di kepala ibu-ibu rumah tangga macam saya.

Kesedihan saya akan kesuksesan teman tersebut sedikit turun manakala inget sisi lain dari kehidupannya. Kegalauan sang teman akan minimnya kuantitas dan kualitas kebersamaan bareng anak-anaknya, cukup membuat miris. Bukan puas dengan apa yang terjadi padanya, ya. Tapi kebersamaan dan kedekatan saya dengan keluarga serta anak-anak, setidaknya cukup menghibur saya. Apalagi jika diingat alasan saya jadi ibu rumah tangga full time, saat saya resign dari kerja kantoran. Pencapaian saya atas alasan resign tersebut, rasanya sudah bawa banyak sekali ‘prestasi’. Setidaknya begitu buat saya. Dan jelas, prestasi ini gak bisa dibandingin dengan kesuksesan orang lain. Tujuan awalnya saja udah beda. Saya jadi ibu rumah tangga full time, sedangkan dia jadi wanita karir.

19.10.16

Hidup Sehat dengan Pola Makan yang Sehat


Sejak hamil anak ketiga, hingga menyusui anak keempat sekarang, saya naik berat badan sebesar 15 kg. Selain karena nafsu makan yang naik drastis, hal ini juga karena mindset saya tentang nutrisi dan energi yang salah. Iya, saya orang yang termasuk menganggap bahwa selama hamil, melahirkan, dan menyusui, seorang ibu memerlukan energi dua kali lipat dari semula. Ya untuk si ibu, ya untuk si anak. Padahal kan tidak demikian.

Iya memang, energi yang dibutuhkan lebih banyak, tapi gak sampai dua kali lipat juga. Dan makanan yang masuk pun tak harus dua kali lipatnya juga. Porsi semula namun lebih sering, sebenernya masih bisa memenuhi energi yang dibutuhkan. Namun apa daya, nasi sudah jadi bubur, dan makanan berlebih itu sudah jadi timbunan lemak di perut, meski kini saya mulai menguranginya, jika tanpa usaha yang keras, misalnya diet dan olahraga yang serius, saya tak bisa kurus lagi seperti semula dengan mudah dan dengan cepat.

18.10.16

5 Tips Enjoy Ala Saya


Sebagai ibu rumah tangga full time, dengan 4 anak dan tanpa asisten, aktivitas saya tentu sangatlah banyak. Masak, mencuci, menyetrika, beres-beres, mandiin dua bocah yang masih balita, mengajak mereka main, mengurus keperluan suami, serta masih tetap mengerjakan PR menulis dari klien dan juga ngeblog, adalah rutinitas yang saya lakukan setiap hari. Meski repot, saya enjoy melakukannya. Inilah saya. Inilah dunia saya.

Melihat saya yang terlihat begitu 'kerepotan', padahal sebenernya biasa aja karena sudah terbiasa, beberapa teman dan beberapa sanak saudara heran. Tak sedikit dari mereka, bertanya ini dan itu kepada saya.

13.10.16

Penggandaan Uang, Kaya Raya, dan Berinvestasi


Teman-teman, berita yang saat ini jadi headline di tv dan internet, bener-bener bikin saya gak habis pikir deh. Teman-teman juga, kan? Iya, itu tuh, berita penggandaan uang yang dilakukan Dimas Kanjeng. Duh, hari gini masih percaya dengan hal-hal begituan? Plis deh!

Ya, banyak uang memang impian semua orang. Tapi, gak mesti jadi gelap mata juga kan, ya? Dan yang bikin kaget, gak cuma Dimas Kanjeng aja. Sejak beliau ditangkap, bermunculan dukun-dukun sejenis itu. Bisa menggandakan uanglah, bisa menemukan emas batanganlah, dan yang lainnya. Semuanya bener-bener gak masuk akal. Masa iya sih ada manusia bisa menggandakan uang dan menemukan emas batangan? Kalo sama uang dan emas palsu sih iya, saya percaya. Dan memang begitu kan modusnya. Mereka akhirnya ketahuan melakukan penipuan.

12.10.16

Hamil Oh Hamil


Baca postin​​gan temen-temen tentang hamil, kok jadi keingetan masa-masa hamil, ya. Hehehe.. iyalah, 4 kali hamil dan melahirkan masa gak inget dan gak berkesan. Setiap hamil rasanya beda-beda. Dan jelas, tiap kali hamil, itu selalu berkesan.

11.10.16

Aneka Model Dress Batik Penyempurna Tampilan Hijabers


Bagi wanita, memiliki tampilan yang modis adalah salah satu bentuk perhatiannya terhadap penampilan. Termasuk bagi wanita berhijab. Ada banyak sekali jenis fashion wanita yang dapat dipadu-padankan untuk membuat tampilan semakin terlihat lebih anggun. Salah satu item fashion yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan hijab adalah dengan menggunakan baju batik wanita. Dalam memadukan batik dan hijab memang terkesan gampang-gampang susah. Dibutuhkan kemampuan estetika tersendiri agar hijab dan batik dapat bersanding dan menciptakan visual yang stylish.

Ada banyak sekali model baju batik elegan untuk wanita muslim. Salah satunya adalah model dress batik muslimah. Model-model ini hadir untuk bisa menjadi pilihan pas bagi wanita muslim yang ingin tetap tampil modis, namun tetap menutup auratnya. Untuk model baju hijab batik modern sudah banyak sekali bermunculan. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa baju batik semakin memiliki banyak peminatnya. Model baju batik ini menghadirkan warna-warna batik yang cerah, motif yang modern, hingga potongan baju yang lebih modis. Model-modelnya bisa dilihat di sini.

10.10.16

#AyamDinginSegar, Kampanye Daging Ayam Segar, Praktis, dan Serbaguna


ayam-dingin-segar2

Teman-teman, di antara sekian banyak jenis daging, daging apakah yang menjadi favorit keluarga dan yang paling sering disajikan? Kalau keluarga saya sih, daging ayam. Iya, dalam seminggu, daging ayam bisa sampai 4-5 kali disajikan, lho. Dari mulai yang cuma dibumbui kunyit dan lalu digoreng, disate, disemur, diberi tepung, dibalado, hingga disop dengan tambahan sayur-sayuran. Gak tahu kenapa, keluarga saya kok gak pernah ada bosannya dengan daging ayam ini. Bahkan kalau makan di luar pun, keluarga saya, terutama anak-anak, seringnya pesan makanan berbahan daging ayam. Daging ayam lagi, daging ayam lagi. Tapi memang gak bisa dipungkiri, daging ayam rasanya memang enak. So, gak heran kalo daging ayam akhirnya jadi daging favorit di keluarga.

Ngomong-ngomong tentang daging ayam, ada hal mengejutkan dari daging ayam yang saya baru tahu kemarin lalu. Tepatnya saat saya menghadiri acara talkshow yang digelar Kementerian Pertanian, Kamis, 6 Oktober 2016, di Hotel Aston Priority Simatupang. Dalam acara yang bertajuk Launching Kampanye “Ayam Dingin Segar” itu, banyak sekali fakta yang dikupas mengenai daging ayam. Dan fakta yang paling besar, benar-benar membuat saya kaget bukan kepalang.

8.10.16

Mau Belanja Online Lebih Murah? Ke Paylesser Saja!


Teman-teman, gak kerasa ya, tahun 2016 sudah sampai di bulan Oktober lagi. Ini artinya, kurang dari 3 bulan, kita akan masuk ke tahun 2017. Duh… kok cepet banget, ya? Tiba-tiba udah nambah tua aja. Sediiih rasanya. Apa sih yang sudah kita lakukan di sepanjang tahun 2016 ini? Berapa banyak karya bermanfaat yang sudah kita hasilkan? Apakah kita jadi orang yang lebih baik? Atau malah sebaliknya? Euh… jangan sampe deh, ya. Semoga tahun 2016 ini menjadikan kita semua manusia yang lebih baik. Aamiin….

Eh btw, di balik kesedihan tahun 2016 yang sebentar lagi pergi, setiap menjelang akhir tahun, ada rasa bahagia yang terselip, lho. Bahkan, saya exciting banget menyambutnya. Kenapa coba? Iya banget! Diskon besar-besaran di banyak toko. Termasuk toko online. Dan fenomena ini menjadi kesempatan bagi saya untuk belanja banyak barang kebutuhan. Dari kebutuhan saya sendiri, anak-anak, bahkan hingga kebutuhan suami. Iyalah, siapa yang gak seneng atuh bisa belanja barang bagus dengan harga yang jauh lebih murah? Semua orang sudah pasti menyukainya.

7.10.16

Mudahnya Membayar Iuran BPJS Kesehatan di Tokopedia


Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, hadirnya toko online yang menyediakan berbagai produk untuk memenuhi keperluan di dalam kehidupan semakin memudahkan urusan kita. Berbelanja secara online juga semakin hari semakin digemari banyak kalangan masyarakat. Tidak terkecuali para ibu rumah tangga. Golongan masyarakat yang satu ini adalah yang paling sering berbelanja keperluan di dapur melalui toko online.

Tidak hanya menyediakan produk fisik, toko online kini juga melayani pembelian pulsa, yang tentu semakin memudahkan siapa saja saat pulsa habis di tengah perjalanan. Atau bahkan di malam hari saat counter pulsa sudah tutup. Misalnya saja dengan mengakses toko online Tokopedia yang melayani pembelian pulsa tanpa terbatas waktu dan tempat.

5.10.16

OPPO F1s, Selfie Expert untuk yang Ingin Expert Selfie


Di penghuujung bulan September 2016 lalu, sebuah undangan mampir di email saya. Sebagai tukang selfie, jelas saya tertarik. Saya penasaran, sehebat apa sih gadget yang akan di-explore di acara gathering blogger-blogger Bandung bersama OPPO tersebut? Tentu saja demikian, sebab tagline ponsel ini jelas-jelas menyebut dirinya Selfie Expert. Se-expert apa sih ponsel baru ini? Ya betul, undangan tersebut berasal dari OPPO Community yang mengundang blogger-blogger Bandung untuk menjajal kemampuan ponsel terbaru OPPO. OPPO F1s. Tanpa basa-basi, saya pun langsung membalas email tersebut sebagai tanda konfirmasi untuk ikut acara.

Hari yang dinanti pun tiba. Saya sampai di tempat acara tepat pukul 17.00 WIB. Meski badan sedikit basah akibat kehujanan, saya tetep exciting dengan pengalaman menjajal ponsel baru yang akan segera dilakukan. Karena peserta lain, yaitu blogger-bloger Bandung lainnya dan Ofans (sebutan untuk pengguna dan fans ponsel OPPO) belum banyak yang datang, saya bersama Ulu (blogger dari BandungDiary.id) berkesempatan mencoba si ponsel yang expert untuk selfie tersebut.

4.10.16

Euphoria Gegap Gempita PON XIX Jawa Barat


Bagi penduduk Jawa Barat, meski sudah usai, Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX beberapa waktu yang lalu sudah pasti masih menyisakan kesan yang cukup dalam. Selain karena diselenggarakan di Jawa Barat, hal tersebut juga adalah karena PON XIX mampu mengantarkan Jawa Barat menjadi juara umum. Dengan perolehan medali emas sebanyak 217, medali perak 157, dan medali perunggu 157. Sehingga total medali yang didapat Jawa Barat adalah sebanyak 531 medali.

Tak terkecuali dengan saya. Euphoria PON tahun 2016 ini sangat membuat saya excited banget. Bukan hanya karena dua alasan di atas. Keterlibatan salah satu keponakan di dalam acara olahraga 4 tahunan kali ini jelas memberi kesan tersendiri buat saya. Bahkan keluarga besar saya.

2.10.16

Baju Model Blazer untuk Casual? Bisa, Ini Tipsnya!


Berpenampilan rapi dan bersih tentu adalah sebuah keharusan bagi semua orang. Sebab dengan tampil rapi dan bersih, kesan Anda di mata orang lain menjadi lebih baik. Selain itu, tampil rapi dan bersih juga bisa membuat rasa percaya diri Anda menjadi meningkat. Jadinya, dengan tampilan rapi dan bersih, Anda bisa melakukan berbagai hal tanpa harus waswas akan ini dan itu.

Salah satu cara untuk tampil rapi dan bersih adalah dengan mengenakan baju model blazer terbaru. Benar, mengenakan baju model blazer akan membuat Anda tidak terlihat berantakan. Tapi sayangnya, banyak orang beranggapan jika mengenakan baju model tersebut terkesan sangat formal. Padahal sebenarnya, memakai baju model blazer pun bisa terlihat santai alias casual. Lalu, bagaimanakah caranya agar tidak terkesan formal?

28.9.16

Kopi Geulis, Kopi yang Tak Cuma Buat Neng Geulis

kopi-geulis-2

Apa yang terlintas di benak teman-teman saat denger KOPI GEULIS? Apakah kopi yang dibuat khusus untuk perempuan? Sama! Saya juga berpendapat seperti itu saat pertama kali denger. Geulis yang artinya cantik pasti merujuk pada perempuan. Jadi Kopi Geulis, kopi yang diperuntukkan khusus bagi perempuan.

Saya ternyata salah. Kopi Geulis bukanlah kopi yang dikhususkan untuk perempuan. Kopi Geulis juga bisa diminum kaum lelaki. Suami saya juga suka. Baik Kopi Geulis varian hitam mau pun Kopi Geulis varian kopi susu. Rasanya enak, sih. Ngopi banget dan segar. Sesuai dengan namanya, Kopi Geulis Cold Brew Coffee sangat nikmat diminum dalam keadaan dingin.

21.9.16

Parfum Gue, Parfum yang Cuma Punya Gue

parfum-gue-2

“You are never fully dressed without perfume!” 
― C. JoyBell C.

Saya setuju dengan quote di atas. Iya, saya sih ngerasanya begitu. Saya belum seutuhnya berpakaian jika belum pake parfum. Bukan apa-apa sih, soalnya ini menyangkut rasa percaya diri. Benar, sejak masa puber beberapa puluh tahun silam, *hehe* karena adanya perubahan tubuh, saya merasa gampang banget keringetan. Kalo sudah keringetan, jelas dong, badan jadi cepet bau asem atau bau yang lainnya. Dan kalo sudah bau, sudah deh, tenggelam deh saya.

Betul, saya pertama kali pakai parfum itu saat usia belasan tahun, atau saat SMA-an. Seperti yang saya ceritakan di atas tadi, hal ini lebih kepada rasa percaya diri dan juga kenyamanan orang-orang di sekitar saya. Dan bukan karena kecentilan *hihihi* ingin menarik perhatian orang. Parfum yang saya pake saat itu adalah ‘parfum colongan’ dari teteh saya. Maklumlah, anak SMA mana bisa beli parfum sendiri. Jajan sehari-hari aja cuma lima ribu perak saja. Bisa sih beli parfum, tapi yang dijual di pasaran itu. Eh, bukan parfum mungkin namanya, tapi minyak wangi. Iya, selain pake parfum si teteh, saya juga pake minyak wangi. Semacam splash cologne  dari merek kosmetik remaja yang saat itu sedang booming. Generasi 90-an pasti tahu dengan merek yang satu itu. 

20.9.16

Aneka Model Tas Kipling untuk Wanita


Beberapa tahun belakangan, masyarakat dalam negeri kita tengah terjangkit Korean Wave. Yaitu sebuah fenomena demam Korea yang melanda anak muda. Mulai dari tontonan hingga produk fashion yang digunakan. Semuanya serba Korea. Tak jarang pula, beberapa perusahaan besar, terbukti sangat sukses memasarkan produk fashion mereka ke dalam negeri. Salah satunya adalah merek tas yang cukup ternama, yaitu Tas Kipling. Beberapa dari Anda, tentu sudah tak asing lagi dengan brand tas yang satu ini.

Bagi yang hobi berbelanja, terutama pencinta produk-produk fashion, tas ini memang cukup populer di antara mereka. Dan Kaum Hawa adalah yang pasti banyak mengoleksinya. Dibandingkan dengan brand-brand asing lainnya, khususnya negara barat, tas yang ditawarkan ini memiliki banyak sekali keunggulan. Misalnya saja harga yang dibandrol cukup bersaing, tetapi memiliki kualitas yang masih bisa diacungi jempol.

Mengapa Harus Memasang Karpet di Tempat Tidur?


Kini semakin banyak saja orang yang membeli rumah minimalis. Alasannya banyak. Salah satu alasan dan yang menjadi alasan paling banyak adalah karena rumah minimalis lebih mudah untuk dirawat. Dan tentunya juga lebih murah dari sisi harga jual. Tak heran, karena hal itu, rumah minimalis kerap menjadi pilihan banyak orang. 

Akan tetapi, rumah minimalis sendiri tidaklah begitu mudah untuk ditata interiornya. Ruangan yang cenderung kecil, membuat desain interior rumah agar lebih cantik membutuhkan keahlian dan trik yang tepat untuk memaksimalkannya.