badge

5.12.15

Membuat Banner Judul dengan Menggunakan PhotoScape


Beberapa hari yang lalu, saat sedang ngasuh bocah-bocah, sebuah inbox di Facebook muncul. Ternyata inbox tersebut terasal dari seorang emak blogger yang keren. Kira-kira seperti inilah percakapan kami.

Beliau : “Pagi, Teh Nia. Maaf nih pagi-pagi dah nyolek. The, bikin postingan tentang tulisan yang lagi ngetren itu loh. Ahhh... ga taulah namanya itu. Aku pengen bisaaaa…. Bikin yak. Hihihihi.... asliiiii maksa kelas berat nih. Ntar kalau aku ke Bandung, aku tratir makan Bakmi Ivon deh. Nuhun pisaaaaaannnn....”
Saya : Yang ngetren yang mana?”
Beliau : Itu loh yang tulisan berbayang-bayang. Setiap teh Nia posting juga bikin kok, Yang di judulnya itu loh.”
Saya : “Yang mana?”
Beliau : “Bentar ya aku cari di wall Teh Nia.”
Saya : “Silakan, nanti aku cek.”
Beliau : “Di wall ada yang Chokoreto Brownies, Camilan Enak dan Unik dengan Kemasan yang Cantik. Aku pengen bisa bikin yang kek gitu.”
Saya : “Oh, gambar semacam banner gitu? Nanti aku bikin. Sip... nanti aku bikin tutorialnya.”
Belian : “Nuhun ya, teh.”
Saya : “Sip.”

Inbox yang kayak begini nih yang bikin saya seneng. Ada temen atau pembaca blog saya yang meminta untuk menulis sesuatu yang dilihat atau dibacanya di blog saya. Iya, sebut saja saya norak *da memang iya*, tapi seperti itulah adanya. Saya seneng jika secuil pengetahuan saya berguna buat orang lain. Dan kebetulan, saya belom ngapdet blog lagi. Dan si ide juga sedang jauh sepertinya. Ya sudah, di postingan ini, saya mau nulis tentang tutorial membuat banner judul atau apalah itu namanya, yang beberapa waktu ke belakang selalu saya sertakan di setiap postingan di blog ini. 

Sebelum dimulai, saya ceritain dulu ya alasan kenapa saya sekarang selalu pakai banner judul itu. Betul banget, saya memang ikut-ikutan. Terutama sejak saya nyandu Pinterest. Coba saja teman-teman buka postingan-postingan yang ada di sana. Pasti selalu memakai banner judul yang keren-keren. Dan memang, salah satu tujuan dipasangnya banner judul itu adalah supaya mudah untuk dipin di Pinterest.

Oke Kita Mulai…
Hal pertama yang harus disiapkan sebelum membuat banner judul (saya sebut demikian aja ya, sebab kalo saya sebut infografis, kan di sana cuma ada judul doang, gak ada infonya) adalah software alias program photo editor. Saya sendiri pakainya PhotoScape. Alesannya karena Photoscape itu simple, praktis, mudah, dan multiguna. Untuk yang sudah biasa pakai PhotoShop sih mendingan pakai itu, lebih komplet dan hasilnya pasti jauh lebih bagus. Tapi untuk yang gaptek kayak saya, PhotoScape sangat memudahkan. Lagian ketang, yang udah biasa dan jago PhotoShop mah, gak perlu juga kali ya tutorial ini. Hihihihi….

Buat teman-teman yang belom punya PhotoScape, saya saranin untuk men-download-nya di pc atau laptop. Jangan takut, PhotoScape ringan dan kecil ukurannya. Jadi gak bakalan deh ngabisin memori pc atau laptop teman-teman. Untuk men-download-nya, silahkan cari di Google. Jika sudah ter-download, langsung saja diinstal. Barulah, sesudah PhotoScape terinstal, teman-teman bisa memulai untuk membuat banner judul. Berikut tahapan-tahapannya.

Pertama, buka program PhotoScape yang sudah ter-install dengan baik. Dengan cara klik shortcut di desktop atau di menu Start.

Membuka program PhotoScape dengan klik shortcut-nya

Klik ‘Editor’.

Memulai program dengan klik Editor

Pilih foto yang akan dipakai untuk dijadikan banner judul dari file-file yang ada di samping kiri.

Memilih foto dari file yang ada di samping kiri

Susuaikan ukuran panjang foto dengan ukuran panjang postingan blog kita. Blog saya ukuan lebar postingannya adalah 640px, jadi lebar banner judulnya pun 640px. Untuk foto yang ukurannya lebih besar dari itu, kita bisa meng-crop-nya atau me-resize-nya. Untuk meng-crop-nya, klik bagian Crop. Di situ kita bisa meng-crop dengan bebas atau berdasarkan perbandingan rasio foto. Adapun untuk me-resize, kita tinggal klik Resize lalu pilih ukuran yang kita inginkan (sudah tersedia pilihannya) atau meng-input sendiri ukuran yang kita mau.

Meng-crop foto
Me-resize foto

Jika ukuran sudah sesuai, sekarang kita bisa mulai menghias-hias banner judul yang kita inginkan. 
Yang pertama, kita bisa langsung memberi tulisan judul di atas foto itu. Caranya, klik Object dan Huruf T yang ada di sana. Setelah itu akan muncul pilihan huruf (font), opacity (ketebalan warna huruf), dan lain sebagainya yang bisa kita gunakan di dalam membuat tulisan di banner judul.

Menambahkan tulisan langsung di atas foto

Yang kedua, kita bisa membuat lapisan tipis terlebih dahulu sebagai tempat menuliskan judul. Caranya klik Object kemudian pilih bentuk lapisan yang kita inginkan. Bisa bulat, bisa kotak dengan ujung bersudut, kotak tak bersudut, segi lima, atau bentuk bintang. Sebagai contoh, saya pilih kotak bersudut. Maka saya klik bentuk kotak bersudut, saya pilih warna lapisan, dan saya sesuaikan tipis-tebalnya lapisan. Setelah semuanya dipilih, sebagai contoh saya pilih bentuk kotak segi empat di foto yang sudah saya resize sebelumnya (foto kedua di bawah ini). Caranya yaitu dengan menarik ke sebelah kanan dengan menggunakan mouse. Atur besarnya lapisan ini dan juga opacity-nya (ketebalan warna lapisan) sesuai keinginan. Lalu tambahkan tulisan dengan memilih font, warna, ukuran, ketebalan tulisan, dan lain-lain. Jika sudah selesai, Save di file pc atau laptop.

Bagian tempat membuat lapisan yang dipakai alas untuk tulisan

Membuat tulisan di atas lapisan pada foto

Di bawah ini adalah contoh beberapa hasil yang bisa dibuat. Bisa tulisan langsung di atas foto, bisa tulisan di atas lapisan kotak, atau bisa tulisan di atas lapisan bulat. Teman-teman bisa berkreasi sendiri sesuai selera dan keinginan.

Banner judul yang tulisannya ditulis langsung di atas foto

Banner judul yang tulisannya ditulis di atas lapisan

Variasi banner yang bisa dibuat dengan PhotoScape

Gimana, mudah bukan membuat banner judul menggunakan PhotoScape? Pasti, sebab PhotoScape itu simple, praktis, dan mudah. Semakin sering teman-teman ngutak-atik PhotoScape, semakin banyak hal yang teman-teman bisa dibuat. Seperti membuat animasi gambar berformat GIF, membuat kolase, menggabungkan gambar, dan lain-lain. Yuk main-main dengan PhotoScape. Seru, lho. Oh ya, kalau ada yang mau ditanyakan, jangan ragu-ragu untuk nanya, ya. Saya mah baik orangnya, udah gak makan manusia lagi, kok. Hehehehe... :D

31 komentar:

  1. Wah...nambah lagi ilmunya dari teh Nia..., jadi pengen nnanya juga nih...gimana sih teh caranya naruh widget Klout di blog...*hihi sekaliaan bikin tutorialnya gitu... :D

    BalasHapus
  2. oh pake photoscape...dulu saya pake ini buat bagusin foto. cuma abis itu saya lupa aplikasi namanya. waktu komputer kena masalah, ini file ikutan ilang. saya cari2 kgk ada. klo ga salah ini bisa dimiring miringin, trus bisa dibikin lurus gitu yak klo pas hasil foto kita agak menyong2 ngga simetris.

    BalasHapus
  3. makasih ya mbak ilmunya...semalam nyoba cari2 nggak ketemu, akhirnya dapat belajar di sini :)

    BalasHapus
  4. Sama, aku pake photoscape juga. Untuk gif dan kolase belum pernah nyoba. Biasanya cuma naruh watermark atau combine gb aja sih *gaptek nih :)

    BalasHapus
  5. Aku cuma pakai photoscape untuk edit foto aja, kalo sama tulisan gitu pakainya picsart dengan smartphone. Ini lebih enak ya nulisnya, layarnya lebar :)

    BalasHapus
  6. Wah...
    Bisa dicoba nih. Kayaknya lebih simpel dari yang biasa saya lakukan.
    Saya biasa pake Photoshop.

    Salam hangat dari Bondowoso.

    BalasHapus
  7. download photoscape ah..
    terimakasih sudah berbagi ilmu mak nia :)

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah nambah ilmu, dowload photoscape ah,

    BalasHapus
  9. Assalammualaikum teh, salam kenal ya..
    Makasih banget teh udah ngepost tutorialnya, ini nambah ilmu bgt, dikala photoshop terlalu ribet, photoscape membantu bangrt nih

    BalasHapus
  10. haha aku mah punya photoscape cuma buat ngeresize, wkwkkw makasihhh tehhhh takkk cobaaaa, nuhunn muah :*

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah udah nyobain..bermanfaat teh nia.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah udah nyobain..bermanfaat teh nia.

    BalasHapus
  13. Waah asiiik. Ilmu baru. Saya tak sanggup dg photoshop. Butuh yg lebih mudah dicerna sm emak2 kyk sayah.
    Nuhun sudah sharing...
    Btw phososcope free download n install ya mak Nia.

    BalasHapus
  14. karena aku nggak mau beratin laptop jadi online via canva. heheh kelemahannya ya..kalau internet lagi nggak Ok..

    BalasHapus
  15. assik dapat ilmunya segudang dari mbak Nia cuaem ini....hayo mbaak share info grafis lainnya :)

    BalasHapus
  16. Duuh...seneng banget dapat ilmunya.... Kepengen nyoba langsung, tapi takut gagal. Nunggu waktu sepi malam dulu deh kayaknya, biar fokus dan lebih hati-hati. Terimakasih yaa... postingannya manfaat bengeet...:)

    BalasHapus
  17. TFS mak, kira2 aplikasi lain apa ya? di kompi suamiku kayanya ga ada photoscape :(

    BalasHapus
  18. Wow...ini dia yg akuh mauh.. bakalan bolak balik ke sini nih. Jangan bosen ya teh klu aku nti cerewet nanya2... Nuhuuuuuunnn

    BalasHapus
  19. Gw kayak nya punya apkikasi ini tp ngak perna di pake, selama ini pake picasa doang ngerti nya

    BalasHapus
  20. Lagi ngetrend bgt nih banner ginian, hehe... Pernah iseng juga ikut bikin, tp ternyata aku tidak setelaten itu, jd skrg foto polos2 aja. Lagian aku riweh pake hp doang. Haha... Cakep lah bannernya mba Nia

    BalasHapus
  21. Berapa lama mbak Nia bikin banner seperti ini?

    BalasHapus
  22. Waaah makasih Mbak Niaa...pengen nyoba niih...

    BalasHapus
  23. Install dulu ah aplikasinya, mau juga kan belajar

    BalasHapus
  24. aku dulu pake ini...cuma ribet kalau buka komputer hikz...tapi ini pertama kali aku pake edit2 ya pake photoscape..mudah makenya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)