10.6.15

Mudahnya Mencari Informasi Kredit dengan Agunan di Cermati.com


Beberapa tahun yang lalu, saat sedang membangun rumah, kakak saya tiba-tiba kehabisan uang. Meskipun sudah sesuai dengan apa yang diinginkan, tabungan yang ada ternyata tidak cukup. Maklumlah, membangun sendiri rumah dengan tanpa perencanaan yang matang dari ahlinya, sering kali membuat dana ini itu menjadi bengkak. Apalagi tanpa perhitungan kenaikan harga bahan-bahan yang saat itu sedang terjadi. Hingga pada akhirnya, rumah pun tidak beres sesuai harapan.

Kakak saya pun panik. Dana talangan untuk membereskan rumahnya, sangat urgent dibutuhkan. Dia jelas tidak mau jika mendiamkan rumahnya yang belum selesai untuk dibereskan setelah dia punya uang sendiri. Jadinya, dia pun pinjam ke sana ke mari. Akan tetapi, usaha ini tidak berhasil. Dengan sangat terpaksa, kakak saya kemudian menjual sawah miliknya.

Apa yang terjadi pada kakak saya dulu, jika sekarang mungkin bisa dihindari. Ya, tanpa harus menjual sawah, kakak saya pasti bisa mendapatkan uang pinjaman dari bank dengan agunan berupa sertifikat sawah yang dijualnya itu. Dulu sebenarnya niatnya begitu. Kakak hendak meminjam uang dari bank. Tetapi karena kurang dan malesnya mencari informasi, niat itu menguap begitu saja. Belum lagi cerita yang tak jelas kebenarannya mengenai ribet dan lamanya proses pengajuan yang belum tentu disetujui pihak bank. Semuanya menjadikan kakak saya semakin malas meminjam uang ke bank.

Andai dulu sudah ada cermati.com. Pasti kakak saya jadi meminjam uang dari bank. Dan sawahnya justru bisa jadi 'alat penghasil uang' untuk membayar cicilan. Iyalah, di cermati.com, kakak saya mungkin bisa tahu seperti apa kredit dengan agunan itu. Sebab di cermati.com tersedia berbagai macam informasi tentang beraneka jenis produk finansial, termasuk pinjaman atau kredit dengan agunan yang dulu hendak dilakukan kakak saya. Kakak saya tidak perlu bersusah-susah mendatangi tiap bank untuk mencari jenis kredit yang cocok. Dengan mengakses cermati.com, dalam sejam pun, kredit yang diminati langsung ditemukan. Bahkan hingga ke besarnya cicilan yang harus dibayar kakak saya setiap bulannya. Barulah setelah itu, kakak saya langsung ke bank yang dimaksud. Seperti pada Danamon Kredit Perbaikan dan Pembangunan Rumah di gambar di bawah ini. Gampang dan mudah, kan?

Salah satu kredit yang mungkin diminati kakak saya

Produk yang dideskripsikan cermati.com tidak hanya kredit dengan agunan saja. Ada banyak produk finansial lain yang bisa kita pelajari. Dari mulai kartu kredit, kredit mulltiguna, kredit kendaraan bermotor, simpanan/tabungan, deposito, beraneka jenis promosi menarik, hingga ke detail bank-bank terpercaya yang menyediakan layanan produk finansial itu. Seperti CIMB Niaga, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank BJB, Bank Permata, Bank BRI, Bank BNI, Bank BII, Bank BNP, Bank BCA, Standard Chartered, Bank Panin, Bank Bukopin, Citibank, dan yang lainnya.

Kita tak hanya bisa mengunjungi cermati.com ketika membutuhkan saran finansial. Mengaksesnya setiap saat mungkin bisa menginspirasi kita dalam mengelola uang yang kita miliki. Misalnya melalui artikel-artikel yang ada di sana. Mau melek finasial? Yuk ke cermati.com!

22 komentar:

  1. waah.. aku dulu ngalamin yg namanya kalang kabut nyari tambahan duit buat bangun rumah. biaya membengkak total, mana lagi hamil gede.. huhuhuu... andai saja dulu ada cermati yaaa

    BalasHapus
  2. Lha kondisi sekarang kayak gitu. Tabungan ludes buat bangun rumah yg aku tempati sekarang. Orang bangun rumah itu memang nggak terasa, maunya yg macem2 smp nggak nyadar udah over budget banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau renovasi seringnya gitu mak Lusi.

      Hapus
    2. terkadang biaya renovasi bisa membengkak :(

      Hapus
  3. wah sayang banget sawahnya di jual ya mbak, iya padahal bisa dijadikan agunan untuk mengajukan kredit, sebenarnya proses tidak terlalu lama juga, tergantung sama bank nya

    BalasHapus
  4. Sekarang kredit semakin mudah ya Mbak. Padahal dulu masa ampuun kalau gak ada jaminan susah ngajukan kredit. Apalagi sudah ada startup nya segala...

    BalasHapus
  5. Satu lagi neh referensi kredit buat saudara saya...hehehe

    BalasHapus
  6. jadi lebih bisa memperhitungkan dan terkendali ya Mba

    BalasHapus
  7. Enaknya do cermati tuh ada semua Bank, ya. Seenggaknya sebagai pembanding. . .

    BalasHapus
  8. mudah ya kalau pakai cermati

    BalasHapus
  9. bener sekali...dengan mudah kita dapat mencari info kredit..nanti kalo butuh kredit nggak bingung lagi :)

    BalasHapus
  10. hem...layak dipelajari untuk aku yang berencana kredit rumah ni mak

    BalasHapus
  11. informasi yang penting ya..banyak bermanfaat pastinya...

    BalasHapus
  12. sodara saya pernah tiba2 kehabisan uang pas ngerenov masjid, langsung jual rmh2 kontrakannya... sayang wkt itu saya blum tau tentang cermati...

    BalasHapus
  13. ak ujuga pernah pake kta ... daripad pinjem2 keorang lebih ribet :v

    BalasHapus
  14. ooo gitu ya, jadi tau deh mba :)

    BalasHapus
  15. Lha kondisi sekarang kayak gitu. Tabungan ludes buat bangun rumah yg aku tempati sekarang. Orang bangun rumah itu memang nggak terasa, maunya yg macem2 smp nggak nyadar udah over budget banget.

    BalasHapus
  16. hmm... dulu aku juga pake danamon,,.. tpi blom ada soal aplikasinya hehe,... dan sekaran gudah ada :D

    BalasHapus
  17. sekarang harga rumah sudah melambung mbak, kalau uang DPnya sih mampu.. tapi kalau bayangin lama nyicilnya waduhh.. untung sudah beli rumah tahun lalu..

    o iya salam kenal ya mbak :)

    BalasHapus
  18. Lha kondisi sekarang kayak gitu. Tabungan ludes buat bangun rumah yg aku tempati sekarang. Orang bangun rumah itu memang nggak terasa, maunya yg macem2 smp nggak nyadar udah over budget banget.

    BalasHapus
  19. memang bagus ya situs cermati

    BalasHapus
  20. kalau saya sih, harus lihat situasi dulu, kalau memang memungkinkan untuk kredit ya bisa-bisa aja. tapi memang

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)