19.1.15

Waspadai Lidah Putih Pada Bayi

Dulu saat belum punya anak, bahkan sebelum nikah, saya sering banget lihat bayi yang lidahnya berwarna putih. Dulu sih, karena gak pernah lihat secara detail, saya kira lidah putih pada bayi itu biasa. Mungkin karena susu yang ngendap. Atau mungkin seperti saya, yang kadangkala lidah putih akibat sariawan, abis minum air panas, atau mungkin abis makan makanan berwarna putih.

Tapi ternyata tidak demikian saat lidah anak saya berwarna putih. Ya, saat Dede Zaudan berusia 2 atau 3 bulan, di bagian tengah lidahnya memutih. Awalnya saya pikir itu sama seperti lidah saya. Tapi karena dalam waktu 1-2 minggu tidak hilang juga, dan malah bagian putihnya semakin tebal, saya jadi khawatir. Apalagi saat si putih itu tiba-tiba menguning, kekhawatiran saya semakin menjadi. Saya takut, si lidah putih itu akan mengganggu tubuh Dede Zaudan. Atau mungkin menyebabkan penyakit tertentu.

Beruntung sekarang ada mbah gugel, ya. Dengan ngetik kata kunci ‘lidah putih pada bayi’, semua informasi yang saya butuhkan langsung didapat. Iya! Ternyata lidah putih pada bayi itu, kata mbah gugel patut diwaspadai, soalnya itu biasanya adalah jamur. Awalnya mungkin cuma berupa lapisan tipis berwarna putih yang bisa aja dari endapan susu yang nempel. Tapi jika dibiarkan, apalagi jika kebersihan mulut si bayi kurang bagus, si jamur bisa tumbuh subur di sana.

Nah ini yang terjadi pada Dede Zaudan saat itu. Jamur tumbuh subur di lidahnya. Dan kebiasaannya mengisap jari-jari tangan, membuat lingkungan mulutnya jadi kotor. Dan tentu saja menambah betah si jamur tinggal di sana. Jenis jamurnya juga gak satu macem. Itu sebabnya, lidahnya yang asalnya hanya berwarna putih, menjadi kekuning-kuningan.

Cara menghilangkannya ternyata sederhana, lho. Waktu itu saya hanya mengusap bagian lidah yang putih itu dengan menggunakan kain kassa yang dicelupin ke air hangat. Karena takut lidahnya tergores, pengusapan ini cukup sehari sekali saja, selama beberapa hari. Dan Alhamdulillah, dalam 3 – 5 hari, si jamur pergi selamanya dari lidah Dede Zaudan.

Agar si jamur gak balik lagi, saya jadi ekstra hati-hati. Yupp! Saya jadi selalu memastikan agar setelah nenen, tak ada endapan susu yang menempel di lidah Dede Zaudan. Tak hanya itu saja, kebersihan tangan Dede Zaudan juga selalu dijaga. Tak lupa juga, membersihkan payudara saat akan menyusui, mengganti bra dan mandi sehari dua kali wajib dilakukan. Ya iyalah, bisa saja kan si jamur datangnya dari tubuh emaknya yang kotor.

Pokoknya, hati-hati deh ya sama lidah bayi yang putih. Jika dibiarkan, jamur yang ada di lidah ini bisa menguning, hijau, bahkan hitam. Dan malah, gak berhenti di lidah saja, seluruh bagian rongga mulut bisa jadi penuh dengan jamur ini. Jika sudah begitu, kesehatan si kecil pasti akan terganggu. Eh ya, jika lidah putih bayi gak hilang aja dalam waktu yang dirasa cukup lama, jangan segan untuk pergi ke dokter ya, bun. Soalnya katanya, itu bisa jadi ciri dari penyakit yang serius.

Pastikan si baby selalu bersih dan sehat yuk! ^^

Lidah putih Dede Zaudan yang sudah kekuningan saat usia 2 - 3 bulan

21 komentar:

  1. haaaai Dede Zaudan, salam dari bayi Fira... bahaya juga ya lidah putih

    BalasHapus
  2. haii Dede Zaudan..lutunyaa..iyaa, biasa dikira bekas susu ya ternyata jamur hiks..anak2ku juga pernah kena mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung segera ditangani ya, Dew, jadinya gak bahaya...

      Hapus
  3. Anakku dulu juga pernah mak, biasanya sih dibersihkan pake kapas anget saja. Tapi klo sudah tebal kok susah ya hilangnya. Nah pas ke dokter, dikasih obat tetes mulut yang warna cairannya kuning, aku lupa namanya, jd lebih mudah buat bersihin putih2nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ponakanku juga gitu, dibawa ke dokter. Untung anakku belom parah. Jadinya pake kassa dengan air hangat aja bisa langsung hilang...

      Hapus
  4. oh gitu ya mbak. Alhamdulillah anak-anak ga sampai segitu. Tapi tetap harus waspada ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Aku juga karena kurang waspada. Kirain cuma endapan susu aja...

      Hapus
  5. hallo Mak Nia, dulu saya panik waktu Alfi lidahnya putih2, malah terkelupas, terus dibawa aja deh ke dokter anak, katanya kena candida, cuma saya lupa dikasih obat apa engga ya, dikirain dulu itu bekas susu ternyata itu jamur terus kata dsa klo itu jamur candida dan di gosok pake kasa malah tambah nyebar sporanya di mulut, makanya kok tambah banyak, kasian deh cuma saya lupa kumaha si Alfi sembuhnya teh, kudu buka arsip blog heula nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba anak ku yg baru usia 4 bln..liat lidah nya agak putih terus agak terkelupas Kya pulau gitu.. to sii ga ada rewel klo nen atau mnum susu (kebetulan asi dan formula ) baik nya dibawa kedokter atau gmn yaa

      Hapus
  6. Iya aku juga bersihinnya pake kain kasa, mak Nia. Oh itu teh jamur ya? Dulu ga pernah kepikiran begitu krn katanya cuma bekas susu yg menumpuk.. Kl dipikir2 lg sekarang, ya bisa jd juga tumpukan itu jd jamur krn ngga dibersih2in ya...

    BalasHapus
  7. Cukup diusap dengan kain kassa yang dicelup dengan air hangat ya. Wah, tips yang penting ini. Makasih banyak ya, Mbak.

    BalasHapus
  8. Dulu waktu maish bayi, Keke juga lidahnya pernah putih. Pas diperiksa ke dokter anak, ditanya dulu konsumsinya maish ASI Eksklusif atau sudah campur? Karena Keke masih ASIX, jaid kata dokter gak perlu khawatir. Nanti juga hilang sendiri. Kecuali kalau sudah campur, harus dicari tau penyebabnya

    BalasHapus
  9. yups, dulu juga anak2ku ngalamin nih...cuma disuruh seka pake kasa dan air hangat sama dokter, dan banyak2 dikasih air putih tapi disendokin, bukan lewat dot...maksudnya buat nyuci mulutnya juga kali ya,....

    BalasHapus
  10. Wah, baby juga bisa kena jamur ya. Kirain orang dewasa aja :)

    BalasHapus
  11. terima kasih ya infonya :)

    BalasHapus
  12. Tanteku rajin banget ngusap pakai handuk kecil gitu. Katanya bisa mnimbulkan sariawan juga yo, Mbak.

    Itu Dede udah bisa narsis. Hihihu

    BalasHapus
  13. izin membaca dan menyimak iya mba :)

    BalasHapus
  14. waaaah sering banget lihat bayi yang lidahnya putih... ternyata berbahaya ya :o
    kirain cuma masalah biasa yang terjadi karena keseringan minum susu

    BalasHapus
  15. Halo mba nia,
    Mohon infonya, membersihkannya sehari sekali saat kapan ya?
    Trus berapa kali usap?
    Soalnya anak sy usia 3 bulan lidahnya putih dan mulai kuning, susah sekali membersihkannya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih sering, Mbak. tapi kalau mau Aman dan cepat, bisa ke dokter. Dikasih obat tetes. Cepet ngelupasnya.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)