2.2.13

Untuk Apa Itu Hipnotis?


Jika selama ini kita selalu menganggap bahwa hipnotis hanya digunakan untuk hal-hal yang negatif, kita salah besar. Ada banyak sekali manfaat dari hipnotis. Tak heran, sekolah-sekolah hipnotis dengan berbagai tujuan kian menjamur di berbagai kota di tanah air. Lalu, apa saja manfaat hipnotis itu?

Manfaat pertama dari hipnotis adalah untuk diri sendiri. Dalam upaya memenuhi manfaat terhadap diri sendiri ini, hipnotis merupakan suatu cara alternatif efektif yang dipakai untuk mengubah pikiran, perasaan, perilaku, kebiasaan dan kepribadian. Dalam hipnotis untuk diri sendiri, setiap individu dituntut untuk bisa menghipnotis dirinya sendiri. Tujuannya tentu saja adalah agar setiap individu bisa mengontrol secara penuh atas dirinya sendiri.


Manfaat kedua dari hipnotis adalah sebagai alat dalam menolong orang lain. Pertolongan ini bisa dalam bentuk penyembuhan penyakit ataupun membantu membebaskan orang lain dari masalahnya. Misalnya saja kelebihan berat badan (gangguan yang berhubungan dengan kebiasaan makanan), pecandu rokok, alkohol, dan obat-obatan, serta menanggulangi stress yang dialami orang lain. Para ahli hipnoterapi merupakan contoh nyata dari individu yang mampu memberi manfaat hipnotis bagi orang lain.

Manfaat ketiga dari hipnotis adalah sebagai salah satu hal yang bisa berguna bagi keluarga. Misalnya saja anak-anak. Dengan hipnotis, seseorang dapat mengaplikasikannya dalam cara mendidik anak. Misalnya saja menggunakan hipnotis dalam upaya melatih anak untuk berdisiplin terhadap waktu, membiasakan anak-anak untuk makan secara proporsional, membiasakan anak-anak untuk belajar, dan lain-lain. Dengan penggunaan hipnotis seperti ini bukan tidak mungkin akan dihasilkan generasi unggul yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Manfaat keempat dari hipnotis yang keempat sudah mulai kita rasakan sekarang. Ya, manfaat hipnotis yang keempat ini adalah sebagai salah satu hal yang mampu menghibur diri kita, orang lain, bahkan masyarakat luas. Contoh hipnotis yang mempunyai manfaat sebagai alat hiburan ini misalnya saja seperti hipnotis yang dilakukan olah Uya Kuya dan Romy Rafael. Dengan kelihaian dan keahlian mereka, hipnotis yang dulu dianggap menyeramkan kini menjadi suatu hiburan yang mengasyikan.

Manfaat kelima dari hipnotis bisa dirasakan oleh orang-orang yang telah ahli dalam hipnotis. Ya, manfaat yang kelima ini lebih bersifat secara ekonomis. Maksudnya, dengan menguasai ilmu hipnotis, mereka yang telah ahli mampu menghasilkan uang darinya. Tentu saja, hipnotis ini juga bisa dijadikan sebagai alat/mata pencaharian. Contoh-contoh ahli hipnotis yang sudah sukses menjadikan hipnotis sebagai mata pencaharian misalnya saja adalah Romy Rafael, Uya Kuya, ahli hipnobirthing, para dokter, hingga hipnoterapis.

Manfaat keenam dari hipnotis bisa dirasakan oleh para ahli medis. Para ahli medis ini menjadikan hipnotis sebagai metode dalam menghilangkan rasa sakit. Caranya bisa dengan teknik hypnoanesthesia (menyuntik tanpa terasa) pada saat mencabut gigi, mengkhitan, menjahit luka dan operasi besar/kecil. Hipnotis juga bisa meringankan atau bahkan menghilangkan berbagai macam rasa nyeri dan sakit. Tak hanya itu, hipnosis juga sering digunakan dalam menghilangkan rasa sakit pada pasien yang mengalami kesakitan, misalnya karena luka bakar, pasca operasi, masa penyembuhan luka, sakit kepala, rasa sakit akibat kanker dan berbagai jenis penyakit lainnya. 

Manfaat ketujuh dari hipnotis khusus dirasakan oleh ahli yang berhubungan dengan hal proses melahirkan. Misalnya saja dokter kandungan dan bidan. Dengan hipnotis, para ahli ini akan menggunakan teknik hipnotis sebagai alat yang mampu mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Tekniknya disebut sebagai hypnobirthing. Dalam hipnotis jenis ini, para ahli akan memandu pasien dalam melalui persalinan normal tanpa rasa sakit. Tak hanya itu, hipnobirthing juga bisa diterapkan sejak pasien mengalami masa kehamilan awal hingga pasca melahirkan. Misalnya saja dalam mengatasi masalah morning sickness, kurang nafsu makan, emosi tidak stabil, baby blue syndrome dan macam-macam lainnya. Membalikkan posisi janin yang sungsang ke posisi yang seharusnya juga bisa menggunakan teknik hipnobirthing.

Psikolog atau psikiater yang memiliki kemampuan hipnotis akan merasakan manfaat hipnotis yang kedelapan. Konon, para ahli kejiwaan dari zaman dahulu sudah menggunakan hipnotis sebagai alat dalam penyembuhan penyakit-penyakit jiwa. Akan tetapi karena pada zaman dahulu penggunaan hipnotis dianggap sulit diterapkan, penggunaan teknik ini kemudian tidak berkembang. Beruntunglah di zaman sekarang, hipnotis yang digunakan dalam proses penyembuhan penyakit jiwa menjadi berkembang, misalnya saja seperti terapi penyembuhan pasien depresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)