2.2.13

Ragam Aplikasi Hipnotis



Seiring bertambah banyaknya penemuan tentang berbagai macam teknologi, inovasi dalam penggunaan hipnotis pun mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Jika dulu hipnotis hanya dipakai sebagai metode dalam menahan rasa sakit saat melakukan bedah operasi serta sebagai salah satu hiburan saja, kini hipnotis banyak digunakan dalam berbagai bidang. Manfaat yang didapat pun beraneka ragam sesuai dengan penggunaan aplikasinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi penggunaan hipnotis yang sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Hipnotis sebagai cara mengendalikan stress dan upaya mengatasi gangguan susah tidur
Hipnotis mungkin memang salah satu ilmu yang paling sedikit dimengerti oleh banyak kalangan. Padahal jika saja kita buka seluruh pemikiran tentang hipnotis ini, kita bisa melakukan hipnotis secara mandiri yang banyak dikenal sebagai self hypnosis.Salah satu manfaat dari self hypnosis ini di antaranya adalah menejemen stres atau pengendalian stres dan cara mengatasi gangguan susah tidur.

Menejemen stres atau pengendalian stress dan cara mengatasi gangguan susah tidur bisa dilakukan dengan dua. Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan hipnotis sebagai alat untuk mendapatkan keadaan yang relaks, melawan tekanan, serta mengaktifkan daya respons relaksasi. Cara ini akan membantu dalam mencegah masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stres dan gangguan susah tidur yang parah.

Cara kedua adalah dengan cara menggunakan hipnotis dalam mencapai perubahan gaya hidup sehat yang bisa mengurangi stress dalam kehidupan. Misalnya saja menghipnotis diri untuk berlatih hidup sehat, membiasakan diri berolahraga, dan lain-lain. Cara ini juga efektif dalam mengurangi dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan hidup yang buruk, seperti kebiasaan menggigit kuku, tidak percaya diri, atau yang lainnya.

Pergi kepada ahli hipnotis untuk menghilangkan stres dan upaya mengatasi gangguan susah tidur merupakan cara yang paling bijak. Mereka tak hanya menghipnotis Anda untuk mengurangi dan menghilangkan stress serta mengatasi gangguan susah tidur tetapi juga mengajarkan Anda self hipnotis yang bisa digunakan sendiri untuk menghilangkan stress dan mengatasi gangguan susah tidur.

Hipnotis sebagai cara menghilangkan/mengurangi rasa sakit (Hipnoterapi)
Penggunaan hipnotis yang paling banyak dipakai di masyarakat adalah hipnoterapi. Penggunaan ini ditujukan sebagai langkah dalam upaya mengurangi dan menghilangkan rasa sakit dari penyakit tertentu. Misalnya saja sakit kepala, migren, rheumatoid arthritis, kanker, sakit saat proses melahirkan, dan lain-lain.

Dalam hipnoterapi, pasien dijadikan subjek aktif. Kemudian dia akan dipandu secara sadar dan menerima apa yang di lakukan terapis. Jadi, di sini proses penyembuhan dilakukan oleh energy tubuh pasien tersebut. 

Cara kerja hipnoterapi diawali dengan pengkondisian pasien dalam fase relaksasi (seperti orang tertidur) sebelum dilakukan terapi inti. Kemudian, hipnoterapi akan bekerja pada kondisi alam bawah sadar pasien tersebut. Untuk membangkitkan alam bawah sadarnya, pasien dalam harus mengistirahatkan alam sadarnya. Saat alam sadarnya beristirahat alam bawah sadarnya akan muncul. 

Dalam kondisi ini, gangguan kesehatan yang dirasakan pasien akan diketahui. Dan gangguan kesehatan ini akan diperbaharui dengan memberikan sugesti-sugesti positif oleh terapis melalui hipnoterapi. Sugesti ini diberikan secara terus menerus sampai keadaan gangguan kesehatan yang terlihat dari alam bawah sadar yang keliru menghilang dan digantikan oleh sugesti positif.
Keberhasilannya sugesti positif pada pasien berbeda pada masing-masing pasien. Ini tergantung pada berat-ringanya penyakit yang diderita dan kemauan pasien untuk sembuh. Perlu diingat bahwa hipnoterapi tidak bisa langsung menyembuhkan dalam satu atau dua kali terapi tetapi butuh waktu yang relatif.

Dalam terapi kanker, hipnoterapi digunakan sebagai terapi pengurang rasa mual dan muntah pada pasien pasca kemoterapi. Begitu juga hipnotis yang dipakai dalam proses melahirkan atau yang biasa dikenal sebagai hypnobirthing. Pengkondisian ibu saat melahirkan yang sudah dilatih sejak masih hamil dipercaya akan membuat sakit saat proses melahirkan menjadi banyak berkurang.

Hipnotis sebagai cara mengurangi keriput (anti aging)
Kondisi yang relaks saat proses hipnotis ditengarai dapat membuat kulit dan sel-sel tubuh menjadi relaks. Oleh karena itu, sel-sel tubuh terutama sel kulit akan menjadi lambat menua. Dengan begitu, keriput-keriput kulit, terutama bagian wajah akan menjadi lambat muncul.

Di luar negeri, hipnoterapi jenis ini disebut sebagai Hipnox yang merupakan gabungan dari hipnoterapi – botox. Hal ini disebut demikian karena hipnoterapi jenis ini mempunyai khasiat yang sama dengan suntik botox yang merupakan suntikan untuk kulit wajah agar terhindar dari keriput.

Hipnotis untuk menurunkan berat badan
Penggunaan hipnotis untuk menurunkan berat badan lebih difokuskan pada melatih alam bawah untuk bisa mengenali sinyal-sinyal tubuh dalam hal menentukan rasa lapar dan rasa kenyang. Tak hanya itu, tubuh juga akan dilatih untuk makan secara sadar. Dengan begitu, makanan yang masuk ke dalam perut akan terkontrol. 

Untuk bisa menurunkan berat badan secara optimal, sangat disarankan untuk makan di kala lapar dan berhenti makan di saat netral (tidak lapar tetapi juga tidak kenyang). Perpaduan antara makan di saat lapar dan berhenti di saat neutral dengan makan secara sadar akan menghasilkan energi/kalori yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas. Ditambah dengan olahraga, misalnya saja jalan kaki, lemak-lemak yang ada di dalam tubuh akan terbakar secara perlahan-lahan. Dengan begitu, tubuh pun perlahan-lahan akan menjadi langsing.

Hipnotis jenis ini juga bisa mengurangi dan menghilangkan secara perlahan-lahan penyakit atau kelainan yang berhubungan dengan kebiasaan makan. Misalnya saja kebiasaan makan berlebih (over eating), aneroxia (penyakit susah makan/tidak makan), bulimia (penyakit memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan), dan lain-lain.

Hipnotis sebagai cara untuk berhenti merokok, obat-obatan,  dan alkoholisme
Hipnotis sebagai cara untuk berhenti merokok, obat-obatan, dan alkoholisme hampir mirip dengan hipnotis yang digunakan sebagai cara menghilangkan/mengurangi rasa sakit (hipnoterapi). Cara kerjanya diawali dengan pengkondisian pasien dalam fase relaksasi (seperti orang tertidur) sebelum dilakukan terapi inti. Lalu, hipnoterapi akan bekerja pada kondisi alam bawah sadar pasien tersebut. 

Dalam kondisi ini, gangguan ketergantungan akan diperbaharui dengan memberikan sugesti-sugesti positif oleh terapis melalui hipnoterapi. Sugesti ini diberikan secara terus menerus sampai keadaan gangguan kesehatan yang terlihat dari alam bawah sadar yang keliru menghilang dan digantikan oleh sugesti positif. 

Keberhasilannya hipnotis jenis ini relative lama. Ini tergantung pada berat-ringannya ketergantungan pada rokok, obat-obatan, dan alkoholnya. Semakin tergantung, semakin lama. Tak hanya itu, kemauan dari pasien juga menentukan tingkat keberhasilan. Perlu diingat juga bahwa hipnoterapi tidak bisa langsung menyembuhkan dalam satu atau dua kali terapi tetapi butuh waktu yang relatif.

Dimuat di HU Pikiran Rakyat, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)